Intip Yuk, Cara Mudah Mengetahui Kampas Rem Cakram Sudah Habis

Cara Paling Mudah Deteksi Kampas Rem Telah Habis- Perlu anda ketahui para otolovers untuk menciptakan sebuah kendaraan memang memerlukan banyak sekali komponen-komponen utama dan komponen pendukung. Setelah itu barulah memulai proses perakitan satu persatu komponen hingga pada akhir bagian, kemudian baru jadilah sebuah kendaraan. Berbicara mengenai kendaraan, salah satunya mobil ternyata memiliki komponen bagian yang penting serta perlu di perhatikan agar peforma mobil optimal, termasuk juga pada konstruksi sistem pengereman. Fungsi sistem rem adalah sebagai penghenti atau memperlambat laju kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil.

Untuk itu peran sistem pengereman merupakan faktor utama dalam keselamatan berkendara. Dan agar kinerja rem dapat berjalan lancar maka pengguna sebaiknya memperhatikan kondisi rem mobil mereka, baik itu berupa rem cakram (disc brake) atau rem tromol (drum brake). Sementara itu pertanyaan yang paling sering terlontarkan dari keseluruhan pengguna kendaraan ialah, bagaimana cara deteksi sistem pengereman sudah tidak optimal atau komponennya ada yang sudah habis (aus)?

Kondisi kampas rem cakram telah habis bisa anda perhatikan melalui cara merasakannya. Sehingga pemilik kendaraan wajib merasakan kondisi di saat melakukan pengereman, jika laju kendaraan tidak kunjung berhenti atau lambat tingkat kepakeman rem, maka sebaiknya segeralah ganti kampas rem yang sudah aus tersebut. Pada kasus di lapangan ada pula yang seolah mendengarkan suara gesekan di antara kedua komponen yakni kampas rem dengan piringan cakram, maka dapat di pastikan kondisi kampas rem telah habis.

Apabila saat kejadian itu anda masih kurang begitu yakin, apa kampas rem sudah benar-benar habis dan harus diganti? coba anda perhatikan saja secara visual pada komponen rem, namun hal ini hanya bisa berlaku pada model disc brake atau rem cakram saja, dengan cara membongkarnya terlebih dahulu roda dan satu persatu komponen rem itu sendiri. Dan yang paling utama sebenarnya hanya pada rumah kampas rem saja dengan begitu anda bisa perhatikan secara visual kondisi kampas rem cakram secara langsung sudahkah terjadi aus atau belum. Atau untuk lebih baiknya segeralah konsultasi ke bengkel terpecaya terdekat rumah anda, agar tau kondisi kampas rem yang sebenarnya.

Menurut mekanik mobil dari bengkel Hadi Jaya Kusuma, Dadang Setiawan mengatakan bahwa indikasi paling mudah mengetahui kampas rem sudah habis yaitu secara visual dengan melihat velg mobil atau bagian terdekat dari cakram terdapat kotoran serbuk asbes. Cara itu memang paling mudah di deteksi dan hanya bisa pada kendaraan roda empat atau mobil, tapi untuk sepeda motor yang sudah memakai rem cakram pada bagian depan atau depan-belakang itu susah sekali karena begitu mudah tertiup angin serta hilang bekas kotoran serbuk asbes.

Kemudian pada model rem tromol (drum brake) tidak bisa dengan cara seperti itu, sehingga harus melakukan pembongkaran total untuk mengetahui kondisi kampas rem. Dan apabila sudah habis kampasnya segeralah ganti dengan yang baru agar kinerja sistem pengereman tetap dalam kondisi prima.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*