Emisi Gas Buang Mesin Bensin Lebih Berbahaya Dibanding Mesin Diesel

Emisi Gas Buang Mesin Bensin Lebih Membahayakan Dibanding Mesin Diesel- Semua jenis kendaraan beroda empat tentu memiliki varian jenis mesin yang berbeda di setiap produk baru mobil yang di ciptakan yaitu mesin diesel dan mesin bensin. Bahkan ada pula beberapa fakta menegangkan di antara kedua jenis mesin mobil yang di gunakan tersebut. Terutama pada emisi gas buang mesin bensin maupun mesin diesel pada umumnya.

Bagi anda pengamat dunia otomotif terutama pada mesin mobil, tentu jika di tanya mengenai hal emisi gas buang pasti akan menjawab mesin diesel yang mengeluarkan asap hitam pekat lebih berbahaya sekali bagi keselamatan lingkungan sekitar terutama untuk manusia sendiri. Namun fakta membuktikan setelah di teliti oleh para ahli mesin, mereka mengungkapkan fakta bahwa emisi gas buang mesin bensinlah lebih berbahaya dibandingkan jenis mesin diesel. Kenapa bisa seperti ini, mari simak penjelasan berikut?

Mesin diesel memang umum sekali di gunakan oleh kendaraan roda empat atau mobil, dengan begitu tenaga yang di hasilkan akan lebih besar daripada mesin bensin. Dan dari segi mesin dengan pembakaran yang lebih sempurna ini pasti akan bisa menghasilkan Nox (Nitrous Oxides) yang lebih besar pula, sehingga nanti dampaknya ialah buruk sekali untuk kesehatan manusia serta lingkungan.

Walau pada kenyataan kedua jenis mesin mobil ini baik itu mesin diesel maupun mesin bensin pasti sama-sama menghasilkan apa itu yang di namakan emisi gas buang karena proses pembakaran di ruang bakar. Namun penelitian menyakatan mesin bensin akan lebih berbahaya sekali emisi gas buangnya daripada mesin diesel.

Dari pernyataan tersebut dapat di simpulkan jika proses pembakaran  di ruang bakar pada kendaraan lebih besar tingkat kesempurnaannya, akan menimbulkan emisi gas atau sisa-sisa pembakaran yang justru lebih membahayakan sekali dan ini terdapat di mesin bensin yang mengelurkan unsur NOx lebih besar di karenakan proses pembakaran sempurna akibat percikan bunga api pada komponen busi.

Unsur NOx ini juga dapat menimbulkan terjadinya Photo Chemical suatu kejadian alam berupa hujan asam yang berdampak rusaknya hutan. Serta untuk tubuh manusia sendiri dapat menimbulkan hal sakit tenggorokan, sakit pusing-pusing, sakit mata dan sakit hidung. Sedangkan mesin diesel yang keluarkan asap hitam pekat ini dalam bahasa ilmiahnya yaitu Particulate Matter (PM) yang juga dapat memiliki efek samping pada tubuh manusia berupa sekit paru-paru dan pernafasan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*