Cara Penggunaan Lampu Mobil Yang Benar Sesuai Aturan

OTOSEMI.com-  Cara Penggunaan Lampu Kendaraan- Penggunaan lampu mobil ini memang perlu di perhatikan dan ini menjadi hal yang wajib di lakukan oleh para pengguna roda empat yakni mobil. Di mana harus sesuai dengan kondisi jalanan yang akan di lalui, ini demi keselamatan para pengguna jalanan. Dan tidak lupa juga selain itu juga wajib mematuhi rambu lalu lintas, agar tingkat kecelakaan bisa di minimalisir. Dan emosional saat berkendara pun perlu di perhatikan juga, ini banyak yang menimbulkan kecelakan di lalu lintas, karena hal ini biasanya terjadi saat lampu merah tanda berhenti, namun pengguna jalan ini masih saja berusaha menerobosnya hingga akhirnya dapat merugikan para pengguna jalan lainnya.

Di mana saat ini mengalami musim hujan yang banyak di alami oleh penjuru nusantara, sehingga para pengguna jalan ini harus berhati-hati karena tingkat pandangan ke depan ini pastinya berkurang karena cuaca hujan ini. Selain itu curah hujan yang tinggi pun ini bisa juga menghambat laju kendaraan di saat terjadi banjir yang mengguyur jalanan.

Sehingga tingkat konsentrasi saat berkendara pun perlu di lakukan dengan sungguh-sungguh, apabila itu tidak di lakukan akan bisa menimbulkan dampak yang pastinya akan merugikan pengemudi itu sendiri bahkan penumpang anda. Oleh sebab itu berkendaralah dengan bijak dan tidak tergesa-gesa ingin cepat sampai tujuan.

Baca juga : Cara Mudah Memasang Lampu LED di Mobil Agar Terlihat Keren.

Penggunaan lampu kendaraan terutama pada mobil seperti lampu sein, lampu hazard, foglamp, lampu utama, lampu dim, dan lain sebagainya itu perlu memperhatikan cuaca maupun kondisi jalanan yang sesuai. Agar selain tidak merugikan kendaraan lain pun juga menjaga keselamatan saat mengemudi.

Seperti gambar di atas penggunaan lampu hazard memang perlu di perhatikan agar mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas, sebab penggunaan lampu hazard yang salah akan merugikan pengguna jalan yang lainnya. Gunakan lampu ini di saat apabila kendaraan anda di depan terlihat mengalami kerusakan atau bahkan kendaraan anda sendiri terjebak mancet, hal ini bisa mengakibatkan kendaraan di belakang anda jadi lebih hati-hati dan akan tetap menjaga jarak dengan kendaraan di depannya.

Penggunaan lampu sein ini banyak yang di lalaikan oleh pengguna jalan tentunya. Di mana ini bisa menimbulkan hal yang fatal sekali baik itu pengemudi bahkan pengendara lain. Sebaiknya jika anda dalam kondisi mau berbelok arah ini di wajibkan menyalakan lampu sein sebagai tanda peringatan bahwa anda akan berbelok, dan terlebih dalam penggunaan lampu sein ini tidak mendadak di nyalakan, bahkan juga tidak terlalu lama di nyalakan sehingga gunakan waktu yang pas saat mau menyalakan lampu sein ini.

Dan penggunaan lampu utama ini perlu di lakukan di saat terjadi cuaca hujan atau pada saat malam hari. Pada saat hujan deras ini sebaiknya gunakan lampu utama dengan jarak dekat saja, jangan menggunakan lampu utama jarak jauh karena bisa mengakibatkan kendaraan di depan menjadi terganggu oleh penerangan mobil anda.

Dan di saat siang hari dengan terik matahari yang panas ini cukup saja menggunakan foglamp. Karena sekarang ini semua kendaraan atau pengguna jalan oleh Satlantas ini di wajibkan menyalakan lampu kendaraan. Sehingga anda perlu mematuhi peraturan yang telah di tetapkan tersebut.

Dan yang paling penting saat anda berkendara ini ialah selalu menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan anda. Hal ini wajib di lakukan karena saat kendaraan di depan anda berhenti atau mengerem mendadak, jadi kendaraan yang ada di belakang dengan jarak yang di sesuaikan ini bisa merespon tindakan anda dengan cara mengerem juga. Dan gunakan laju kendaraan dengan stabil saat mengemudi, jangan terbawa emosi dan akhirnya kebut-kebutan di jalanan, hal itu bisa berdampak buruk bagi anda sendiri bahkan pengguna jalan lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*