Inilah Ciri-Ciri BPKB Asli Ala Otosemi

Cara Mudah Mengetaui BPKB Asli Atau Palsu
Ilustrasi BPKB Asli

Cara Mudah Cek BPKB Asli Atau Palsu Ala OTOSEMI- Setiap pembelian kendaraan baru atau bekas baik itu roda dua maupun roda empat. Tentu akan ada BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor). Yang merupakan salah satu kelengkapan kendaraan yang wajib ada. Namun kini ada beberapa diantara mereka yang ramai memperbincangkan soal BPKB Asli atau Palsu. Pemicu hal itu tak lain karena kini juga semakin maraknya aksi pembegalan dan perampasan bermotor. Inilah yang membuat pelaku menjual kendaraan tersebut serta membuat BPKB Palsu yang mana hampir mirip dengan BPKB Asli, bila diperhatikan secara kasat mata.

Bahkan ada pula kasus yang mulai berhembus ke permukaan publik yaitu pemalsuan BPKB yang kerap dilakukan oleh beberapa calo. Kendati si pemilik yang ingin mengurus BPKB baru namun melalui calo. Sehingga alangkah baiknya apabila ingin mengurus BPKB untuk kendaraan baru atau bekas uruslah sendiri, jangan selalu bergantung pada calo dalam pemrosesan tersebut karena rawan tindak kecurangan. Dengan demikian anda akan lebih mengerti cara mengurus BPKB Asli sebenarnya itu mudah.

Meski begitu Anda juga perlu mempelajari mengenai ciri-ciri BPKB Asli dengan yang palsu, tentu ada perbedaan diantara keduanya. Memang dengan perkembangan teknologi yang lebih modern ini, mampu membuat para pelaku kejahatan membuat duplikat surat BPKB yang hampir mirip aslinya. Tapi jangan khawatir karena kendati demikian ada saja sesuatu yang mana hanya dimiliki oleh pihak kepolisian dalam membuat BPKB Asli, sehingga pasti ada perbedaan.

Ciri-Ciri BPKB Palsu Yang Perlu Diketahui

NMTC Korlantas Polri telah melakukan sosialisasi perihal BPKB Asli itu ada beberapa tanda yang pertama seperti nomer seri yang hanya diketahui oleh pihak kepolisian. Dengan demikian bagi Anda yang kini berniat membeli kendaraan bekas bisa langsung melakukan pengecekan melalui samsat setempat. Cara ini cukup efektif untuk membuktikan kebenaran BPKB pada kendaraan yang akan anda beli. Sangat pula direkomendasikan untuk Anda yang ingin membeli kendaraan bekas, sebaiknya belilah ditempat yang sudah terkenal tentu akan terjamin keaslian BPKBnya.

Ciri-Ciri BPKB Asli Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi Hologram BPKB Asli

Sedangkan ciri-ciri BPKB Asli yang kedua adalah adanya sebuah tanda hologram yang menampilkan Tri Brata Polri , atau coba anda putar-putarkan BPKB itu nanti akan terlihat hologram yang menghasilkan warna-warna. Dan untuk BPKB Palsu meski memiliki kesamaan dengan yang asli pada fisiknya, namun masalah hologramnya akan nampak halus dan tidak bisa berwarna.

Pada ciri ketiga untuk mengecek keaslian BPKB yaitu dengan menggunakan sinar ultra violet. Ketika disinar bakalan terlihat adanya benang-benang di dalamnya serta ada tulisan BPKB yang bentuknya lebih kasar dibandingkan permukaan lain. Namun untuk BPKB Palsu tentu tidak ada benang-benang di dalamnya ketika disinar oleh Ultra Violet. Bagaimana anda sudah faham ?

Baca juga : Inilah Perhitungan Biaya Balik Nama Motor, Lengkap dengan Langkah-Langkahnya.

Solusi Permasalahan BPKB

Saat ini pula pihak Korlantas Polri juga telah menyediakan pelayanan pengecekan BPKB Asli via online dan lebih mudahnya lagi berkat adanya aplikasi smartphone bernama Samsat Mobile. Cara ini memang sengaja diluncurkan oleh pihak kepolisian, karena hampir seluruh publik tanah Air memiliki smartphone berbasis Android yang support aplikasi tersebut.

Nah itulah sobat otosemi, langkah mudah mengetahui BPKB Asli atau Palsu. Terlebih anda diharapkan lebih teliti dalam pengecekan, apabila ada kejanggalan perlu lapor ke pihak kepolisian sehingga kasus pemalsuan surat-surat kendaraan lainnya bisa diproses secara hukum. Cukup disayangkan sekali hingga saat ini juga masih ada banyak masyarakat yang tidak begitu faham mengenai ciri-ciri BPKB Palsu atau Asli.

Bagi anda yang kehilangan BPKB dan lebih memilih untuk pengurusannya diserahkan kepada calo. Haraplah anda mencurigai apabila proses yang dilakukan calo memakan waktu relatif singkat hanya beberapa hari saja. Padahal faktanya apabila mengurus kehilangan BPKB sesuai prosedur itu perlu waktu yang lama sekali minimal satu minggu lebih. Hal ini dikarenakan yang bersangkutan terlebih dahulu mengurus surat laporan kehilangan ke kantor kepolisian terdekat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*