Nasibnya Semakin Tidak Jelas, Ada Apa Dengan Honda CS1?

Nasibnya Semakin Tidak Jelas, Ada Apa Dengan Honda CS1?
Nasibnya Semakin Tidak Jelas, Ada Apa Dengan Honda CS1?

Jika kita membahas produk honda pasti kita sudah tahu bahwa honda memiliki produk yang sangat disukai masyarakat dan menjadi best seller. Namun ternyata tidak semua produk honda bisa di terima di masyarakat, salah satu contohnya adalah honda cs1 yang bisa dikatakan nasibnya tidak jelas dan akhirnya dimatikan oleh honda. Lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi? mari kita bahas dalam artikel ini.

Honda cs1 pertama kali diperkenalakan di Indonesia pada tahun 2008 oleh AHM ,motor memiliki desain yang bisa dikatakan unik dan beda dari yang lain karena motor ini bukan termasuk kategori motor sport maupun motor bebek.

Honda CS1 bisa dikatakan Motor Sport nanggung karena ngisi BBM tetep buka jok, ini memang desainer lokal, bukan pake rasa-rasa thailand atau India. Dan bisa dikatakan bahwa motor ini perpaduan dari motor sport dan bebek.Hingga pada tahun 2014 motor ini di discontinue oleh AHM.

Honda CS1 bisa dikatakan Motor Sport nanggung karena ngisi BBM tetep buka jok, ini memang desainer lokal, bukan pake rasa-rasa thailand atau India.

Nasibnya Semakin Tidak Jelas, Ada Apa Dengan Honda CS1?
Honda CS1

Honda cs 1 menggunakan mesin 4tak 125cc, SOHC, liquid cooler. Motor ini mampu memuntahkan power sebesar 12,62 HP @10000rpm dan mempunyai torsi puncak sebesar [email protected] .mesinnya bisa dikatakan cukup powefull dan bertenaga yah cukuplah untuk sehari-hari dan sesekali buat ngebut tapi jangan kebut-kebutan ya berbahaya hehe.
Berikut spesifikasi lengkap honda cs1:

DIMENSI
Dimensi (P x L x T) 1.932 x 682 x 1.042 mm
Jarak sumbu Roda 1.251 mm
Jarak terendah ke tanah 130 mm
Berat kosong 114 kg

RANGKA

Rangka Twin Tube frame
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Tunggal (Monoshock)
Ukuran Ban depan 70/90 – 17 M/C 38P
Ukuran Ban Belakang 80/90 – 17 M/C 44P
Rem depan Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang Cakram tunggal, dengan piston belakang

MESIN

Tipe mesin 4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan Radiator dengan kipas elektrik
Diameter x langkah 58 x 47,2 mm
Volume langkah 124,7 cc
Perbandingan kompresi 10,7 : 1
Daya maksimum 12,8 PS / 10.000 rpm
Torsi maksimum 1.04 kgf.m / 7.500 rpm
Kopling Manual, multiplate wet clutch
Starter Elektrik & kick starter
Busi ND U24ESR-N / NGK CR8E

KAPASITAS

Kapasitas tangki bahan bakar 4,1 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1,0 liter pada penggantian periodik
Transmisi 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5

KELISTRIKAN

Aki MF battery, 12 V – 3.5 A.h
Sistem pengapian DC – CDI

Jadi bisa dikatakan bahwa honda cs1 ini memiliki desain yang out of the book dan fresh namun ternyata desain tersebutlah yang menjadi boomerang bagi motor ini karena masyarakat kurang menyukai bentuk tersebut bahkan banyak yang menilainya aneh dan jelek modelnya.

Baca Juga: 5 Fakta Kelebihan All New Honda Scoopy

Namun motor ini memiliki mesin yang cukup powerfull dan memiliki banyak fitur seperti spidometer full digital,menggunakan stang yang sama dengan motor sport serta sudah menggunakan dual headlamp layaknya motor sport sehingga tidak perlu kahwaatir lagi dengan penerangan pada malam hari.jadi bisa dikatakan bahwa honda cs1 membuktikan bahwa produk honda tidak selalu laris dan disukai masyarakat.

Lalu bagaimanakah soal pemasarannya? untuk ukuran Honda tersebut sudah termasuk miris, karena sangat sedikit dan gak bisa dibandingkan dengan motor bebek dan matic Honda pada saat itu. Indikator utamanya adalah desain, karena orang Indonesia dalam memilih motor memperhatikan desainnya terlebih dahulu, setelah itu baru harga, fitur, spek dll.

Sebenarnya desain sifatnya subyektif, dan bagi saya memang desain CS1 ini terkesan keren tapi sekaligus aneh. Poin plusnya ada di bagian kaki-kaki, lalu bodi belakang dan pada sektor mesin yang terlihat cukup kekar. Akan tetapi, tangki di depan bukan tangki BBM, dimana mindset masyarakat pada umumnya sangat susah diubah.

Itulah alasan mengapa Honda CS1 nasibnya tidak begitu jelas di Pasaran indonesia ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*