Harga Mobil Pedesaan Selepan Padi Termurah Hanya Rp 60 Jutaan

Mobil Pedesaan Selepan Padi Termurah di Indonesia Hanya Rp 60 Jutaan

Inilah Harga Mobil Pedesaan Selepan Padi Indonesia – Berbicara mesin giling padi tentu anda akan terbayang begitu uniknya mobil selepan padi tersebut. Biasanya mobil pedesaan selepan padi ini lebih banyak ditemui di daerah non perkotaan alias desa-desa yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan lucunya ada sebuah perlombaan mendesain mobil pedesaan giling padi itu semenarik mungkin, namun tetap fungsional.

Diketahui lomba itu di adakan atas kerjasama Institut Otomotif Indonesia (IOI) dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Tujuan di selenggarakannya lomba itu tak lain ialah berharap suatu saat nanti bisa merealisasikan keinginan pemerintah, untuk membuat mobil pedesaan selepan padi yang mana sudah sejak lama direncanakan.

Menurut Presiden IOI yaitu I Made Dana memberikan sedikit gambaran mengenai spesifikasi dan desain mobil pedesaan selepan padi yang akan dilombakan tersebut. Ia mengatakan bahwa ” Jika sudah melihat kriteria lomba yang telah dibuat oleh IOI, kriteria tersebut tidak jauh beda dengan model mobil penggilingan padi yang sekarang ini. Tetap menjiwai dan menghargai produk anak bangsa,” ujarnya.

Airlangga Hartanto selaku Menteri Perindustrian juga mengatakan bahwa bentuknya mirip seperti pickup dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan yang biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang berbagai kebutuhan. “Untuk jenisnya, bisa mengikut kontur pedesaan masing-masing. Dan diharapkan untuk tahun depan prototipenya sudah selesai,” ujarnya.

Bila bentuknya mirip seperti pick-up dengan dilengkapi empat roda di bagian belakang, sehingga model belakang bisa diubah sesuai dengan keinginan pengguna yakni kebutuhan multiguna. Kebutuhan itu tak lain ialah yang sekiranya mampu menunjang aktifitas pertanian dan perkebunan akan diperbolehkan, lanjut Airlangga Hartanto.

Berikut ini beberapa kriteria mobil pedesaan selepan padi yang sudah tercantum dalam syarat lomba yang di selenggaran tersebut :

1. Mobil pedesaan selepan padi boleh memakai sistem penggerak roda 4×4 atau 4×2.

2. Harus menggunakan mesin diesel berkapasitas 1.000 cc yang mana hanya memakai bahan bakar biofuel (Bio Diesel).

3. Untuk desain serta bentunya haruslah berbeda dengan sudah dipasarkan sekarang ini yakni ukuran setidaknya 3,2 m (panjang) x 1,5 m (lebar) x 1,8 m (tinggi).

4. Mobil gilingan padi setidaknya bisa menghasilkan kecepatan sekitar 50 kpj.

5. Kendaraan selepan padi juga harus memiliki sistem maupun konsep perawatan yang lebih mudah.

6. Harga mobil pedesaan padi harus dijual sekitar Rp 60 jutaan OTR.

7. Masalah rangka frame mobil selepan juga harus yang sesederhana mungkin, sehingga dalam proses perakitan diharapkan lebih mudah.

8. Sedangkan desain mobil pedesaan selepan padi itu juga perlu memiliki khas tersendiri dengan penambahan corak spesial hasil inovasi yang menarik.

9. Jarak terendah ke tanah setidaknya minimal 200 mm.

10. Komponen bodi dan kabin mobil gilingan padi harus mudah dibongkar pasang serta berbahan ringan namun tetap kuat.

11. Perlunya mendesain kendaraan yang mempunyai fungsi multiguna untuk pertanian, perkebunan, pengairan, peternakan, perikanan, nelayang dan lain-lain. Terutama bisa dipakai sebagai mesin giling padi di daerah pedesaan.

12. Kendaraan tentu harus bisa untuk menampung orang dan barang sekaligus.

13. Proses perakitan kendaraan karya anak bangsa ini haruslah mudah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*