Inilah Cara Sederhana Merawat Si Helm Full Face

Helm Full Face- Penggunaan kendaraan bermotor memang sudah membooming, di berbagai belahan negara pasti ada suatu kendaaran baik itu mobil atau motor untuk menemani perjalanan bahkan sebagai alat transportasi darat yang banyak di gunakan. Namun kedua jenis kendaraan tersebut juga mempunyai fungsi dan kegunaan serta tingkat keamanan yang berbeda pula. Mobil merupakan sebuah kendaraan beroda empat yang mampu menampung banyak penumpang, beda hal nya dengan motor yakni kendaraan roada dua yang hanya dapat menampung dua orang saja. Selain itu kegunaan motor lebih enak di banding mobil karena di saat terjebak mancet yang berkepanjangan pun motor dapat secara lincah melewatinya, lain hal nya pada mobil hanya bisa menunggu kendaraan lain melaju dulu.

Fungsi Utama Helm Full Face

Namun dari segi keamanan mobil memang lebih unggul di banding motor, sebab di mobil terpasang alat khusus untuk tingkat keamanan yang tinggi di saat terjadi benturan bahkan kecelakan yang terjadi. Sedangkan pada sebuah motor tidak ada alat kemanaan untuk pengemudi sehingga ada penambahan khusus yang harus di pakai oleh si pengendara yakni helm, sebuah inovasi dari ide-ide yang di kembangkan oleh para ahli untuk melindungi kepala dari benturan keras saat terjadi tabrakan.

Helm pun juga di buat berbeda-beda, namun variannya hanya dua jenis yaitu helm full face dan helm standart. Dimana kedua varian tersebut memiliki ciri khas bahkan bentuk yang berbeda pula, selain itu tampilan yang di adopsi juga tidak sama dengan varian lainnya. Sehingga terdapat keunikan tersendiri saat memakainya untuk sebagai keamanan kepala saat berkendara. Selain itu juga untuk melindungi kepala dari sinar matahari agar tidak kepanasan.

Cara perawatan kedua jenis helm tersebut juga berbeda, namun helm full face perawatannya lebih khusus di banding helm standart karna model yang di aplikasikan tidak sama. Helm standart kebanyakan lebih mudah untuk perawatan bahkan lebih simple juga saat pemakaian. Model helm standart pun kini bervariasi setiap tahun pasti mengalami perubahan bentuk maupun desain tetapi keamanan tetap di utamakan.

Sedangkan kedua jenis helm tersebut juga memiliki keamanan yang telah bersertifikat khusus seperti SNI (Standart Nasional Indonesia, SNELL (Standart Eropa) dan DOT (Standart Amerika). Sehingga ciri khusus untuk tingkat keamanan pun bervariasi dari jenis-jenis sertifikat keamanan yang di gandeng oleh helm tersebut. Di khususkan untuk pengguna sepeda motor roda dua memilih helm setidaknya telah bersertifikat SNI namun lebih bagusnya DOT atau SNELL.

Tips Mudah Merawat Helm Full Face

Helm full face kini juga di desain lebih unik bahkan modelnya bermacam-macam bentuknya. Oleh karena itu perawatannya pun lebih khusus. Ada beberapa cara mudah untuk merawat helm full face agar tetap dalam kondisi baik dan bagus.  Berikut cara mudahnya telah di sajikan di bawah ini :

  1. Tahap pertama yang anda lakukan yakni setelah pemakaian sebaiknya simpan helm anda di tempat yang kering. Dan setidaknya jemur seminggu sekali dengan posisi terbalik di bawah sinar matahari agar dalam helm ini tidak mengalami kelembaban. Di saat anda meletakkan helm di kendaraan roda dua sebaiknya di kunci di jok namun beri jarak dengan kendaraan lain, hal ini bertujuan agar cat atau corak helm anda tidak tergores yang menimbulkan tingkat kualitas helm berkurang.
  2. Tahap kedua hindari pancaran sinar matahari berlebih dan hujan, dimana kedua hal tersebut dapat merusak corak helm jika di biarkan lama-kelamaan. Selain itu juga menimbulkan bau apabila habis terkena hujan itu dalam helm pastinya lebab atau karena terkena keringat pengendara.
  3. Tahap ketiga yakni cucilah helm anda minimal 1 bulan sekali, hal ini bertujuan untuk mengurangi bau pada helm dan penyebab kepala anda gatal-gatal. Berikut cara sederhana mencuci bagian semua helm :

cuci Helm Full Face

 

  • Lepaskan kaca helm dan di bersihkan menggunakan busa serta dibilas dengan air.
  • Kemudian lepakan busa helm untuk di rendam dalam air bersih yang di beri shampo selama kurang lebih 30menit, bertujuan agar bau pada busa hilang.
  • Setelah itu cuci ruang dalam helm dengan shampo sampai bersih.
  • Terakhir jemur di terik matahari sampai kering kemudian rangkai kembali komponen helm tersebut.

Cara di atas merupakan cara sederhana merawat helm bahkan mudah untuk di pahami oleh para pembaca sekalipun, sehingga dapat langsung bisa di praktekkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*