Cara Simple Mengatasi Tangki Motor Bocor dan Ketahui Penyebabnya?

cara mengatasi tangki sepeda motor bocor

Penyebab dan Cara Mengatasi Tangki Motor Bocor- Sepeda Motor adalah kendaraan roda dua yang memiliki rangka, mesin dan beberapa komponen penting lainnya serta merupakan mesin rekaan manusia. Sehingga wajar saja apabila proses pembuatannya ada yang mengalami kekurangan maupun kerusakan di kemudian hari. Namun, bagaimana jika sudah menyangkut kerusakan pada komponen-komponennya apalagi itu salah satu komponen penting di dalam bagian sepeda motor.

Hal ini tentunya akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pengguna motor di segala segmentasi baik itu motor bebek, motor sport, dan lain-lain. Salah satu contoh sederhananya saja yakni kendati anda menemui bahwa tangki bahan bakar pada sepeda motor telah bocor,  apa yang pertama kali anda lakukan dan apa penyebab tangki motor bocor? Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan simple dari kami di bawah ini.

Meski terbilang suatu masalah yang cukup mengganggu pengendara, lebih parahnya lagi tangki motor bocor sangatlah membahayakan apalagi terjadi hal bensin itu keluar dan tersulut percikan api. Lantas, apa penyebab tangki motor bocor? Ternyata masalah yang timbul ini biang keroknya cukup sepele yakni “air”. Mengapa demikian? Sebab air bisa menyelinap masuk ke dalam tangki motor melalui tutup tangki di saat katakanlah cuaca hujan atau habis melakukan aktifitas cuci sepeda motor.

Sehingga jika air ini sudah cukup banyak berada di tangki motor yang mana mengendap di dasar tangki, membuat pelat tangki motor yang berada di bagian bawah mengalami keropos oleh air itu sendiri. Itulah salah satu penyebab tangki motor mudah sekali terjadi bocor. Nah, jika anda mengalami hal tersebut maka langkah yang aman ialah dengan memperbaiki tangki motor yang bocor dengan cara sederhana dan cukup mudah pula.

Cara mudah mengatasi tangki motor bocor, yakni anda perlu mempersiapkan terlebih dahulu epoxy, kelereng dan detergen pakain. Kemudian lepas tangki dari bodi motor setelah itu keluarkan atau tuang bensin yang tersisa sampai habis. Langkah selanjutnya dalam keadaan tangki sudah kering, mulai masukkan detergen ke dalam tangki secukupnya serta isi air pula hingga setidaknya setengah tangki dan lalu disusul dengan memasukkan kelereng.

Setelah langkah tersebut anda lakukan, mulailah mengkocok tangki hingga sisa-sisa bensin di tangki hilang. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan kadar bensin secara keseluruhan di dalam tangki. Dan apabila proses mudah itu sudah anda lakukan, sekarang tinggal keringkan tangki di bawah terik matahari bertujuan agar cepat kering.

Jika kesemuanya sudah selesai langkah terakhir yakni dengan cara memasukkan bahan cairan epoxy yang sudah di campur hardener ke dalam tangki, kemudian lakukan pengocokkan tangki. Hal ini bertujuan untuk menutup lubang yang menjadi penyebab utama bensin merembes atau bocor. Dan bila langkah ini anda sudah merasakan sepertinya cairan sudah merata di dalam tangki, maka sebaiknya segeralah jemur di bawah terik matahari. Bahan epoxy memang memiliki ketahanan yang lebih tinggi terhadap bensin, sebab tidak luntur ketika terkena bensin.

Tapi dengan catatan proses terakhir tadi harus benar-benar keadaan tangki sudah kering barulah boleh di isi oleh bensin, sebab epoxy tadi yang di campur hardener akan melapisi ruang dalam tangki yang memiliki lobang sangat kecil. Namun apabila lobang pada tangki itu sudah terlalu besar, maka alangkah baiknya langsung konsultasikan ke bengkel resmi sepeda motor anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*