Honda CBR650F dan CB650F Pesaing Tangguh Sang Kawasaki Ninja 650

Inilah Penatang Kawasaki Ninja 650- Perkembangan produsen motor asal Jepang yakni Honda kini semakin menggebu-gebu mendobrak pasaran motor sport dunia. Yang mana mereka meluncurkan produk motor sport terbaru 2 model sekaligus dengan versi yang berbeda pula, di ketahui motor baru ini bernama Honda CBR650F dan Honda CB650F, walau memiliki jenis klan yang sama yakni Honda.

Tapi perubahan atau perbedaan kedua model baru Honda ini begitu nampak sekali dari segi penampilan bodi. Untuk Honda CBR650F ini telah mengusung “versi Full Fairing” sehingga semakin nampak gagah dan agresif sekali, sedangkan Honda CB650F ini merupakan model tangguh yang menampakkan bodi kekarnya yakni “versi Naked Bike atau versi telanjang”.

Untuk perdana perkenalan si baby Honda ini bertepatan dengan ajang pameran otomotif EICMA 2013 silam berlokasi di Milan, Italia. Kedua motor baru Honda ini saat di pajang pun terlihat sangat keren sekali jika di lihat dari segi manapun.

Alasan utama meluncurkan model baru motor sport ini tak lain ialah mengobak-abik pasaran motor sport di Indonesia yang kini sedang di kuasai oleh Kawasaki Ninja 650, sehingga Honda CBR650F dan Honda CB650F bakal menjadi pesaing tangguh sang motor sport Kawasaki Ninja 650 untuk merebut pasaran motor sport dan mendominasi podium puncak sebagai motor sport pilihan konsumen terbanyak.

Desain Bodi

Berbicara mengenai desain Honda CBR650F dan Honda CB650F ini ternyata memiliki suatu kesamaan yang tercipta yakni sama-sama memakai jenis warna cat bodi dasar putih yang di baur dengan warna merah dengan sedikit corak warna biru. Sehingga kesan cukup manis serta enak di pandang mata pun begitu sangat terasa sekali, lain dari itu ialah pengaplikasian bodi yang melekuk-lekuk khas tampilan sang moge andalan Honda-Jepang.

honda cbr650f bakal saingin kawasaki ninja 650

Selanjutnya beralih ke sektor kaki-kaki motor sport terbaru Honda ini cukup tangguh dan kuat sekali, yang mana cengkraman suspensi ke roda begitu manis yang depan memakai jenis suspensi teleskopik. Tentu model ini bakal di percantik dengan piringan cakram cukup lebar serta sistem pengereman dual piston yang membuat pengurangan kecepatan semakin maksimal saja.

Model Rangka

Honda dalam pencintraan kedua motor sport andalan ini memang begitu mendetail sekali agar bisa menampilkan sosok motor idaman konsumen. Bayangkan saja konsep rangka motor ini memakai jenis twin-spar yang mengusung bahan utama material baja, tapi bagian setang atau lengan ayun masih menggunakan bahan alumunium sehingga ringan dan kuat untuk di ajak bermanuver di jalanan. Bahkan kedua motor honda ini bisa mengatur tingkat kekerasan suspensi belakang.

tampilan honda CBR650f terbaru 2015

Sistem Keamanan

Honda CBR650F dan Honda CB650F ini tak akan bisa sempurna serta nyaman apabila tidak sistem keamanan, namun ternyata Honda juga memperhatikan masalah ini dengan menyematkan fitur ABS(Anti-Brake lock System) untuk sistem pengereman tercanggih dan praktis. Bahkan sistem ABS ini pun juga didukung oleh cakram berukuran 240 mm untuk depan dan bagian belakang berukuran 320 mm.

Sektor Mesin

Selain tampilan desain begitu manis dan kokoh, Honda CBR650F dan Honda CB650F ini pun di bekali dengan kapasitas mesin yang sama pula. Sehingga yang begitu identik untuk sisi perbedaan kedua motor sport honda ialah tampilannya saja yakni versi full fairing dan versi naked bike.

inilah mesin sang honda CBR650F

Untuk segi sektor dapur pacu kedua motor baru Honda ini berbekal mesin kapasitas 649 cc DOHC yang telah di sematkan 4 buah silinder terpasang segaris, serta 16 valve yang masing-masing silinder ada 4 katup yang terdiri dari 2 katup buang dan 2 katup masuk, tenaga yang di hasilkan oleh mesin super powerfull honda ini mencapai 86 Bhp pada putaran mesin 11.000 rpm. Uniknya motor itu di bagian piston di desain asimetris, keuntungannya ialah untuk mengurangi atau meminimalisir terjadinya gesekan yang berlebihan.

Target Pasar Motor Sport Honda

Jika berbicara tentang target pasar tentu honda akan memperluasnya bahkan hingga GO International. Segi peforma mesin yang agresif ini tentu si baby Honda CBR650F dan Honda CB650F mampu bersaing secara jantan dengan Kawasaki Ninja 650 dan ER – 6N, namun besar kemungkinan sang Duo Honda ini bakal jadi pembunuh terkuat tahta sang Kawasaki Ninja 650.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*