Ingin Tahu Memilih Helm Yang Berkualitas ? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini

Tips Memilih Helm Yang Bagus Ala Otosemi

Helm merupakan bagian atau komponen penting Yang harus dimiliki oleh semua Bikers sepeda motor yang mana fungsi helm ini sangat-sangatlah penting dibanding Fungsi atau perlengkapan motor lainnya. Diana Helm ini mempunyai Fungsi untuk melindungi bagian Vital pada diri anda sendiri yaitu kepala anda. Tentu saja fungsi untuk menghindari kecelakaan yang terlalu fatal ataupun kejadian lain Yang sama sekali tidak bisa terduga oleh anda. Jadi tetap gunakan helm walaupun anda dijalan pedesaan dan sama sekali tidak ada rambu lalu lintas, jangan lagi pikirkan gengsi untuk tidak memakai helm dan lebih memilih mengenakan Topi yang ada hiasannya namun bisa memberikan kerugian yang fatal untuk diri anda sendiri.

Nah sahabat otosemi perlu diketahui juga bahwa tidak semua helm yang dijual di berbagai Toko asesoris motor itu semuanya bersertifikat SNI atau biasa disebut dengan standar Nasional Indonesia, kenapa saya menyebutkan begitu? Karena beberapa helm yang sama sekali tidak mempunyai sertifikat pada bagian busa dan bagian luar sangatlah lemah atau mudah pecah jika terjatuh. Tentu saja helm seperti ini sama sekali tidak berguna untuk anda kenakan, Fungsi helm yang pertama yaitu menjaga organ Vital anda tentu saja harus memiliki ketahanan walaupun benturan sekeras mungkin, untuk itu cerdas-cerdaslah dalam memilih helm yang berkualitas baik untuk anda kenakan pada saat anda dijalan raya.

Hingga saat ini penjualan helm yang ada di Indonesai sudah banyak sekali sampai-sampai kita tidak tahu mana helm yang kuat dan asli dan mana yang palsu. Semuanya menggunakan Brand yang sama sekali belum kita kenal, dan ada pula yang menggunakan Band Produk terkenal namun kualitasnya abal-abal dan dijual dengan harga yang sama sesuai dengan produk aslinya. Perhatikan juga untuk jenis label atau Merck yang terdapat di bagian dalam dan juga luar helm apakah sama atau tidak dan perhatikan juga mengenai tulisannya apakah mudah luntur atau tidak.

Nah sahabat otosemi di sini saya akan memberikan beberapa Tips bagaimana Memilih helm yang berkualitas dan aman untuk digunakan dijalan raya :

1. Pilih helm sesuai ukuran kepala anda

Yang pertama dan perlu anda perhatikan dalam memilih helm yang berkualitas baik dan aman untuk anda kenakan tentu saja anda harus memilih helm sesuai dengan ukuran kepala anda. Karena jika helm yang terlalu besar anda pilih bisa saja helm tersebut Lepas pada saat anda jatuh sehingga organ kepala anda tidak bisa terlindungi secara Optimal, hal ini perlu anda perhatikan juga, dengan menggunakan helm yang sesuai dengan ukuran kepala akan membuat kepala anda lebih mudah untuk menoleh kanan dan kiri, dan pada saat terkena angin dari arah depan rasanya sama sekali tidak oleng atau ingin terbawa angin.

2. Jangan pilih helm yang berat

Kata siapa helm yang berat adalah helm yang kuat dan cocok untuk anda beli ? belum tentu juga, helm berat namun bahana tidak kuat bisa saja malah membawa bencana untuk anda. Apa itu mas ? Tentu saja membuat leher anda menjadi lebih capek dan juga tegang karena membawa beban yang terlalu berat, hal seperti ini bisa menggangu aktivitas anda pada saat berkendara dengan lokasi yang begitu jauh, jangan tergiur dengan mudah oleh tawaran para penjual untuk mengenakan helm, pilihlah helm yang menurut anda nyaman dan aman untuk kenakan, pilih kualitas terbaik ringan namun menggunakan bahan yang kuat dan tidak mudah rusak, itu jauh lebih baik.

3. Gunakan helm Full Face Alias Helm Teropong

Helm Full FaceMaksud dari kata Full Face yaitu semua Muka atau wajah anda bisa tertupi dengan baik, saya sering kali melihat anak mudah sekarang lebih suka melepas bagian kaca pengaman yang ada di bagian Depan Helm, alasannya karena terlalu lebay dan juga ribet sehingga mereka membuatnya lebih keren atau malah lebih sama sekali tidak mempunyai manfaat seperti Fungsinya sendiri, helm yang di lepas kacanya sama saja anda mengenakan Topi tapi bukan kepala namun bagian belakang tapi bagian depan wajah anda. Nah kalau seperti ini apa manfaat helm ? Untuk bergaya-gaya ? Tentu saja untuk mereka, namun perlu kalian perhatikan juga bahwa helm yang seperti ini bisa membuat kerugian yang fatal untuk anda, yang tadinya melindungi bagian wajah anda malah membuat malapetaka yang sama sekali tidak terduga oleh anda sendiri pada saat berkendara dijalan raya. Jadi pertimbangkan lagi kalau anda ingin melepas kaca bagian depan helm yah.

4. Pilih helm yang lembut

Jangan lupa juga untuk memilih jenis helm yang memiliki busa yang begitu lembut di bagian dalam karena dengan adanya busa lembut ini akan membuat anda lebih nyaman pada saat anda mengenakannya, pilih helm yang lembut dan mudah untuk dibersihkan sewaktu sudah kotor karena keringat dan lain sebagainya. Fungsi lain yaitu mengenai ketebalan bagian busa dalam tentu juga bisa kalian pertimbangkan, selain lembut dan tebal tentu saja helm seperti ini sangat aman untuk anda gunakan dalam berkendara.

5. Lapisan yang kuat dan tali yang kokoh

Kemudian yang perlu kalian perhatikan juga yaitu mengenai bagian kancing helm yang harus lebih kuat dan kokoh agar tidak mudah lepas pada saat anda terjatuh atau mengalami gonjangan pada saat berkendara di jalan yang rusak. Nah untuk itu pilih helm dengan tali yang kuat dan kokoh sehingga lebih nyaman, aman dan Juga kokoh untuk dikenakan.

6. Pastikan helm sudah memenuhi standar pemakaian

Kemudian yang terakhir alpakah helm tersebut sudah layak untuk anda beli atau belum maka perhatikan juga mengenai standar pemakainnya apakah sudah memenuhi atau belum , jika belum janganlah beli karena bisa dipastikan bahan yang digunakan sama sekali tidak asli dan malah bisa merugikan diri anda. Jika sudah maka anda bisa membelinya karena dijamin mutu dan keamanannya untuk anda kenakan dijalan raya.

Nah itulah beberapa tips untuk anda yang hendak ingin membeli sebuah helm demi keselamatan anda dijalan raya, jangan abaikan lagi menggunakan helm. Helm sangat penting untuk menjaga kesalamatan Kita sewaktu dijalan raya, tentu saja hal ini juga menjadi peraturan undang-undang lalu lintas yang mana menyarankan untuk semua pengendara menjaga keamanan mereka dan tidak merugikan diri sendiri serta sama sekali tidak merugikan pengendara lain. Ok sahabat otosemi mungkin sampai di sini saja artikel yang bisa saya sampaikan , jika ada tambahan dari teman – teman otosemi bisa memberikan sedikit saran dan komentarnya. Dan jangan lupa jika artikel ini cukup bermanfaat untuk kalian semua silahkan di share yah sahabat otosemi. terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*