Cara Mudah Mengganti Kampas Rem Belakang Motor Matic

Cara Mudah Mengganti Kampas Rem Belakang Motor Matic

Cara Mudah Mengganti Kampas Rem Belakang Motor Matic – Kampas rem merupakan salah satu komponen penting dari salah satu bagian sepeda motor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Fungsi lainnya yaitu untuk menjaga keselamatan anda dalam berkendara. Seperti telah kita ketahui, agar rem kendaraan dapat berfungsi dengan baik dan bekerja dengan maksimal, setidaknya kampas rem harus masih dalam kondisi yang bagus.

Apa jadinya jika rem pada tromol sepeda motor kondisi kampasnya sudah aus, tipis ataupun sudah habis?. Hal ini tentu saja akan sangat mempengaruhi kinerja rem pada saat di gunakan. Misalnya saja rem menjadi lebih dalam dan kurang pakem. Sehingga dengan kondisi seperti ini akan lebih beresiko dan berbahaya apabila anda mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang tinggi.

 

Cara mudah mengganti kampas rem belakang motor matic

Maka dari itu jika rem sepeda motor anda, kinerjanya sudah kurang maksimal dan tidak berfungsi dengan baik. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan, untuk mengetahui apa penyebabnya. Apakah karena kampasnya sudah habis dan minta diganti dengan yang baru atau karena oleh masalah yang lain.

Pada kesempatan ini saya ingin memberikan informasi mengenai cara mudah mengganti kampas rem belakang motor matic. Apa saja yang perlu kita lakukan dan bagaimana langkah- langkah mengerjakannya? Berikut ini rangkuman cara mudah mengganti kampas rem belakang motor matic:

  1. Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan sikat besi,kunci shock 14 & 22, kunci shock panjang untuk membuka knalpot, 2 pelumpung besi, kunci T 14, kunci ring ukuran 12. Dan tidak lupa pula Kampas Rem Belakang yang baru.
  2. Longgarkan dan buka terlebih dahulu baut as rodanya. Untuk membuka baut as roda sepeda motor jenis bebek kunci yang perlu digunakan ialah kunci ukuran 12 dan 17 serta kunci ukuran 14 dan 17, atau kunci ukuran 14 dan 19.
  3. Buka lah baut penyetel rem. biasanya baut penyetel rem ini bisa dibuka dengan mudah menggunakan tangan. Akan tetapi jika sulit anda dapat menggunakan kunci atau menggunakan tang jika bautnya model kupu-kupu. selanjutnya buka baut penahan rem menggunakan kunci 12.
  4. Lepaskan atau cabut roda dari sepeda motor matic anda. kemudian buka penutup remnya, dan cabut kampas rem dari dudukannya.
  5. Sebelum anda memasang kampas rem yang baru. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu tutup rem dan tromolnya untuk menghilangkan debu dan kotoran. Fungsinya untuk membersihkan kotoran dan bisa juga dilakukan dengan cara disemprot menggunakan kompresor. Atau jika anda tidak memiliki kompresor anda dapat menggunakan sikat kawat, lap dan sebagainya.
  6. Pasang terlebih dahulu per kampas sebelum kampas rem dipasang pada dudukannya. Menurut saya cara ini lebih mudah dilakukan dari pada memasang per kampas setelah kampas rem diletakan pada dudukannya.
  7. Setelah kampas rem selesai dipasang pada dudukannya. langkah terakhir yaitu pasang kembali semua komponen motor seperti semula, baik itu as roda, baut penyetel rem, ataupun baut penahan rem.

BACA JUGA: 4 Cara Mudah menganti Aki Motor Dengan Baik dan Benar.

Setelah semuanya terpasang seperti semula. Kencangkan kembali baut as roda dan baut penahan remnya. kemudian setel atau atur rem sesuai dengan kebiasaan atau kenyamanan anda menggunakannya. Dan jangan lupa agar lebih mantap dan cocok, lakukanlah tes terlebih dahulu.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara mudah mengganti kampas rem belakang motor matic yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini.

semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya dan jangan lupa untuk terus mengunjungi blog ini. Karena kami memiliki banyak informasi mengenai Otomotif, Update terbaru seputar dunia otomotif, Tips dan trik serta cara-cara mudah yang dapat membantu anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*