Cara Memilih Spion Sepeda Motor Dengan Tepat

Tips Membeli Spion Motor Yang Baik

OTOSEMI.com- Cara Membeli Spion Motor Berkualitas. Bagi kesebagian pemilik kendaraan sepeda motor tentunya sudah jelas sekali mengetahui fungsi spion sepeda motor bagi keselamatan diri di saat mengendarainya ketika ingin berbelok atau menyalip kendaraan lain di depannya, terkadang masih banyak yang menengok terlebih dahulu ke kaca spion. Tujuannya untuk mengetahui kondisi kendaraan di belakangnya.

Bahkan kali ini kepolisian pun juga telah menerapkan peraturan yang harus di taati oleh semua pengendara di jalan, yang mana mewajibkan memasang kedua spion kendaraan agar pandangan kita tidak hanya terfokus pada satu pandangan kaca spion saja. Adapun peraturan itu sudah berlaku pada UU no.22 tahun 2009, mengenai anjuran memasang kedua spion. Apabila di jalan kedapatan pengendara tidak memasang spion, maka di beri sanksi denda sebesar Rp 250.000,- .

Meskipun peraturan sudah tertera jelas dalam UU no.22 tahun 2009, pada kenyataan pun masih ada beberapa pengendara yang enggan sekali memasang kedua spion motor dengan berbagai alasan yang terlontarkan. Seperti tampilan sepeda motor kurang menarik dengan spion standart, apalagi anak racing yang suka kebut-kebutan biasanya malah sama sekali tidak memasang kedua spion sepeda motor, bahkan lebih tidak nyamannya malah memilih spion modifikasi atau yang di kenal dengan spion costum yang memiliki ukuran kaca spion yang kecil serta tangkai spion yang pendek.

Penggunaan spion costum memang menurut saya bisa memberikan nuansa keren pada sepeda motor kita, sebab memiliki style yang bagus layaknya spion sepeda motor sport. Namun pemakaian yang tidak tepat pada model motor, justru akan lebih menyulitkan pada saat ingin mengetahui kondisi kendaraan di belakang. Maka alangkah baiknya gunakan spion motor standart yang sudah sesuai aturan yang berlaku.

Cara Memilih Spion Motor Berkualitas

Setelah berbincang-bincang tentang spion sepeda motor, kali ini mas Semi akan memberikan sedikit tips cara memilih atau membeli spion motor berkualitas dan tentunya tepat untuk kendaraan pribadi anda. Berikut cara mudah membeli spion kendaraan :

  1. Cara paling aman dan mudah ialah memilih spion kendaraan sesuai dengan keinginan anda baik itu spion standart ataupun spion costum. Namun dengan catatan harus sesuai aturan yang telah berlaku. 
  2. Memilih model kaca spion yang berdimensi cembung, tujuannya agar saat melihat kondisi belakang menjadi lebih jelas. Hal ini jauh lebih baik di bandingkan model kaca spion kontur cekung.
  3. Hindari memilih spion kendaraan yang memiliki tangkai terlalu keluar, sebab berbahaya sekali jika anda sedang berpapasang dengan pengendara lain.
  4. Hindari menaruh helm pada spion sebab beban berat itu tidak terlalu bisa di topang oleh tangkai spion. Dan bisa membuat spion patah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*