Hindari Cuci Motor Saat Mesin Masih Panas, Berikut Ini Alasannya?

apa saja yang dihindari saat cuci sepeda motor

Resiko Mencuci Sepeda Motor Dalam Keadaan Mesin Panas- Siapa sih yang tidak mengenal salah satu aktifitas “Cuci Motor”, bagi sebagian orang aktifitas ini memang bermanfaat sekali untuk menjaga peforma tunggangan kita yakni sepeda motor supaya secara fisik terlihat bersih dan enak di pandang. Bukan malah banyak debu atau kotoran yang menyelimuti badan motor kita dan secara terus menerus berakibatkan tampilan atau tampang sepeda motor terlihat jelek, sebab motor kotor dapat mengganggu pemandangan.

Perlu di ingat ternyata kegiatan  mencuci sepeda motor ini di harapkan tidak asal-asalan agar tidak menimbulkan resiko yang serius terhadap tunggangan kesayangan kita. Meski cuci motor bagi kebanyakan orang itu mudah dan di anggap sepele, namun bila pengerjaannya salah maka kerusakan mesin akan menghantui sepeda motor anda. Mengapa bisa seperti itu, saya ada ulasan singkatnya untuk kalian semua pemilik sepeda motor?

Nah, salah  satu  kegiatan  mencuci motor yang dibilang asal-asalan yaitu ketika anda mencuci dalam keadaan mesin motor masih panas. Kejadian ini sering terjadi, bahkan di tempat khusus penyedia jasa cuci motor yang tersebar di mana-mana dengan fasilitas serta tarif pengerjaan tersebut yang berbeda-beda. Orang yang bekerja di tempat  pencucian motor tidak mengerti dan tak jarang langsung mengguyurkan air ke sepeda motor milik anda.

Adapun kalanya hal itu juga pernah  anda lakukan secara tidak sadar, jika itu benar adanya maka stop mulai saat ini. Diketahui kegiatan cuci motor seperti itu memiliki dampak buruk terhadap motor anda. Apa alasannya? Menurut Autoevolution bahwa logam panas dan air dingin merupakan dua hal yang tentunya saling bertentangan. Selain itu juga pada hukum fisika menyebutkan dimana perubahan suhu secara tiba-tiba itu bisa menimbulkan kerusakan pada bagian logam.

Dari kesimpulan tersebut ini artinya hal itu juga berlaku saat mencuci motor dengan kondisi mesin masih keadaan panas, serta langsung diguyur air yang bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bodi motor bahkan bagian mesin motor secara keseluruhan. Efek yang ditimbulkan dari kegiatan mencuci motor yang salah itu paling tidak membuat sepeda motor tidak mau hidup (baik itu di kick starter maupun di starter elektrik).

Masalah yang timbul tersebut karena selang piston bengkok. Bahkan ada pula kasus lain yang bisa dibilang cukup ekstrim, yakni blok mesin bisa jadi retak akibat perubahan suhu secara tiba-tiba. Sementara itu juga bisa terjadi pada bagian pipa panas seperti knalpot. Kemudian bisa merusak kondisi krom yang mengkilap, serta perubahan warna pada komponen kendaraan.

Sehingga saran terbaik dari saya, hindarilah kegiatan yang dapat mengancam kerusakan mesin motor anda tersebut saat melakukan cuci motor. Paling tidak bila kondisi mesin masih panas, alangkah baiknya di diamkan terlebih dahulu sekitar 15 menit, tujuannya tak lain proses pendinginan secara alami nantinya bisa terjadi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*