Inilah Alasan Tidak Semua Dipersimpangan Boleh Belok Kiri Langsung

Inilah Alasan Tidak Semua Dipersimpangan Boleh Belok Kiri Langsung

Inilah Alasan Tidak Semua Dipersimpangan Boleh Belok Kiri Langsung –¬†Untuk Anda sebagai pengendara pasti pernah belok kiri langsung saat dipersimpangan. Tetapi perlu diingat, tidak semua dipersimpangan boleh belok kiri secara langsung. Untuk Anda yang belum seberapa ¬†mengetahui tentang aturan dijalan raya, mari kita simak beberapa informasi peraturan dibawah ini.

Sekarang ini masih banyak pengguna jalan yang belum mengetahui peraturan tersebut sehingga mereka langsung belok kiri langsung saat dipersimpangan. Padahal kenyataannya tidak semua dipersimpangan boleh belok kiri secara langsung. Menurut Boy Falatehansyah, instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting menjelaskan bahwa rambu tersebut memang begitu adanya. Penerapannya pun sudah dirancang sesuai dengan kondisi arus lalu lintas di persimpangan tersebut.

Aturan mengenai tidak semua persimpangan boleh belok kiri langsung, terdapat pada Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Pasal 112 Ayat 3. Yang menyatakan bahwa : pada persimpangan jalan yang dilengkapi alat pemberi isyarat lalu lintas, pengemudi dilarang langsung belok kiri kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau alat pemberi isyarat lalu lintas. Menurut peraturan tersebut, akan dilihat dahulu mengenai kondisi persimpangan yang ada saat itu. ” Boleh tidaknya belok kiri secara langsung tergantung kondisi persimpangan jalan. Rambu lalu lintas sudah mengatur prioritas sesuai dengan kondisi arus yang didahulukan,” kata Boy.

Aturan mengenai belok kiri secara langsung ternyata dapat menimbulkan resiko yang besar bagi pengguna jalan raya. Aiptu Wahyu Martono, Instruktur Operasional dan Wal PJR korlantas Polri menyatakan bahwa resiko kecelakaan lalu lintas semakin besar, saat pengendara belok kiri secara langsung. Potensi kecelakaan yang terjadi ketika belok kiri secara langsung mencapai 80 persen. ” Pengendara yang belok sering tidak terlihat oleh pengendara lain yang melaju kencang pada jalur lurus. Akibatnya kecelakaan pun tidak bisa dihindari,” kata Wahyu.

Untuk itu peraturan lalu lintas sangat penting dan perlu diperhatikan, jangan asal-asalan jika ingin berbelok kiri secara langsung. Jika yang terjadi sebaliknya, ternyata persimpangan yang anda lewati saat itu melarang pengendara untuk melakukan belok kiri secara langsung. Perhatikan terlebih dahulu rambu-rambu lalu lintas yang ada pada persimpangan jalan tersebut. Lebih berhati-hati dan teliti saat berkendara di jalan raya supaya semua pengguna jalan tetap aman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*