Cara Merawat CVT Motor Matic dengan Baik

Cara Merawat CVT Motor Matic dengan Baik

Cara Merawat CVT Motor Matic dengan Baik – Continous Variable Transmission atau CVT  ialah sistem penggerak pada motor matic yang terdiri dari kampas Sentrifugal, pulley, roller, dan panbel. Jika CVT tidak anda merawatnya dengan baik. Tentu saja dapat menimbulkan masalah, termasuk laju motor yang tidak bertenaga.

Perawatan CVT menjadi hal yang penting, tentunya bagi para pemilik kendaran motor matic. Bagian pada CVT harus secara rutin anda bersihkan untuk menghilangkan kotoran yang menempel, sehingga performa kendaraan terjaga dan mencegah kerusakan-kerusakan pada CVT.

Cara Merawat CVT Motor Matic dengan Baik
CVT Motor Matic

Berikut ini adalah gejala kerusakan CVT yang cenderung dapat memicu getaran pada seluruh body motor. Diantaranya yaitu:

  • Tanda-tanda Kerusakan ROLLER CVT
    Jika Roller CVT pada motor anda rusak, aus, atau sudah sampai umur pakainya. Maka akan terasa getaran pada putaran bawah dan tenaga pada putaran atas tidak maksimal dengan kata lain akselerasi pada putaran atas terasa seperti tertahan.
  • Kampas Sentrifugal
    Mendengar suara decitan pada motor matic? Ini artinya kampas Sentrifugal sudah tipis. Tanda yang lainnya yaitu mesin sudah teriak tapi kecepatan skutik tidak terlalu tinggi. Solusinya yaitu anda harus mengganti.
  • Tanda Kerusakan Clutch Housing
    Ketika mangkuk kopling terasa bermasalah maka gejala yang timbul pada saat motor dijalankan pada putaran bawah dan atas akan terasa jedug-jedug, ndut-ndutan, atau seakan tersendat.
  • Gejala Kerusakan Sliding Sheave CVT
    Secondary sliding sheave merupakan komponen CVT yang berhubungan dengan V-Belt. Ada kemungkinan komponen ini aus maupun tergerus akibat menopang putaran V-Belt secara terus-menerus. Jika ada kerusakan pada komponen Secondary sliding sheave ini, maka akan putaran menengah motor terasa tertahan sesaat dan kemudian baru normal kembali.
  • Fixed Sheave CVT
    Komponen Secondary Fixed Sheave biasanya aus atau rusak pada tiga lobang pin guidenya, ciri-cirinya adalah bila rusak adalah ketiga lubang tersebut melebar. Bila tidak segera diganti maka akan berpengaruh pada Komponen CVT Motor Matic lainnya.
  • Corong CVT Kekeringan dan Aus
    Motor Matic Anda Slip? Itu merupakan tanda kerusakan pada komponen corong CVT. Bila corong CVT rusak dan dibiarkan maka akan sedikit fatal, karena bila rusak atau aus ada kemungkinan grease atau gemuk akan bocor. Sehingga v-belt, kampas kopling dan lainnya menjadi slip.

Terdapat hal  yang sering dilupakan dan kebanyakan oleh para pengguna motor matic lalai. Dan hal ini dapat berakibat fatal terhadap komponen tersebut di atas yaitu masalah ketika melakukan pengereman dengan disertai tetap menarik gas. Kebiasaan ini akan memicu spare part yang berhubungan dengan semua yang ada di dalam rumah CVT.

Cara Merawat CVT motor matic dengan Baik
Cara Merawat CVT motor matic dengan Baik

Itulah beberapa faktor penyebab motor matic bergetar yang pada intinya adalah berasal dari bagian penggerak roda belakang karena ada salah satu atau lebih komponen yang sudah mengalami aus dan memasuki masa perawatan atau penggantian.

Baca Juga: Penyebab Motor Matic Tiba-tiba Mati sendiri

Sementara itu, seandainya Anda berkeinginam membersihkan CVT motor matic dari kotoran, sebetulnya anda tidak perlu membawanya ke bengkel. Namun dengan catatan, kunci-kunci mesti lengkap apabila ingin bongkar sendiri. Berikut ini adalah beberapa Cara Merawat CVT Motor Matic dengan Baik:

  1. Sediakan kunci T 8 dan T 10, bila bautnya masih orisinil pabrik. Langkah pertama, copot seluruh baut yang merekat pada petunjuk kuning berikut.
  2. Untuk membuka komponen atas CVT yang menjadi cover saringan, seperti petunjuk merah perlu menggunakan kunci 10, sebab memang hanya baut itu saja yang berbeda, keseluruhan baut CVT Yamaha Nouvo ukuran 8.
  3. Setelah itu, buka cover atas CVT dengan menariknya ke belakang, karena untuk memisahkannya dengan karet saringan, memang agak keras.
  4. Tinggal buka rumah CVT, hati-hati jangan sampai packingnya sobek. Untuk motor yang tidak lama tidak diservis, umumnya packing yang melekat pada mesin jadi rapuh dan mudah hancur.
  5. Kalau telah dibuka, tinggal ambil kuas kering dan cukup dipoles dengan kua s pada komponen yang mau dibersihkan.
  6. Jika ingin tahu situasi kampas ganda masih bagus atau tidak, atau malah berkeinginan sekaligus dibersihkan. Siapkan kunci ring 22, atau dengan mata 22 obeng ketok.

Terimakasih, Itulah Cara Merawat CVT Motor Matic dengan Baik. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*