Ini Dia Perbedaan Balap Motor WSBK dan MotoGP

Ungkap Perbedaan MotoGP vs WSBK Ajang Balap Motor Bergengsi di Dunia- Sudah sekian lama ajang balap motor dunia ini terbagi menjadi dua bagian perlombaan atau laga yang jelas berbeda sekali mulai dari karakter motor hingga gaya balap para rider andalan di setiap team balap. Dua perlombaan balap motor tersebut adalah MotoGP dan World Superbike Championship (WSBK). Tapi memang benar adanya perbedaan keduanya berada di sektor motor dan gaya balap, namun ternyata juga ada banyak beberapa hal mengenai perbedaan dalam kedua perlombaan balap MotoGP dan WSBK yang sudah santer tersebut.

Untuk kompetisi ajang balap MotoGP ini menggunakan motor prototype khusus balap, sedangkan pada ajang balap WSBK lebih mengandalkan motor superbike sendiri yang mana sudah di produksi secara masal. Ini artinya prototype MotoGP menganut motor buatan yang di khususkan pada arena balap tapi hanya ada satu unit saja, berbeda sekali dengan superbike di WSBK ini merupakan motor baru yang sudah meluncur serta di pasarkan ke berbagai dunia seperti contoh Yamaha YZF R1M.

Baca juga kawan Komponen Winglet Pada Ducati Desmosedici GP15 dan Smartphone Android Bisa untuk Set-Up Yamaha R1M

Aturan mengikuti perlombaan balap motor dunia pada MotoGP memang tidak begitu ketat mengenai hal tersebut apabila ada team baru yang ingin berpartisipasi dalam ajang balapan, namun sebaliknya pada kompetisi balap motor di WSBK untuk team baru yang hadir atau motor baru yang akan di gunakan dalam berlaga di arena balap wajib menjual tipe motor dengan target penjualan yang sudah di tentukan oleh penyelenggara.

Selain itu pada motor balap di kedua perlombaan itu jelas berbeda, yang mana MotoGP di perbolehkan memilih komponen hingga teknologi mesin paling canggih untuk memaksimalkan kinerja motor balap mereka agar bisa memenangkan laga perlombaan MotoGP dengan biaya pengembangan yang lumayan tinggi nominalnya. Sementara itu di World Superbike Championship (WSBK) biaya pengembangan untuk motor balap andalan tidak setinggi MotoGP.

“Memang melakukan pekerjaan pada laga MotoGP dan WSBK hampir sama, namun hanya saja perbedaan pada tingkat level motor balap MotoGP lebih tinggi. Sehingga membutuhkan konsentrasi tinggi serta tenaga ekstra saat melakukan set-up perubahan pada prototype. Bahkan kerjasama dengan pembalap sangat diperlukan agar letak sisi ketidak nyamanan bisa di perbaiki yang nantinya membuat para rider lebih nyaman serta percaya diri dengan motor andalan.” ujar Silvano Galbusera yang membandingkan pengalamannya sebagai kepala mekanik di ajang WSBK dan MotoGP.

Silvano Galbusera sendiri kini menjabat sebagai kepala mekanik di team Valentino Rossi mengakui bahwa kesempurnaan peforma motor prototype di laga balap motoGP harus secara keseluruhan, hal ini merupakan peran yang sangat besar untuk meraih prestasi pembalap dan team.

“Kompetisi balap WSBK meski motor dalam keadaan set-up masih 90 persen, tapi pembalapnya memiliki kharakter gaya balap yang sangat bagus maka untuk memenangkan perlombaan cukup mudah. Tapi itu sama sekali tidak berlaku pada MotoGP sebab peran utama yang berpotensi meraih kemenangan terdapat pada kesempurnaan motor untuk kondisi yang ada dan trek lintasan balap.” ujar Silvano Galbusera

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*