Hal Ini Sebabkan Lampu Kendaraan Anda Mati!

Salah satu komponen penyusun kendaraan, baik beroda dua maupun empat adalah komponen kelistrikan. Seperti namanya, komponen kelistrikan merupakan komponen mobil atau motor yang berhubungan dengan sumber arus listrik, penanggung jawab suplai listrik, maupun komponen yang beroperasi dengan listrik. Nah, salah satu contoh komponen kelistrikan tersebut adalah lampu scene (penanda pada lampu kendaraan) serta perangkat kabel penghantar listriknya.

Sebelum pembahasan dilanjutkan, apakah Anda tahu apa saja sistem kelistrikan yang menyusun kendaraan tersayang? Komponen kelistrikan terdiri atas beberapa item yang harus Anda tahu, diantaranya komponen penyusun sistem pengapian, sistem signal, sistem pengisian, serta yang terakhir adalah sistem penerangan. Sistem-sistem tersebut saling bekerja sama dalam satu unit yang sama agar kendaraan Anda bisa beroperasi dengan baik.

Salah satu masalah yang sering muncul terkait dengan komponen penerangan pada lampu motor adalah sering matinya lampu tersebut. Matinya lampu motor dalam jangka waktu yang tidak wajar atau relatif pendek mungkin dipicu oleh beberapa hal seperti yang akan dibahas di bawah ini!

  • Kualitas lampu kendaraan yang kurang baik

Pertama, penyebab lampu motor sering mati adalah karena pemilihan jenis atau merek lampu motor yang kurang baik. Tentu saja, hal ini bisa menyebabkan lampu depan dan lampu belakang motor Anda sering mati dalam kurun waktu yang tak wajar. Untuk itu, belilah lampu dengan kualitas baik di tempat yang terpercaya seperti agen resminya.

  • Rusaknya fitting

Fitting merupakan tempat dimana bohlam pada lampu motor Anda melekat. Berbentuk seperti cekungan yang ukurannya sesuai dengan pangkal dari lampu. Fitting biasanya terbuat dari kuningan yang bisa meleleh jika terkena panas terlalu lama. Nah, jika hal tersebut terjadi bisa saja hal ini mempengaruhi kinerja lampu motor. Jika sudah parah, maka bisa juga menjadi penyebab lampu motor sering mati.

  • Kabel yang mulai rusak atau terputus

Agar lampu motor hidup, diperlukan listrik dengan jumlah tertentu. Jika jumlah volt listrik yang dibutuhkan tidak terpenuhi dengan baik, bisa saja performa lampu baik lampu scene maupun lampu penerangan utama Anda menurun. Hal ini disebabkan oleh putusnya salah satu kabel yang mengalirkan listrik atau bisa juga disebabkan oleh kendornya lilitan timah dalam kabel yang memicu kurang maksimalnya aliran listrik.

Itu dia Sobat Oto penyebab lampu kendaraan Anda sering mati atau performanya menurun. Jika hal ini terjadi dan Anda tak bisa memperbaikinya sendiri, ada baiknya untuk membawanya ke bengkel kepercayaan agar tak salah kaprah.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*