Inilah Cara Mudah Membersihkan Injector Motor Injeksi Di rumah Tanpa Harus Ke Bengkel

Cara Mudah Membersihkan Injector Motor Injeksi Di rumah

Cara Mudah Membersihkan Injector Motor Injeksi Di rumah

Otosemi.com – Cara Mudah Membersihkan Injector Motor Injeksi Di rumah  – Pada zaman modern ini tentunya semua produsen otomotif sudah tidak lagi memproduksi kendaraan yang masih menggunakan sistem karburator. Namun, semua produsen kendaraan memproduksinya menggunakan sistem injeksi FI ( full Injection ). Bagi anda yang menggunakan kendaraan FI ( Full Injection ) anda dapat membersihkan injector sendiri tanpa membawa kendaraan anda ke bengkel Resmi untuk di perbaiki. Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya anda mengetahui tentang fungsi injector.

Cara Mudah Membersihkan Injector Motor Injeksi Di rumah
Injector Motor Injeksi

Pada motor injeksi, injektor merupakan komponen yang memiliki fungsi sangat vital. Fungsi Injector adalah untuk menyemprotkan dan memasukkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Dapat anda bayangkan jika proses penyemprotan ini terganggu atau tidak maksimal maka efeknya sangat mempengarui performa mesin. Untuk itu cobalah untuk melakukan service di bengkel-bengkel resmi. Tetapi jika anda ingin membersihkan injektor sendiri, sebenarnya ada beberapa Cara Mudah Membersihkan Injector Motor Injeksi Di rumah:

Cara Mudah Membersihkan Injector Motor Injeksi Di rumah

•    Membersihkan Injektor dengan Carbon Cleaner
Cara pertama yang paling simple adalah dengan menggunakan carbon cleaner seperti yamalub carbon cleaner. Yakni anda hanya perlu mencampurkan cairan kimia tersebut ke dalam tangki bensin, kotoran yang berada pada injektor akan terkikis hilang. Cara menggunakannya yaitu sangat mudah. Anda hanya tinggal mencampurkan cairan tersebut ke dalam tangki yang sudah berisi bahan bakar/bensin antara 3.5 liter hingga 5 liter dan lakukan setiap 3000 km sekali.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Goresan Pada Cat Body Motor Dengan Mudah

•    Membersihkan Injektor dengan Infus
Tentunya saat ini sudah banyak bengkel resmi yang menawarkan jasa membersihkan injector dengan cara tersebut. Caranya yaitu menjadikan cairan carbon cleaner sebagai bahan bakar, lalu di injek dengan menggunakan alat khusus seperti infus. Selang bahan bakar di copot / dilepas kemudian di sambungkan kembali dengan tabung khusus yang sudah di isi oleh carbon cleaner. Pada tabung tersebut diberi udara bertekanan dari kompresor untuk memasukan carbon cleaner ke dalam ruang bakar. Lalu Mesin di hidupkan sambil di gas – gas. Cara Membersihkan Injector yang satu ini hanya membutuhkan waktu lima menit saja, sampai cairan carbon cleaner habis dan mesin akan mati dengan sendirinya. Metode tersebut dapat anda lakukan setiap 10000 km.

•    Membersihkan Injektor dengan Injektor Clener
Cara Membersihkan injector pada sepeda motor yang terakhir ini memang cukup rumit dan hanya dapat di lakukan di bengkel – bengkel resmi saja. Terjadinya hal seperti itu di karenakan injector harus di lepas dahulu dan kemudian di masukan ke dalam sebuah alat yang bernama injector cleacer & tester. Setelah di masukan ke dalam alat tersebut. Lalu kita akan dapat mengetahui berapa banyak debit tekanan injektor tersebut. Jika kurang dari standar maka kemungkinan dapat di sebabkan oleh injector yang kotor. Jika injector kotor maka langkah selanjutnya injector akan di rendam dengan cairan khusus dan di beri getaran ultrasonic untuk membersihkan kotoran yang berada dalam injektor.

Jika Injector sudah Bersih, maka langkah selanjutnya yaitu pasangkan kembali dengan hati-hati jangan lupa untuk memasang sealnya terlebih dahulu. Lakukan kebalikan dengan cara membongkar. Dan kemudian anda dapat membedakan hasilnya pada saat belum dibersihkan dengan sesudah dibersihkan.

Demikianlah Cara Mudah Membersihkan Injector Motor Injeksi Di rumah.

Jika anda ingin yang praktis dan bisa dilakukan dirumah maka bisa menggunakan cara yang pertama. Tetapi jika ingin yang hasilnya lebih maksimal dan kotoran dalam injector benar-benar hilang bisa memilih cara kedua atau ketiga yang bisa dilakukan di bengkel.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*