Ini Dia Penyebab Garansi Mobil Suzuki Wagon R Hangus

OTOSEMI.com- Tenggak Pertalite, Bersiaplah Garansi Mobil Karimun Wagon R Akan Hangus. Tinggal menunggu waktu saja bahan bakar premium akan segera digantikan oleh pertalite yang memiliki kandungan RON 90. Di daerah ibu kota yakni Jakarta, sebagian tempat SPBU sudah menyediakan bahan bakar pertalite sedangkan untuk kota-kota lain masih dalam tahap dan juga bakal segera di distribusikan bbm jenis baru tersebut. Tapi perlu di ketahui ternyata tidak semua kendaraan cocok memakai bbm (bahan bakar minyak) jenis pertalite, simak juga daftar sepeda motor yang cocok pakai pertalite.

Bahkan salah satu kendaraan roda empat yang sangat tidak di sarankan mengkonsumsi pertalite yaitu Suzuki Karimun Wagon R. Meski si pemilik bebas memilih bbm jenis apa yang digunakan pada mobil Suzuki Wagon R tersebut, namun pihak PT. SIS (Suzuki Indosales Mobil) selaku pemegang resmi mobil merek Suzuki menyarankan tidak memakai bahan bakar berRON 90 agar mobil Low Cost Green Car (LCGC) tetap terjaga dengan baik mengenai garansi mobil. Sehingga masih tetap di sarankan pakai BBM RON 92 yakni pertamax.

Sementara itu memang bahan bakar minyak jenis pertamax sangat cocok sekali dengan mobil LCGC Suzuki ini yang merupakan standart mesinnya. Sesuai yang di katakan oleh Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Davy J Tuilan bahwa aturan kami mengenai jenis bahan bakar yang di gunakan haruslah memakai BBM RON 92 bernama pertamax, apabila tetap berkeinginan mencoba bahan bakar minyak jenis pertalite atau BBM RON 90 maka garansi mobil Suzuki Karimun Wagon R akan hangus.

Meski aturan yang sudah jelas terpaparkan itu atas hilangnya garansi Wagon R jika mengkonsumsi pertalite, namun kemungkinan aturan ini bisa berubah jika penggunaan BBM RON 92 ke bawah pada progam mobil LCGC di koreksi sepenuhnya oleh pemerintah. Maka bisa jadi penggunaan bahan bakar jenis pertalite untuk mobil Suzuki Karimun Wagon R akan di perbolehkan, asalkan aturan sudah berubah total.

Sebenarnya pihak pemerintah sudah lama sekali memberlakukan aturan-aturan mobil bahwa kendaraan LCGC wajib memakai BBM RON 92, hal ini di sebabkan oleh spesifikasi mesin mobil LCGC cenderung lebih cocok bbm jenis tersebut. Tapi pada kenyataan di lapangan masih kerap bahkan banyak sekali mobil LCGC yang enggan mengkonsumsi pertamax.

Untuk PT. Pertamina sendiri sudah sepekan ini mendistribusikan bbm jenis baru itu di wilayah Jakarta mulai tanggal 28 Juli 2015 lalu, serta penjualan pertalite kini mencapai 1.377 kiloliter dengan rata-rata perhari bisa 275,4 kiloliter. Adapun sekitar 101 SPBU yang tersebar di DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat yang sudah mengkonversikan bbm jenis premium ke pertalite. Dan untuk pasar lain masih belum di distribusikan sebab memang ini rencana pemerintah dan pertamina untuk tes pasar selama kurang lebih hingga 2 bulan ke depan.

Dari kesimpulan di atas, maka penyebab hilangnya garansi mobil Wagon R ini di sebabkan oleh mereka mengkonsumsi bahan bakar minyak jenis pertalite.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*