Spesifikasi dan Harga Honda CBR500R Sang Big Bike Terbaru

Sejak putusan AHM fokus di bagian big bike tahun 2015 lalu, PT. Astra Honda Motor (AHM) serta merta ‘all out’ menyajikan deretan motor sport terbaru keluarannya. Deretan motor sport baru yang dikeluarkan Honda di antaranya big bike supersport Honda CBR1000 SP, serta big bike 650cc, yakni Honda CB 650R. Untuk melengkapi deretan motor gagahnya tersebut salah satu pabrikan yang terkenal di tanah air ini juga resmi luncurkan Honda CBR500R full fairing yang menjadi variasi dari dua motor Honda sebelumnya, yaitu Honda CB500X ABS dan Honda CB500F pada kelas 500cc.

Honda CBR500R merupakan produk adaptasi dua produk Honda sebelumnya yang pernah beredar. Hal ini berarti, CBR500R merupakan hasil revisi produk Honda dengan desain dan dapur pacu yang benar-benar baru. Penyematan mesin modern di dalamnya menjadikan Honda CBR500R mempunyai nilai plus pada motor segmen kelas atas.

Perubahan sangat mencolok lain yang bisa kita dilihat adalah desain luar yang diramu dengan apik oleh Honda. Desain yang paling mencolok adalah menyematan fairing pada motor ini. Bodi Honda CBR500R full fairing ini terlihat lebih halus jika dibandingkan dengan desain motor sport sebelumnya yang lebih kaku. Dengan penyematan fairing tersebut, Honda CBR500R juga menjadi lebih aerodinamis. Nah, kelebihan Honda CBR500R full fairing ini tak hanya begini saja. Simak nih ulasan lengkapnya di bawah ini!

Bodi Angker dengan Konsep Aerodinamis

Honda CBR500R Ini nih perbedaan terbesar antara Honda CBR500R dengan dua pabrikan Honda sebelumnya yang mengusung konsep sama, yakni Honda CB500X ABS dan Honda CB500F pada kelas 500cc. Gambaran yang pertama kali dapat dilhat dari motor besutan Honda ini adalah kesan tajam khas motor racing.

Aura agresif dari motor ini sangat terlihat dari garis bodinya yang ‘edgy’. Hal ini dapat dilihat dari sektor fairing, hingga lampu depan alias headlamp dari Honda CBR500R ini. Sektor fairing adalah bagian yang paling diunggul-unggulkan Honda dari pabrikan barunya ini. Seperti yang sudah diketahui sobat Oto, fairing yang ada pada motor sport dapat menambah keaerodinamisan dari sebuah motor. Ini berarti Honda CBR500R full fairing mempunyai cornering ability yang mumpuni.

Untuk mengiringi fairing pada motor, Honda menyematkan lampu depan dengan model dual keen eyes kombinasi lampu LED light. Detail bodi, serta kontur tangki yang diiringi dengan sirip fairing yang angker membuat montor ini berkarakter tegas dan khas motor racing. Pada jok pemboncengnya, Honda CBR500R full fairing ini disusun minimalis serta dikombinasikan stoplamp LED juga. Selain itu, pada bagian belakang motor ‘race look’ ini dipasang spakbor berbahan plat besi yang bisa dibongkar pasang.

Nah, dari desain yang mengusung konsep aerodinamis di atas sebenarnya bukan hanya untuk bergaya. Karena, Honda merancang desain CBR500R untuk dapat mengoptimalkan aliran udara lewat kisi-kisi fairing. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Honda CBR500R full fairing ini memang cocok bila dimasukkan motor segmen kelas atas dengan desain eksteriornya yang mumpuni, tak kaku dan lebih berani daripada motor buatan Honda yang lain.

Dimensi Ideal untuk Gaya Berkendara yang Nyaman

Memang dengan penyematan fairing, Honda CBR500R full fairing akan mempunyai bobot yang lebih berat daripada naked bike. Tapi, dimensi dari Honda CBR500R tetap ideal untuk bikers dengan ragam postur tubuh. Lihat saja dari ketinggian jok. Jok dengan tinggi yang mencapai 785 mm menjadikan Honda CBR500R bisa dikendalikan dengan mudah. Kenyamanan lain yang ditawarkan adalah ukuran stang motor yang tidak terlalu pendek.

Nah, untuk ukuran fisiknya sendiri, Honda CBR500R memiliki ukuran yang memadai untuk kelas big bike, yakni 2081 mm x 756 mm x 1150 mm dan ground clearance 140 mm. Untuk memberikan kelincahan dalam bermanouver, mesin pada motor ini diposisikan dekat swing arm pivot. Karena itulah, bodi dari Honda CBR500R full fairing mempunyai tingkat proporsi yang tinggi antara beban depan dan belakang. So, dengan bobot yang mencapai 192 kg, motor ini tetap mudah untuk dikendalikan di jalanan. Ditambah lagi, dengan kerangka utama berdiameter besi 35mm tipe diamond tube, bisa memberikan kenyamanan berlebih untuk pengenara di berbagai kontur jalan.

Panel Indikator Informatif  dan Futuristik

Beralih pada panel indikator dari Honda CBR500R full fairing. Untuk masalah panel indikator, sebenarnya Honda selalu memberikan panel indikator yang mumpuni untuk menunjang nilai jual produknya. Tak luput dari itu, Honda CBR500R yang notabenenya masuk kelas premium pasti juga telah dipasangi indikator yang lebih berkelas.

Pada bagian konsol meternya saja sudah terlihat kemewahannya dengan model ‘big bike look’. Selain itu, kelengkapan indikator dashboard yang mumpuni mencakup  panel speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakardigital serta konsumsi bahan bakar telah disematkan Honda pada motor CBR500R nya. Pastinya, dengan kelengkapan tersebut, tampilan yang disajikan tetap user friendly dan mudah digunakan. Dengan panel sekomplit itu, dapat dipastikan panel indikator pada motor ini sangat informatif. Ini juga yang menjadikan nilai plus pada spesifikasi Honda CBR500R full fairing ini.

Performa Powerfull dengan Mesin 471cc DOHC 4 Valve/Cyllinder Parallel Twin

Beralih ke segmen berikutnya, yaitu performa dari Honda CBR500R. Honda sepertinya memang tak main-main meluncurkan produk unggulannya satu ini. Hal ini dibuktikan dari mesin baru dengan power maksimal serta torsi yang efisien bahan bakar yang disematkan pada CBR500R. Untuk mesinnya sendiri, Honda CBR500R dibekali dengan mesin DOHC berkubikasi 471cc 4-Valve/Cyllinder Liquid Cooled Parallel-Twin. Mesin ini merupakan mesin adaptasi Honda CBR600RR lewat diameter 67mm x 66.8mm yang dimilikinya. Sedangkan, pada bagian crankcase, CBR500R mengadaptasi teknologi CBR1000R yang sudah tidak bisa diragukan lagi performanya.

Honda CBR500R dapat dikatakan mempunyai performa powerful untuk motor segmen 500cc. Hal ini karena, motor besutan Honda ini mampu menghasilkan tenaga hingga 35 kW pada putaran 8.500 rpm, serta torsi puncak mencapai 43 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm. Selain itu, karena telah menganut teknologi PGM-FI (fuel Injection) 34 mm throttle bodies, tingkat konsumsi bahan bakar yang dibawa oleh Honda CBR500R bisa mencapai 26,8 km/l. Lalu, untuk motor bertenaga kuda seperti ini, Honda mematok harga berapa, ya? Simak di segmen berikutnya, ya!

newcbr500rHarga Honda CBR500R Full Fairing

Digadang-gadang sebagai penerus Honda CBR500, pastinya banyak perubahan cukup signifikan yang dibawa oleh Honda CBR500R full fairing. Ini berarti harganya juga berbanding lurus dengan kapasitas motor yang ada. Maka dari itulah, meskipun ditempatkan di kelas premium, harga motor yang dipatok oleh Honda juga cukup sengit, yakni Rp 144.000.000,- (OTR Jakarta). dengan spesifikasi yang ditawarkan, tentunya harga ini dinilai kompetitif untuk bersaing di motor segmen big bike. Ditambah lagi, dengan nama besar AHM di Indonesia, Honda CBR500R dinilai akan menjadi salah satu primadona baru big bike tanah air.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*