Cara Praktis Merawat Kampas Rem Motor Agar Tahan Lama

Merawat Kampas Rem Motor

OTOSEMI.com– Hai berjumpa lagi dengan mas semi pada topik pembahasan baru kali ini mengenai “Tips Mudah Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet Secara Fisik“, jika anda mempunyai kendaraan roda dua atau sepeda motor tentunya sudah paham betul komponen satu itu yang juga berperan penting dalam hal perlengkapan kenyamanan sepeda motor terutama pada bagian rem. Fungsi rem sendiri tak lain ialah sebagai penghenti laju kendaraan, dengan begitu apabila kinerja rem bagus maka saat di pergunakan pun akan bisa maksimal dan berlaku sebaliknya. Memang di negeri tercinta yakni Indonesia, sudah banyak sekali pengguna sepeda motor dari jenis apapun serta merek motor yang tersedia.

Bahkan sejarah penggunaan rem pun kini semakin di perbaharui kembali mulai dari yang sederhana seperti rem tromol selanjutnya sistem kerjanya di tambah dengan piston dan cairan fluida sehingga muncullah rem cakram, dan saat ini sedang boomingnya model pengereman bersistem ABS (Anti-lock Brake System) yang hasil dari pengembagan masalah rem cakram. Dengan demikian salah satu onderdil di dalam rem yang berupa kampas rem perlu di perhatikan betul-betul dalam merawatnya agar kinerja saat di pakai bisa optimal dan pastinya tahan lama.

Nah, sebelum menginjak pada topik utama “Cara Praktis Merawat Kampas Rem“, sebaiknya anda baca ulasan singkat dari mas semi yang tentunya bermanfaat bagi anda pengguna sepeda motor. Poin pertama sebelum merawat kampas rem, perhatikan dahulu kondisi rantai motor apabila terdapat kotoran maupun kerak alangkah baiknya di bersihkan terlebih dahulu sebab bisa berpengaruh besar terhadap awetnya kampas.

Selanjutnya jika model rem pada sepeda motor anda ialah rem cakram, maka perhatikan pula jarak antara kampas dengan cakram usahakan jangan terlalu rapat, dan pada rumah rem tromol sebaiknya di bersihkan secara berkala sebab terkadang sering terjadi tidak pakem saat pedal rem di injak. Sekarang saatnya beralih ke topik utama merawat kampas rem, berikut ulasan mas semi yang telah di rangkum untuk kalian semua para pecinta otomotif.

Tips Praktis Merawat Kampas Rem Motor Anda

1.  Periksa kondisi sekaligus posisi rem tromol, poin utamanya ialah di bagian penampang dudukan cakram baik itu rem tromol bekas atau rem tromol baru. Langkah yang perlu di lakukan bersihkan tromol hingga bersih, kemudian lihat permukaan dudukan cakram haruslah dalam keadaan rata, tujuan dari cara itu agar saat piringan cakram berputar secara simetris sehingga beban pada kampas rem tidak terlalu berat.

2. Lakukan pembersihan secara berkala pada kaliper dan pin fleksibelnya, tujuan dari pembersihan tersebut agar tekanan yang telah di berikan oleh kampas rem bisa merata. Sementara itu pastikan ada jarak bebas di antara kampas rem dan piringan cakram, dengan catatan apabila belum sempurna yang harus anda lakukan atur kembali pada posisi yang tepat dengan cara memutar roda bila terasa ada gesekan maka setting ulang dan usahan tidak terjadi gesekan sebelum tuas rem cakram digunakan. Itulah cara sederhana mengatur posisi bebas kampas rem dengan piringan cakram.

3. Bearing roda sebaiknya selalu terlumasi dengan baik, maka hal yang perlu di lakukan memberikan pelumas pada bearing roda secara teratur. Tujuan dari pengerjaan tersebut ialah agar tidak terjadi speling pada bearing yang bisa jadi memberikan efek kedua komponen yakni kampas rem dengan piringan cakram bersinggungan. Problem tersebut cukup sering di alami oleh pengendara roda dua baik itu motor matik, motor gede, motor sport dan jenis motor lainnya.

4. Penggunaan rem dengan baik dan benar, jika kendaraan di depan berhenti maka usahankan jarak pengereman tidak terlalu dekat dengan pengendara di depan, inilah cara untuk menghindari penggunaan rem yang terlalu sering digunakan. Sebab pengereman secara terus-terusan bisa berdampak pada ausnya kampas rem dan merambat pada umur kampas rem yang tidak bisa lama. Sebenarnya menurut mas semi perawatan rem agar awet tidaklah sulit hanya perlu melakukan tips serta paduan tersebut dengan baik serta tidak lupa menggunakan jasa rem secara semestinya tidak ugal-ugalan dengan selalu mengerem mendadak karena terburu-buru atau selalu pada kecepatan yang tinggi. Baca juga pilih rem tromol atau rem cakram, simak perbedaannya?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*