Ini Dia Alasan Yamaha Tidak Lagi Garap Motor Ayam Jago

alasan yamaha tidak garap motor ayago

Yamaha Enggan Ciptakan Motor Ayam Jago- Pabrikan sepeda motor satu ini yakni Yamaha, memang memiliki ciri khas tersendiri dalam menciptakan motor baru, selain itu juga ternyata mereka memasuki segmentasi sepeda motor tidak asal-asalan saja, kerena target mereka mampu merebut pasaran motor di kelas manapun baik itu kelas motor bebek hingga kelas motor sport. Namun apabila saat motor baru yamaha tidak populer di segmentasi tersebut, maka langkah yang di ambil tak lain ialah tidak tertarik dengan konsep motor itu serta enggan memproduksi atau memperbaharui model lama yang sempat di luncurkan pada masanya.

Meski sang kompetitor sebut saja Honda kini memberikan sentuhan penyegaran baru lagi ke sosok motor ayam jago “motor ayago” yakni Honda Sonic dan kabarnya akan segera di luncurkan ke pasaran dalam waktu dekat ini dengan menyandang nama New Honda Sonic 150, secara sekilas tampilan honda sonic 150 lansiran pabrikan motor honda cukup gagah dan keren. Begitupun kehadirannya akan secara langsung menantang ke populeran raja di kelas ayago yaitu New Suzuki Satria FU 150 buatan pabrikan motor merek Suzuki. Uniknya pada kenyataan yang ada, Yamaha malah tidak tertarik mengikuti jejak kedua kompetitor tangguhnya.

Kemungkinan besar alasan utama pihak Yamaha adalah mereka sangat sekali yakin produk bebek sport super yang kini muncul dengan tampang baru bernama New Jupiter MX King 150 mampu menggoyahkan pasaran bebek sport di Indonesia, serta menjadi sosok yang merajai di kelasnya tersebut yakni bebek 150. Meskipun pada kenyataan jelas sekali berbeda dengan kedua kubu penantangnya sang Honda dan Suzuki dengan mengandalkan ciptaan terbaru mereka di kelas ayago 150.

Untuk pasaran motor ayam jago di Indonesia saat ini tidak begitu besar, sehingga yamaha enggan masuk kembali ke pasar tersebut. Tapi usut punya uisut ternyata yamaha juga memiliki model motor ayago tepatnya di era 1990 dan 2000-an seperti varian Yamaha Champ serta Yamaha Tiara. Kedua motor ayago buatan yamaha itu saat masuk pasar memang tidak bisa menggait banyak sekali konsumen pada masanya, bahkan lebih parahnya penjualannya selalu berada di ambang kelesuan meski sudah ada model baru yaitu Yamaha Tiara, berbeda sekali dengan segmentasi motor yamaha lainnya. Diketahui motor ayam jago yamaha itu masih memakai mesin 2-tak.

Dengan begitu yamaha lebih mempercayakan pada segmentasi bebek sport 150 andalan mereka si Yamaha Jupiter MX-King 150, yang akan merajai pasarnya sendiri. Perubahan besar terhadap model Jupiter MX ke MX-King memang sudah di rencakan sebelumnya demi memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen motor merek yamaha, terutama pecinta motor bebek sport. Sementara itu penjualan Jupiter MX-King juga semakin naik secara signifikan, perbulannya motor tersebut bisa terjual sebanyak 16.000 unit. Berbeda dengan Suzuki Satria FU yang hanya mampu meraih penjualan antara 6.000 hingga 7.000 unit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*