Jangan Sepelekan Ban Motor Anda Para Otolovers..!!!

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Soal Ban Motor- Pastinya para otolovers atau pecinta otomotif kerap sekali berkendara baik itu motor atau mobil. So, jangan remehkan masalah ban motor anda. Di karenakan ban motor mempunyai banyak fungsi penting yang berguna bagi kendaraan, seperti menyangga beban motor yang sedang anda tunggangi, serta sebagai pengontrol arah kendaraan agar tetap nyaman, selain itu juga bisa untuk penerus gaya gerak dan pengereman yang berada di permukaan jalan, selanjutnya ialah juga bisa untuk meredam getaran mulai dari kendaraan di permukaan jalan yang ada dan lain sebagainya.

Dengan begitu ban motor juga memiliki peran penting dalam keselamatan anda saat berkendara. Oleh sebab itu jangan sesekali menyepelekan kondisi ban motor kesayangan anda, sebab komponen ini memang perlu sekali di perhatikan tanpa anda mengesampingkan masalah lain. Ada pula beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menjaga kesehatan ban motor atau merawat ban motor anda agar bisa tampil lebih prima saat anda gunakan dalam berkendara ke tempat tujuan baik itu perjalanan jarak jauh ataupun perjalanan jarak dekat. Ini ada beberapa rangkuman singkat yang perlu anda cermati, berikut ulasannya?

Tekanan Ban Motor

Masalah yang satu ini terkadang para otolovers sering menyepelekan yakni tekanan ban motor. Maka akibat yang di timbulkan pun biasanya akan mengganggu anda berkendara antara lain peforma kendaraan menurun yang bisa jadi akibat dari tekanan ban berkurang atau ban kempes. Selain peforma kendaraan pun bisa menjalar ke motor menjadi lebih boros dan lelet, dampak buruk yang di alami ini ialah hasil dari kurangnya tekanan angin pada komponen ban. Yang mana juga bisa mengancam keselamatan aktifitas berkendara anda nantinya.

Luangkan waktu sejenak untuk mengecek kondisi tekanan ban baik itu ban belakang atau ban depan, ternyata tekanan ban pada bagian ini berbeda di setiap sisi. Pada ban depan tekanan angin standartnya 29-30 Psi, sedangkan tekanan ban belakang hanya 32-33 Psi. Bahkan dengan adanya tekanan yang tidak sesuai pada standart normal yang berlaku ini pemakaian bisa membuat usia ban motor berkurang. Sehingga anda perlu mengecek kondisi tekanan ban secara periodik. Lebih dianjurkan juga mengisi tekanan ban berupa nitrogen sebab molekul nitrogen lebih besar dan bisa mengurangi resiko ban bocor, ban panas, dan ban tidak stabil.

Ukuran Ban Motor Standart

Pasti bagi anda para maniak motor sudah tak asing lagi jika membahas soal ukuran ban motor standart. Memang disarankan sebuah motor ini memakai jenis ukuran ban yang telah di tetapkan, namun hal ini malah berbanding berbalik dengan para pecinta modifikator motor jalanan, yang mana pasti memakai jenis ukuran ban kecil atau yang biasa di kenal sebagai ban ceper, yang mana katanya bisa membuat motor tampil gaul dan eksis dengan beberapa balutan warna cat serta aksen krom.

Walau pabrikan motor pastinya sudah menyesuaikan ukuran ban yang cocok untuk kendaraan anda. Sebab ukuran ban yang terlalu besar juga mampu menghambat laju kendaraan serta traksi yang berlebihan, sedangkan untuk ukuran ban yang kecil bisa mengakibatkan sulitnya proses pengendalian saat anda menikung atau motor saat belok.

Ketebalan Ban Motor

Masalah ketebalan ban motor juga penting anda ketahui sebab jika ban terlalu tipis bisa membahayakan saat anda mengemudikan kendaraan. Kondisi ketebalan ban ini cukup mudah sekali cara pengecekannya yakni dengan melihat indikator TWI (Tread Wear Indicator). TWI ini memang sudah di atur yang pas untuk periode penggantian ban yang mana pasti pabrikan ban juga menandakan dengan sebuah segitiga yang mengarah ke ban. Cara membacanya ialah bentuk segitiga ini di tarik lurus hingga telapak tengah ban dan akan menemukan sosok indikator. Maka jika segitiga dan indikator telah berposisi sejajar sebaiknya ganti ban luar dengan yang baru.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*