Ini Dia Gejala Utama Kerusakan AC Mobil Anda

Penyebab Utama Kerusakan AC Mobil- Anda pasti tahu salah satu komponen di dalam ruang interior mobil yang memiliki fungsi sebagai penyejuk serta pembersih udara. Ya, benar..!! Komponen ini ialah AC (Air Conditioner), memang peran komponen yang satu ini begitu penting sekali yang mana juga bisa untuk penstabil suhu ruangan di dalam kabin mobil. Namun AC sendiri ini juga perlu sekali perbaikan jika mengalami kerusakan, agar kinerjanya dapat berjalan secara optimal saat anda pergunakan.

Coba anda sedikit membayangkan kondisi dimana saat AC mobil anda rusak, namun di sisi lain anda seorang yang aktif dalam berkendara di jalanan yang menumpuk sekali polusi udara yang sangat berlebihan. Tentu hal yang hanya bisa anda lakukan ialah membuka sedikit cendela pintu mobil untuk sekedar menghirup udara bebas di luar tapi masih tercampur polusi. Seberapa lama atau seberapa tahan anda menghirup udara yang begitu kotor tersebut?

Untuk mengatasi hal yang berhubungan dengan kerusakan AC mobil, sebenarnya jika anda jeli tentu ada beberapa gejala yang sering terjadi pada umumnya, yang menyebabkan AC rusak dan cara cepat menangai ialah dengan cara mendeteksi gejala yang timbul tersebut. Poin yang mudah sekali di kenali saat kerusakan ac mobil terjadi ini tak lain hanyalah “peforma kinerja ac mobil” yang kian menurun. Hal ini bisa terdeteksi dengan adanya penghambatan keluarnya suhu dingin tidak seperti pada AC normal.

Namun gejala pada poin utama ini sering terabaikan, walau gejala ini ialah indikasi awal mula kerusakan ac mobil yang akan lebih parah lagi. Untuk mengatasinya anda cukup perlu membersihkan filter AC, tapi filter AC sendiri ini ternyata punya masa kinerja standartnya hingga 5.000 km, alangkah baiknya jika di ganti dengan yang baru saat sudah melampaui batas standart penggunaan. Selanjutnya periksa dahulu komponen kondensor sebagai alat yang mampu melepas suhu panas pada AC mobil.

Jika komponen kondesor ternyata mengalami kerusakan, tentu proses pelepasan panas refrigerant mulai dari kompresor akan terhambat, dengan kata lain kinerja AC akan tidak bisa se-optimal saat dalam keadaan masih normal. Kondisi ini kemungkinan besar di sebabkan kotoran yang menempel pada komponen ini, sehingga perlu membersihkan salah satu komponen ac ini menggunakan penyemprot air bertekanan.

Indikasi lain dari ac mobil rusak ialah keluarnya asap dari celahnya, kerusakan ini merupakan tahap selanjutnya yang bisa bikin ac mobil rusak parah. Hal ini tentu di pengaruhi oleh komponen evaporator sedang bermasalah. Fungsi utama evaporator tak lain hanyalah sebagai penyerap suhu panas dalam ruang kabin dan di gantikan dengan suhu dingin. Dengan begitu udara dalam kabin akan terasa lebih sejuk dengan kinerja yang optimal dari evaporator. Untuk mengatasi masalah ini anda cukup dengan membeli cairan pembersih evaporator yang mana telah di jual bebas di pasaran, tapi lebih baiknya jika anda berikan masalah ini ke yang ahli ac mobil atau bengkel mobil.

Gejala selanjutnya yang cukup sering terjadi ialah kondisi suhu ruangan kabin yang kini semakin labil saja, hal ini tentu di sebabkan masalah sepele yakni magnetic clutch ternyata memiliki celah dan kondisi ini memungkinkan ketidak menempelnya ke kompresor. Jika ini terjadi segeralah lakukan pengecekan permukaan pressure plate mungkin ada kotoran atau minyak yang menempel dan lakukanlah pembersihan di permukaan pressure plate.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*