Inilah Jenis-Jenis Plat Nomor Kendaraan Yang Berlaku di Indonesia

Inilah Jenis-Jenis Plat Nomor Kendaraan Yang Berlaku di Indonesia
Ilustrasi Plat Nomor Kendaraan

Jenis Plat Nomor Kendaraan Yang Berlaku di Indonesia- Sampai jumpa kembali sobat otosemi, kabar kali ini akan memuat mengenai Jenis-Jenis Plat Nomor Kendaraan Yang Berlaku di Indonesia. Pasti sebagian orang ada yang sudah mengetahuinya, tapi tak banyak diantara mereka yang belum begitu mengerti. Maka kami berikan ulasan singkat untuk kalian semua sobat otosemi. Tapi sebelum masuk ke topik utama, alangkah baiknya mengulas sedikit tentang apa itu Plat Nomor Kendaraan ? Perlu diketahui bahwa setiap kendaraan bermotor di Indonesia, baik itu roda empat atau roda dua (Motor) wajib memasang Plat Nomor alias Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Namun bagi sobat otosemi yang mempunyai kendaraan baru, lumrah saja apabila tidak langsung bisa memasang Plat Nomor dikarenakan masih diproses oleh pihak kepolisian. Tapi bila ada kendaraan bermotor tidak baru atau bekas tidak dilengkapi dengan plat nomor, jika bertemu dengan polisi bukan tidak mungkin akan mendapatkan surat tilang. Hal ini dikarenakan kendaraan bermotor tidak lengkap. Kelengkapan berkendara selain adanya plat nomor, juga perlu kondisi kendaraan standart alias tidak modifikasi, bahkan juga harus membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Izin Mengemudi).

Diketahui banyak orang yang sering menemui plat nomor kendaraan berwarna hitam dengan tulisan warna putih. Dibalik itu ternyata ada 6 Jenis Plat Nomor dengan warna dasar serta warna tulisan yang berbeda. Sehingga total jenis plat nomor kendaraan ada 7, yang mana sah dipergunakan atau beredar di Indonesia dengan banyak macam keperluan. Untuk itu simaklah Jenis Plat Nomor Kendaraan Indonesia yang mana berlaku, berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 tahun 2012 pada pasal 39 ayat 3 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

7 Jenis Plat Nomor Kendaraan Wajib di Indonesia

1. Dasar warna hitam dengan tulisan warna putih khusus untuk kendaraan perseorangan dan sewa.

2. Dasar Plat Nomor warna Merah dengan tulisan putih khusus untuk kendaraan dinas pemerintah.

3. Dasar warna kuning dengan tulisan hitam khusus untuk kendaraan bermotor umum.

4. Plat Nomor Kendaraan dengan dasar warna hitam namun bertulisan warna putih terdiri dari lima angka serta kode angka negara ditulis kecil khusus untuk kendaraan bermotor korps Diplomatik Negara Asing.

5. Dasar hijau dengan tulisan warna kuning ini khusus untuk kendaraan TNI.

6. Plat Nomor Kendaraan berdasar warna hijau dengan tulisan warna hitam ini khusus untuk kendaraan di daerah perdagangan bebas atau free trade zone. Diketahui bahwa jenis plat nomor ini mendapatkan keistimewaan diantaranya fasilitas pembebasan bea masuk, dan menurut Peraturan Menteri Keuangan tidak diperbolehkan alias dilarang beroperasi di tempat umum, maupun dimutasi ke daerah lain.

7. Dasar warna plat putih dengan tulisan warna merah untuk kendaraan yang di antarkan dari pabrik ke dealer atau dealer ke tempat pembeli.

Baca juga : Cara Mudah Hitung Denda Ketika Telat Bayar Pajak Kendaraan.

Selain itu bagi yang melanggar tentang tata cara pemasangan plat nomor Indonesia berkaitan dengan sudah tercetusnya UU Nomor 22 tahun 2009 yang berbunyi, dimana setiap orang yang mengoperasikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak terpasang TNKB (Tanda Nomer Kendaraan Bermotor) yang sudah ditetapkan oleh Kepolisian Negara Indonesia, maka akan mendapatkan tindak pidana kurungan paling lama selama dua bulan atau dikenakan denda plat nomor paling banyak senilai Rp 500.000,-. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*