Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengemudi Mobil

persiapan sebelum mengemudi mobil

OTOSEMI.com- Belajar mengemudi bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kenapa demikian? Berbeda dengan mengemudikan motor dengan lebar body motor seukuran lebar body manusia tentu mudah beradaptasinya, tinggal gas-rem-masukkan gigi dan arahkan setir kanan-kiri. Sedangkan mengemudi mobil dengan body lebar untuk muatan 5-7 orang perlu teknik yang benar. Kebanyakan dari anda belajar mengemudi mobil secara otodidak tapi kurang pas tekniknya. Di sini saya akan berbagi pengalaman kursus mengemudi mobil. Manfaat kursus mengemudi mobil adalah tahu benar SOP mengemudi, paham setiap bagian eksterior interior mobil, paham rule dan attitude lalu lintas jalan. Jadi bagi anda pemilik mobil baru, sebaiknya baca tips berikut ini, namun bagi yang sudah terlanjur belajar secara otodidak, jangan berkecil hati saya akan memberi bocoran berdasar pengalaman pribadi. Lumayan bukan dapat panduan mengemudi gratis, hehe.

Persiapan yang perlu diperhatikan sebelum mengemudi mobil :

1. Menyetting kursi/tempat duduk

Menyetel tempat duduk maju atau mundur berfungsi menyesuaikan diri dengan keadaan kaki. Sehingga kaki dapat berfungsi sempurna pada saat menginjak kopling-rem-gas, so kenyamanan dan keamanan menyetir terkendali, mengingat postur tubuh tiap orang berbeda-beda. Ingat dalam menyetting tempat duduk pastikan mobil dalam keadaan berhenti, jangan sekali-kali mobil sedang berjalan, anda menyetting tempat duduk.

2. Menyesuaikan kaca spion luar dalam

Kaca spion sangat penting sebagai safety tool mengemudi mobil anda. Periksa apakah spion sudah tersetting tepat, sehingga anda dapat melihat jelas lalu lintas kanan kiri dan belakang keseluruhan.

3. Pengunci pintu / center lock

Jangan sekali-kali mengemudi mobil tanpa mengunci pintunya. Kenapa demikian? Sebegitu pentingkah pengunci pintu? Yang penting posisi pintu sudah tertutup kan? Toh tidak bakal kebuka kalau tidak ditarik pegangannya. Adapun maksud tujuannya adalah menjaga kemungkinan bila terjadi kecelakaan pintu tidak terbuka dengan sendirinya, sehingga pengendara tidak terlempar dari kendaraan. Selain itu, para penumpang/pengemudi terlindung dari tangan-tangan jahil yang mencoba masuk mobil saat kendaraan berhenti.

4. Memakai sabuk pengaman/ safety belt

Sebagian masyarakat menganggap sepele pemakaian sabuk pengaman. Yang penting kan hati-hati, jangan ngebut, beres kan? Balik lagi, ini adalah tindakan preventif menjaga kemungkinan pengemudi tidak terbentuk fitur interior-setir mobil bila terjadi tabrakan dan bila terjadi pengereman mendadak.

5. Membuka ventilasi mobil

Ventilasi diatur sedemikian rupa, sesuai dengan kenyamanan masing-masing individu. Pada saat pemakaian AC, buka jendela sedikit kurang lebih 0,5 cm untuk sirkulasi udara.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengemudi mobil. Segala sesuatu pasti ada rule/ SOP , rule dirancang dari kita untuk kita pula, taatilah demi kenyamanan dan keamanan anda. Semoga tips diatas bermanfaaf bagi anda, dan biasakanlah untuk melaksanakannya. Salam Safety First.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*