Inilah Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online Melalui SMS

Biaya Cek Plat Nomor Secara Online

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Melalui SMS – Untuk membeli kendaraan bekas ada hal-hal yang perlu diperhatikan, terutama dari sisi legalitasnya. Sisi legalitas ini merupakan hal yang sangat penting, selain kondisi fisik kendaraan, maraknya pemalsuan BPKB serta STNK harus kita waspadai. Cara yang utama yaitu melakukan cek fisik di kantor Samsat (tempat dimana BPKB dan STNK kendaraan tersebut diterbitkan). Tetapi ada cara yang cukup sederhana untuk melakukan cek plat nomor kendaraan yaitu dengan cara online malalui jalur SMS atau juga melalui website. Tentu cara ini sangatlah simple dan mudah dilakukan.

Namun sangat disayangkan, untuk cek plat nomor kendaraan online ini belum semua daerah mempunyai fasilitasnya, yang tentu dapat memudahkan masyarakat. Karena fasilitas tersebut merupakan inisiatif masing-masing Polda setempat untuk melakukan cek plat nomor kendaraan online. Sampai saat ini masih tercatat enam provinsi yang menggunakan cek plat nomor kendaraan online, seperti Polda Metro Jaya, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kepulauan Riau serta D.I. Yogyakarta. Karena fasilitas ini tidak terpusat dalam satu sistem, maka untuk melakukan cek plat nomor secara online ini caranya juga berbeda-beda.

Untuk memastikan keabsahan legalitas kendaraan bekas melalui SMS, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Daerah Jakarta – Polda Metro Jaya.

Untuk wilayah Polda Metro Jaya dengan plat kendaraan B beralamat di Provinsi DKI Jakarta, caranya yaitu : METRO<SPASI>NOMOR POLISI lalu kirim ke 1717. Contohnya untuk mengecek plat nomor polisi B 1234 ABC, maka : METRO B1234ABC lalu kirim ke 1717 (ketik plat nomor tanpa spasi).

  • Daerah Jawa Timur – Polda Jatim.

Untuk wilayah Polda Jatim dengan plat kendaraan AG, L, M, N, S, P, AE, dan W, caranya yaitu : JATIM<SPASI>NOMOR POLISI kirim ke 7070. Contohnya untuk mengecek plat nomor polisi AG 1234 AB, maka : JATIM AG1234AB lalu kirim ke 7070 (ketik plat nomor tanpa spasi). NB : Saat ini untuk wilayah Jawa Timur pengecekkan dapat dilakukan melalui via laman web Dispenda Prov Jatim, yaitu http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas.

  • Daerah Jawa Tengah – Polda Jateng.

Untuk wilayah Polda Jateng dengan plat kendaraan H, G, R, K, AA, dan AD, caranya yaitu : JATENG<SPASI>NOMOR POLISI kirim ke 9600. Contohnya untuk mengecek plat nomor polisi AD 1234 AB, maka : JATENG AD1234AB lalu kirim ke 9600 (ketik plat nomor tanpa spasi).

  • Daerah Jawa Barat – Polda Jabar.

Untuk wilayah Polda Jabar dengan plat nomor kendaraan D, T, E, Z dan F termasuk didalamnya kendaraan dengan plat nomor B yang beralamat di Bekasi dan Depok, caranya yaitu : POLDAJBR<SPASI>NOMOR POLISI kirim ke 3977. Contohnya untuk mengecek plat nomor polisi F 1234 AB, maka : POLDAJBR F1234AB lalu kirim ke 3977 (ketik plat nomor tanpa spasi).

  • Daerah Kepulauan Riau – Polda Kepri.

Untuk wilayah Polda Kepri dengan plat nomor kendaraan BP, caranya yaitu : KEPRI<SPASI>NOMOR POLISI kirim ke 9969. Contohnya untuk mengecek plat nomor polisi BP 1234 AB, maka : KEPRI BP1234AB lalu kirim ke 9969 (ketik plat nomor tanpa spasi).

  • Daerah D.I. Yogyakarta – Polda DIY.

Untuk wilayah Polda DIY dengan plat nomor kendaraan AB, caranya yaitu : DIY<SPASI>NOMOR POLISI kirim ke 9600. Contohnya untuk mengecek plat nomor polisi AB 1234 AB, maka : DIY AB1234AB lalu kirim ke 9600 (ketik plat nomor tanpa spasi).

Untuk pengecekkan melalui SMS kita akan mendapatkan informasi mengenai merk kendaraan, jenis, warna, tahun, serta masa STNK. Cek STNK online melalui SMS ini akan dikenakan tarif biaya Rp 1000/sms. Jadi jika anda sudah mendapatkan kendaraan bekas yang sesuai dengan keinginan, jangan lupa terlebih dahulu mengecek melalui SMS untuk mengetahui keterangan tentang kendaraan tersebut. Jika nomor polisi kendaraan tersebut tidak terdaftar, maka sebaiknya anda dapat melapor kepada pihak yang berwajib atau urungkan niat anda untuk membelinya.

Pembaruan : untuk saat ini pengecekan melalui online di web atau sms sudah dilengkapi info pajak tahunan kendaraan bermotor (PKB) , Biaya asuransi Jasa Raharja (JR) dan Biaya Bea Balik Nama (BBN2).

Sehingga secara otomatis membuat anda lebih mudah memiliki gambaran mengenai biaya bila ingin mutasi kendaraan bekas. Perlu di ingat bahwa biaya mutasi itu akan dibayarkan ke SAMSAT kota tujuan mutasi kendaraan, namun belum termasuk biaya cabut berkas di SAMSAT kota asal sekaligus biro jasa (berlaku bila tidak ingin mengurus surat motor sendiri). Baca juga Cara Mudah Hitung Denda Ketika Telat Bayar Pajak Kendaraan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*