Cara Merawat Motor Tua agar Tetap Awet tanpa Biaya Mahal

Cara Merawat Motor Tua

Cara Merawat Motor Tua agar Tetap Awet tanpa Biaya Mahal – Bagi anda pecinta motor tua atau motor klasik, meski saat ini sudah tidak lagi diproduksi, akan tetapi kita sering menemukan banyak pengguna motor tua di jalanan. Walaupun usia motor sudah tergolong berumur, namun motor klasik masih bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi para pemiliknya. Selain modelnya yang unik tentu juga penampilan yang memang masih banyak yang kinclong serta keorisinilan motor klasik tetap terjaga walaupun kendaraan itu sudah berumur.

Apa yang bisa membuat motor tua masih tetap terjaga dan bisa nongkrong dijalanan? Selain perawatan mesin, perawatan cat dan aksesoris menjadi yang utama bagi para pecinta motor tua.

Cara Merawat Motor Tua
Kontes Motor Tua

Beberapa merk motor tua tentunya masih banyak yang nongkrong di negara ini. Selain banyak komunitas pecinta motor tua atau klasik, para generasi muda pun tak mau kalah antusiasnya terhadap motoor tua ini. Beberapa contoh merk terkenal Motor Tua yang masih terlihat ialah : BSA, BMW, Binter,Vespa, Norton, CB dan lain lain. Diantara merk tersebut memang terdapat komunitasnya. Dan tentunya spesifikasi dari tiap merk berbeda beda. Nah pada kesempatan kali ini cara dan tutorial akan membahas secara garis besar bagaimana Cara Merawat Motor Tua agar Tetap Awet tanpa Biaya Mahal:

Ganti oli pelumas mesin secara berkala

Pelumas mesin tentunya berperan sangat vital terhadap kinerja mesin motor tua. Lakukanlah pergantian oli mesin sebulan sekali. Jangan lupa untuk disesuaikan dengan jenis dan spesifikasi motornya. Karena mesin motor terdiri dari 2 tak ataupun 4 tak. Oli merupakan bagian paling penting untuk melindungi komponen mesin dari yang besar hingga paling kecil sekalipun, jadi usahakan jangan sampai telat untuk mengganti oli lama dengan yang baru.

Periksa piranti pengapian

Segala hal yang berhubungan dengan kelistrikan harus diperhatikan pada motor tua. Diantaranya, platina, kabel body, aki, dll. Jika ada kabel yang telanjang atau terkelupas usahakan ganti dengan yang baru. Sebaiknya kabel yang sudah retak dan putus jangan disambung kembali, tetapi harus diganti yang baru agar meminimalisir terjadinya korsleting listrik.

Baca Juga: Harga Motor Tua Si Honda C70 Klasik

Selalu gunakan sparepart yang original

Seringkali sparepart KW menjadi andalan bagi setiap bengkel atau pecinta motor tua, memang selain dinilai lebih efisien waktu dan biaya sparepart KW masih bisa diakali dengan jernih. Akan tetapi umur dari sparepart abal-abal masih bisa dihitung dengan jari, paling tidak 5 bulan sudah harus ganti yang baru. Usahakan sebisa mungkin gunakan sparepart yang asli. Minimal gunakan yang KW Super. Jika anda susah untuk mencari sparepart aslinya.

Cuci motor secara berkala

Berkaitan dengan kebersihan, Motor tua rentan akan debu dan pasir pasir yang mungkin telah lama mengendap pada besi tua ini. Untuk mencegah kotor disarankan bagi anda agar mencuci secara motor tua ini secara berkala. Sebisa mungkin cat original harus terjaga keasliannya agar nilai jual dan nilai kepuasan memiliki akan semakin tinggi.

Bergabung Dengan Komunitas Pecinta Motor Tua

Hal ini tentunya bisa dinilai yang paling penting. Karena Komunitas adalah segalanya, karena jika tidak ada komunitas pasti anda tidak akan betah merawat motor tua. Mungkin saja anda hanya akan menjadi sebuah kolektor tanpa memperhatian mesin dan lainnya. Bergaul lah dengan sesama pecinta mototr tua akan sangat baik. Sewaktu-waktu anda butuh bantuan karena mengalami masalah dengan motor tua anda, anda dapat menghubungi salah satu anggota komunitas anda. Anda dapat meminta bantuan kepada mereka dan anda juga bisa saling bertukar sparepart. Itulah nilai Plus dari sebuah Komunitas.

Pada zaman serba modern tentunya sudah jarang sekali para pecinta motor tua, karena hobi merupakan aset dan tidak semua orang memilih hobi ini.Selamat beraktifitas dan jaga selalu motor tua anda.

Demikianlah bagaimana Cara Merawat Motor Tua agar Tetap Awet tanpa Biaya Mahal. Semoga bermanfaat bagi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*