Generasi Motor Sport Yamaha Scorpio Z

Yamaha Scorpio Z- Yamaha Scorpio Z ini merupakah salah satu produk motor sport ciptaan Yamaha yang di klaim sebagai generasi penerus sang RX-King yang telah menggunakan mesin 4 tak. Bahkan generasi terakhir dari sang Yamaha Scorpio ini telah 3x mengalami perubahan sejak pertama kali di luncurkan di era tahun 2002 silam.  Dan generasi yang terakhir ini di namai dengan Yamaha Scorpio Z. PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini pun memasukkan motor sport varian Scorpio ini ke dalam segmentasi Naked Bike atau biasa di kenal sebagai motor sport batangan.

Perlu di ketahui bahwa generasi Yamaha Scorpio ini terakhir kalinya mengalami perubahan di tahun 2013 dan motor sport tersebut mengusung sebuah nama Yamaha Scorpio Z. Tentunya dengan penampilan yang menarik dan berkualitas di kelasnya, selain itu pun motor ini masuk dalam kelas 250cc. Di mana motor ini berkubikasi 225cc.

Dengan kubikasi mesin yang cukup handal pun motor sport batangan Yamaha ini akan mampu melawan kompetitor sekelasnya yaitu Suzuki Thunder dan Honda Tiger. Tampilan desain yang di aplikasikan ke Yamaha Scorpio Z ini pun tampil lebih sporty nan elegan berbalut stripping beraroma sporty.

Sebagai informasi tambahan untuk model terakhir Yamaha Scorpio ini sudah masuk ke dalam golongan discontinue atau bisa di sebut masa stop produksi. Di karenakan tentunya pihak Yamaha akan terus berinovasi untuk kelas naked bike yang lebih di besarkan kubikasinya di kelas 250cc.

Spesifikasi Yamaha Scorpio Z 2013

Tampil Lebih Kekar dan Greget

Motor Sport batangan yamaha ini di desain lebih nampak sporty berkelas sehingga jika di lihat pun lebih nampak greget dan terlebih bodi motor ini semakin kekar, berbeda sekali dengan versi sebelumnya karena motor ini di peruntukkan untuk touring perjalanan jauh.

Bahkan motor sport ini pun juga tampil gagah dengan mengusung shroud (sayap) yang menempel di samping bodi kanan kiri tangki. Selain itu pun untuk stripping pun yamaha tanpa kompromi menganut 3 warna kombinasi yang di rancang khusus agar tampil lebih sporty.

Dimensi Bodi Kekar dan Berotot

Untuk model terakhir varian Scorpio pun yamaha mengoprek-oprek dimensi bodi dan memangkasnya dari versi sebelumnya hingga menjadi 2.030 mm x 750 mm x 1.095 mm serta berat bobot kosong mencapai 142kg saja. Motor sport batangan ini pun di klaim lebih ringan dari pada segmen di kelasnya, di sebabkan oleh bobot motor ini menganut bobot rata-rata yang di pakai oleh kelas 150cc pada umumnya.

Dan untuk kapasitas tangki bahan bakar pun mampu menampung hingga 13 liter, cukup lumayan untuk perjalanan jauh sekalipun dan juga di selipkan tangki cadangan mencapai 2,5 liter saja.

Panel Indikator yang Simple

Panel indikator yang di pakai Yamaha Scorpio Z ini lebih simple dan tidak begitu rumit penataan serta pembacaannya. Panel-panel tersebut meliputi tako meter atau panel RPM, indikator sisa bahan bakar, indikator trip meter, indikator kecepatan, indikator gigi netral, indikator lampu sein dan lampu utama. Untuk tako meter ini mampu mencapai maksimal pembacaan putaran mesin mencapai 11.000 Rpm.

Kaki Tangguh dan Menantang

Kenapa bisa di katakan kaki tangguh dan menantang, berikut penjelasannya. Model motor sport batangan Scorpio ini telah menganut rangka bertipe Double Crandle, di mana rangka tipe tersebut lumayan tangguh dan stabil ketika di ajak untuk bermanuver serta menempuh perjalanan jaun. Dan menantangnya ini terdapat pada kaki yang di memakai dimensi besar yaitu 80/100 ukuran ban untuk bagian depan, sedangkan belakang berukuran 100/90 dan tentunya ban tersebut memakai velg berukuran 18 inchi.

Kemudian handling motor ini cukup memuaskan sekali karena memakai suspensi tipe monoshock pada bagian belakang dan depan memakai tipe teleskopik. Serta untuk bagian pengereman motor ini menggunakan rem cakram di depan dan rem tromol di belakang, sehingga untuk tingkat kepakeman pun terasa kurang puas untuk model naked bike yamaha tersebut.

Dapu Pacu Handal dan Bertenaga

Dapur pacu Yamaha Scorpio Z ini bermesin 4 langkah SOHC 2 valve dan berkapasitas mesin 223cc serta memiliki silinder tunggal. Tenaga yang di semburkan pun cukup handal dan bertenaga mencapai 13.4 kW pada 8.000rpm dan torsi puncak hingga 13.4 Nm pada 6.500rpm.

Sistem pengapian yang di pakai pun masih menggunakan tipe CDI, serta memiliki transmisi 5 percepatan. Teknologi konvensional tersebut memungkinkan motor naked bike ini mampu di permak mesinnya agar lebih tangguh lagi atau bisa di katakan modifikasi mesin cukup mudah. Tipe karbulator motor ini yaitu BS30, juga telah memakai knalpot berukuran besar yang semakin menambah sporty.

Harga Produk Naked Bike Yamaha Scorpio Z

Yamaha menawarkan harga yang di rasa cukup terjangkau oleh masyarakat menengah yaitu sekitar Rp 25.000.000,- untuk varian Yamaha Scorpio Z CW, sedangkan untuk model lainnya yakni Yamaha Scorpio Z Limited Edition ini di bandrol dengan harga selisih Rp 500.000,- dan tepat berada di nilai Rp 25.500.000,-. Ke semua harga tersebut on the road Jakarta, bahkan harga yang di bandrol pun hampir sama dengan model Yamaha V-ixion Lightning.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*