4 Cara Ampuh Merawat Busi Kendaraan Agar Tetap Awet

4 Cara Ampuh Merawat Busi Kendaraan Ala Otosemi

Halo Sahabat otosemi masih bertemu dengan saya lagi, tentu saja di Dunia Otomotif dan juga informasi-informasi mengenai Dunia Otomotif. Nah untuk kesempatan kali ini saya ingin mencoba membahas mengenai cara merawat Busi kendaraan yang benar dan juga ampuh agar Busi tetap awet senantiasa hingga tahan lama. Pada dasarnya Busi merupakan Komponen paling penting dari setiap kendaraan baik itu Mobil dan Juga motor, karena Busi sendiri mempunyai Fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pengapian dan komponen utama yang bisa membuat mesin kendaraan menjadi menyala dan bekerja dengan baik sesuai dengan prosedurnya. Nah sahabat otosemi, kita sering kali melihat penggunaan Busi pada kendaraan motor maupun Mobil tanpa memperhatikan penggunaan dan juga perawatannya yang benar, untuk itu disini saya akan memberikan beberapa Tips kepada anda sebagai pengendara baik pengendara Motor dan mobil bagaimana cara untuk merawat Busi yang benar agar tetap aman dan juga awet tahan lama. Berikut penjelasannya akan saya berikan secara lengkap :

Tips merawat Busi kendaraan agar tetap awet tahan lama :

1. Hindari menggosok Kepala Busi Dengan amplaz

Yang pertama hal yang perlu kalian hindari jika ingin busi motor atau mobil kamu tetap terawat dengan baik maka alangkah lebih baiknya hindari menggosok atau membersihkan kepala Busi menggunakan amplas yang kasar. Hal ini bertujuan agar pengapian tidak teraganggu nantinya, bisa saja amplas yang kasar membuat Ujung busi yang berguna untuk pengapian menjadi tidak stabil dan juga membuat busi tidak maksimal dalam Kinerjanya sendiri, selain membuat pengapian pada kendaraan menjadi Tidak lancar juga bisa menyebabkan terkikisnya bagian ujung busi yang mempunyai peran penting.

2. Tidak terlalu lama merendam Busi pada Bensin dan Minyak tanah

Yang kedua yaitu anda sebagai seorang teknisi Motor mungkin perlu salah satu tips satu ini yaitu jangan terlalu lama merendam busi atau peralatan lainnya di dalam bensin dan juga Minyak tanah dalam waktu yang cukup lama. Memang benar penggunaan minyak tanah dan bensin dapat membersihkan busi maupun peralatan dari lainnya dari kotoran yang sudah lama menempel pada bagian komponen penting ini, dengan merendamnya kotoran tersebut akan hilang dengan sendirinya, Tapi sebenarnya merendam busi dan juga peralatan lainnya di dalam bensin bisa menyebabkan komponen tersebut menjadi lebih Kotor karena pada bensin sendiri terdapat Zat adiktif yang susah hilang pada saat menempel dengan logam maupun besi itu sendiri.

3. Sikat kawat untuk membersihkan Busi dengan sabar

Yang ketiga ini tips paling sabar namun caranya yang benar, dengan menggunakan sikat biasa anda bisa menyikat pada bagian kawat Busi. Yang mana dengan menggunakan sikat kawat ini busi tidak akan kehilangan Kinerjanya untuk pengapian. Nah silahkan kalian bisa menggunakannya secara sabar untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Cek pengapian

Kemudian yang keempat yaitu dengan mengecek pengapian Busi yang sudah kalian bersihkan. Cara mengeceknya sangat mudah, kalian tes terlebih dahulu kalau api yang dihasilkan berwarna Biru maka proses pembersihan sudah selesai dan busi siap untuk digunakan kembali.

Bagaimana sahabat otosemi sudah paham dengan cara atau tips membersihkan dan merawat busi dengan baik ? jika sudah selamat mencoba dan semoga berhasil sahabat otosemi. Jangan lupa untuk share artikel ini jika artikel ini bermanfaat untuk kalian semua yah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*