Inilah Cara Praktis Perpanjang Usia Aki Kendaraan

Mudahnya Perpanjang Usia Aki Kendaraan- Bagi pengguna kendaraan memang aki ialah komponen yang perlu di perhatikan sekali kondisinya agar kinerjanya bisa maksimal saat di gunakan seperti men-starter dan lain sebagainya. Namun dari ke sebagian orang masih tidak terlalu peduli terhadap kondisi aki kendaraan, walau dalam keadaan bermasalah sekalipun. Di ketahui aki suatu sumber listrik utama bagi kendaraan yang anda gunakan tersebut.

Aki pada mobil yang paling utama ini perlu mendapat perhatian khusus, saat melakukan starter mobil jadi gagal ini tentu penyebab yang sering terjadi ialah pada aki kurang optimal. Sebelum ke sumber titik permasalahan sebaiknya cek dahulu komponen lain seperti power window, ac, lampu kabin dan lain -lain. Jika terjadi hal tersendat-sendat atau kinerjanya tidak stabil ini kemungkinan besar pada sistem kelistrikannya yakni aki bermasalah. Saat sudah mengetahui jika aki bermasalah segeralah perbaiki jangan tunggu hingga rusak parah.

Memang aki yang trouble ini kerap sekali mengganggu aktifitas untuk kendaraan sendiri terutama saat mobil di nyalakan atau di starter mobil. Aki bermasalah ini biasanya mempunyai ciri khusus yang mudah sekali di identifikasikan salah satunya pada bagian kepala aki yang pastinya kotor di sebabkan uap air dan kotoran yang menempel secara berlebihan. Waspadalah jika kondisi tersebut sudah mulai timbul kerak pasti akan berdampak tidak baik bagi kendaraan sebab aki akan semakin bermasalah.

Cara penanganan yang mudah ini ialah dengan cara mencuci kepala aki tersebut pakai air panas, ini justru akan membuat si kerak aki dapat terlepas atau mengelupas dan akan hilang dengan sendirinya. Namun setelah di lakukan pencucian sebaiknya aki mobil langsung di keringkan untuk hindari masalah korselet.

Selain itu yang mudah sekali di lakukan untuk perpanjang usia kai kendaraan yaitu ketahuilah terlebih dahulu jenis aki kendaraan yang anda pakai. Aki terdiri dari dua jenis yang berbeda secara fisik, tenaga yang di hasilkan serta ke awetannya namun tetap sama fungsinya yaitu jenis aki basah dan jenis aki kering. Pada aki basah tentu mudah sekali perawatannya cukup lihat andikator permukaan aki pastikan berada di upper jangan sampai di bawah lower sebab akan berakibat fatal pada komponen aki kendaraan anda nantinya. Jika tepat pada posisi indikator lower segeralah tambahkan air hingga pada posisi upper.

Yang paling utama ialah pada “beban” yang di sangga oleh komponen aki itu sendiri sehingga alangkah baiknya gunakan beban aki secukupnya sesuai standart. Jangan berlebihan seperti menambah beban sistem audio yang sering sekali di pakai pada mobil modifikasi atau mobil ubahan interior lebih modern yang bisa buat enjoy serta nyaman ini justru akan mengurangi umur atau usia komponen aki.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*