Cara Mengemudi di Saat Musim Hujan

mengemudi di musim hujan

OTOSEMI.com- Cara Mengemudi yang Benar. Beberapa waktu ini di belahan wilayah Indonesia mengalami musim hujan yang silih berganti, masalah ini memang sangat menggangu para pengemudi khususnya  kendaraan roda dua atau roda empat. Di karenakan tingkat pandangan ke depan jalan mengalami gangguan tidak seperti saat musim kemarau yang jarak pandangan pun bisa jelas ke depan. Atau di saat malam hari dengan penerangan lampu kendaraan, sehingga anda perlu waspada saat mengendarai kendaraan di musim hujan ini.

Musim hujan ini mengakibatkan pandangan anda ke depan terganggu selain itu jalanan licin, tingkat kecelakaan pun lebih besar jika tidak berhati-hati saat mengemudi. Oleh karena itu hal ini kerap menghantui para pengguna jalan yang melintas. Mengemudi cerdas pun perlu di praktekkan agar pengemudi setidaknya terhindar dari bahaya kecelakaan ataupun hal lainnya yang dapat merugikan tentunya.

Di Indonesia ini sendiri musim penghujan ini banyak mengakibatkan bencana alam seperti tanah longsor ataupun banjir saat selokan terjadi penyumbatan. Selain itu pula dapat juga mengganggu pemukiman yang berada di dataran rendah yang bisa besar kemungkinan rumah yang mereka huni tersebut terkena banjir, sehingga jadinya mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Hal ini sangat di takuti oleh masyarakat pada umumnya, terutama pada pengendara kendaraan bermotor. Apalagi di saat penghujan ini terdapat jalanan yang berlubang pastinya, banyak pengendara yang terjebak atau bahkan melewatinya tidak sengaja sehingga kadang kendaraan mereka jadi mengalami kerusakan. Jalanan yang berlubang ini patut juga di waspadai hal ini juga salah satu penyebab pencetus kecelakaan lalu lintas.

Baca juga : Cara Mengatasi Mesin Overheat.

Mengemudi Cerdas di Musim Hujan

Kesadaran akan hal berkendara yang baik di jalanan saat penghujan ini perlu di lakukan, serta kemampuan berkendara pun juga perlu di latih jangan mengebut di jalanan saat penghujan datang, hal ini bisa mengakibatkan terselip bahkan kecelakaan di jalan. Berikut ini cara sederhana berkendara yang benar sesuai prosedur keselamatan agar selamat sampai tujuan. Di bawah ini ada beberapa cara yang perlu anda perhatikan :

  1. Pengemudi di wajibkan berkendara dengan santai sehingga jika terjadi pengereman mendadak kendaraan lain di depan itu bisa langsung merespon. Hal ini selain mudah di lakukan juga perlu tingkat kesadaraan berkendara yang baik pula. Jangan penuh emosional saat melintasi jalanan yang licin karena musim hujan. Dan perlu di perhatikan lagi saat melintasi jalanan yang menikung bahkan berbelok tajam ini di usahakan kurangi kecepatan anda sehingga terhindar dari selip.
  2. Saat melintasi jalanan usahakan anda berada dalam posisi di tengah jalan atau lebih agak jauh dari sisi samping jalan. Karena pada umumnya saat hujan tiba air tergenang lebih banyak di sisi samping jalan yang dapat mempengaruhi saat berkendara pastinya. Namun tetap di jalanan sesuai aturan saja.
  3. Jaga kondisi kendaraan anda pada jarak yang sesuai antara pengguna jalanan di depan anda. Hal ini yang selalu di abaikan oleh beberapa pengguna jalan. Padahal hal ini di peruntukan agar tingkat keselamatan anda di jalanan itu tinggi. Pada kebanyakan pula pencetus kecelakaan beruntun di saat kendaraan di depannya mengerem mendadak atau mancet.
  4. Dilarang menggunakan fitur cruise control di saat musim penghujan, yakni sebuah fitur canggih dari beberapa varian mobil baru, yang di gunakan untuk mempercepat atau memperlambat kendaraan namun tetap dalam kondisi kecepatan yang telah di setting. Jika melaju dengan cepat namun fitur tersebut di set pelan pasti akan mengalami pengereman secara berkala, hal ini juga dapat mempengaruhi tingkat keseimbangan roda tidak stabil sampai sesuai kecepatan yang telah di set.
  5. Wajib di lakukan oleh pengguna jalan yakni menyalakan lampu utama, agar penglihatan ke depan lebih sedikit terbantu. Saat cuaca kabut juga sebaiknya menyalakan lampu kabut jika di mungkinkan, gunakan juga lampu hazard di saat mobil mengalami gangguan mendadak sehingga pengguna jalanan bisa menghindari mobil tersebut.

Cara di atas memang sangat mudah di praktekkan dan menjamin keselamatan anda saat berkendara di jalanan saat musim penghujan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*