Hindari Kecelakaan saat Musim Hujan dengan Tips Berkendara Berikut Ini

tips berkendara aman saat musim hujan melanda

Musim hujan telah tiba, tantangan berkendarapun semakin bertambah. Pengemudi kini semakin dituntut untuk lebih waspada dengan kondisi jalan yang semakin licin. Genangan air dan banjirpun harus menjadi perhatian para pengendara saat sedang melaju di jalanan. Agar terhindar dari kecelakaan, berikut beberapa tips berkendara saat musim hujan.

1. Jaga rpm Kendaraan, Pastikan tidak terlalu Agresif.

Jalanan yang licin memang sangat berbahaya, khususnya saat terjadi hal-hal yang tak terduga yang memaksa pengendara untuk melakukan pengereman secara mendadak. Mengerem secara mendadak di jalanan yang basah membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang. Bahkan braking distancenya bisa mencapai 1,5 kali dari biasanya, bahkan bisa lebih panjang lagi. Untuk itu, pengendara harus memiliki ancang-ancang yang lebih jauh untuk melakukan pengereman secara aman. Di sinilah kenapa rpm harus dijaga agar tidak terlalu agresif sehingga memudahkan pengendara untuk melakukan pengereman secara mendadak.

2. Jangan pernah Mengerem saat

Hujan yang sangat deras dan air yang mengalir deras di jalanan menyebabkan daya cengkeram ban berkurang secara signifikan. Bahkan dalam kondisi tertentu, hal ini bisa membuat mobil terangkat. Kondisi seperti inilah yang disebut dengan aquaplaning atau hydroplaning.

Saat sedang melewati jalanan yang seperti ini, sangat disarankan untuk menjaga kecepatan. Kurangi kecepatan akan tetapi jangan mengerem. Jika pengendara mengerem pada saat kondisi seperti ini, ban akan blocking dan tidak banyak yang bisa dilakukan oleh pengendara. Mengerem saat aquaplaning hanya diperbolehkan untuk mobil yang menggunakan ABS, itupun dalam kondisi yang memang benar-benar terpaksa.

3. Usahakan untuk Menghindari Genangan Air.

Genangan air menyimpan bahaya yang tersembunyi. Tidak jarang genangan air menyembunyikan lubang yang cukup dalam yang tentu saja bisa membahayakan pengendara. Tips berkendara di jalanan yang seperti ini adalah dengan menghindari genangan air atau setidaknya mengurangi kecepatan saat hendak melewati genangan air.

4. Waspada saat Melewati Jalan Banjir

Banjir sudah menjadi masalah yang kerap ditemui di jalanan ibu kota. Idealnya, pengendara memang harus menghindari jalanan yang tergenang banjir. Namun jika memang harus melewatinya, pastikan kendaraan tidak terendam air terlalu dalam. Perhatikan juga posisi air filter kendaraan dan pastikan bagian ini tidak terendam air.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah kondisi rem. Sesaat setelah melewati area banjir, segera keringkan rem dengan pedal gas. Pastikan rem sudah berjalan normal sebelum melanjutkan perjalanan.

5. Matikan AC Mobil

Hujan lebat bisa mengurangi jarak pandang pengendara. Namun saat kondisi ini dipadu dengan AC mobil yang menyala, keadaannya bisa lebih buruk lagi. Hal ini bisa menyebabkan kaca depan berkabut. Untuk itu, ada baiknya untuk mematikan AC saat sedang hujan.

Demikian tadi beberapa tips berkendara saat musim hujan. Ingat, keluarga Anda sedang menanti di rumah. Untuk itu pastikan selalu untuk mengutamakan keselamatan, bukan kecepatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*