Cara Jitu Mengatasi Mobil yang Tidak Bisa Distarter

Cara mengatasi mobil yang tidak bisa distarter
Cara mengatasi mobil yang tidak bisa distarter

Cara mengatasi mobil yang tidak bisa distarter sangat penting untuk diketahui sebagai antisipasi jika suatu saat mobil Anda mogok. Tentu merepotkan bukan? Apalagi jika Anda sedang terburu-buru.

Untuk mobil manual, cara menghidupkan mobil manual yang mogok bisa dengan cara didorong. Berikut langkah-langkah menghidupkan mobil manual dengan cara mendorong:

  1. Siapkan bantuan tim pendorong, supaya ringan minimal 2 orang. Bisa sih 1 orang kalau kekuatannya setara Master Limbad :-)
  2. Posisi kunci kontak ON.
  3. Tekan kopling, masukkan gigi (persneling) 1.
  4. Dorong mobil sekuat mungkin hingga sudah dalam kecepatan yang cukup langsung angkat kopling.
Cara mengatasi mobil yang tidak bisa distarter
Cara mengatasi mobil yang tidak bisa distarter

Mungkin cara di atas sudah umum diketahui orang. Namun ada sedikit tips tambahan dari Mas Wahid, bahwa setelah tekan kopling jangan masuk gigi 1 tetapi masuk gigi 3 atau 4. Hal ini akan memperingan daya dorong yang diperlukan. Untuk lebih lengkapnya bisa disimak pada video di bawah:

Cara Menghidupkan Mobil Mogok Tanpa Mendorong

Selain dengan cara mendorong, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan dongkark dan tali. Seperti informasi yang kami kutip dari Internet, cara menghidupkan mobil yang mati tanpa mendorong adalah dengan mengangkat mobil menggunakan dongkrak.

  • Naikkan mobil dengan dongkrak sampai ban tidak menyentuh jalan dan dapat diputar.
  • Selanjutnya ON-kan kunci kontal mobil.
  • Masukkan transmisi ke gigi satu.
  • Ambil tali secukupnya, kemudian lilitkan tali mengelilingi ban.
  • Setelah itu tarik tali kuat-kuat agar mesin hidup.

Jadi cara mendorong tadi digantikan dengan memutar ban menggunakan tali sehingga Anda tidak memerlukan banyak bantuan. Cara ini mungkin pernah Anda lihat pada saat menghidupkan genset-genset model lama yang menggunakan solar. Perhatikan gambar yang kami kutip dari www.tribunnews.com/otomotif/2016/10/07/ini-cara-efektif-hidupkan-mobil-mogok-tanpa-perlu-dorong ini:

 

cara menghidupkan mobil yang mogok tanpa mendorong

 

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Untuk mengatasi suatu masalah sebaiknya kita mengetahui penyebabnya. Oleh karena itu maka kita juga perlu mengetahui penyebab mobil tidak bisa distarter. Memang umumnya mobil mogok terjadi pada pagi hari setelah mesin lama dingin. Oleh sebab itu sangat jarang ada yang mencari penyebab mobil tidak bisa distarter saat mesin panas.

1 – Permasalahan Pada Busi

Busi yang kotor atau jika celahnya terlalu longgar maka akan membuat sistem perapian bermasalah. Ini dapat menjadi penyebab mengapa mobil tidak bisa distarter. Untuk itu, coba cek rutin busi mobil Anda.

2 – Aki Rusak atau Tegangannya Kurang

Uumnya ini menjadi penyebab utama mengapa mobil gagal distarter. Bisa saja aki rusak, soak, atau memang tegangannya kurang. Untuk memeriksanya Anda bisa memperhatikan indikator aki terlebih dahulu. Untuk pemeriksaan lebih lanjut maka Anda harus membuka kap mobil. Cari posisi aki (baterai), selanjutnya ukur tegangannya menggunakan AVO meter. Aki yang normal tegangannya berada pada kisaran 12,5 volt sampai 12,8 volt.

Cara paling jitu dan ampuh untuk mencegah mobil tidak bisa distarter sebenarnya dengan servis secara rutin atau berkala sesuai petunjuk. Apalagi jika mobil anda mobil bekas, dengan servis rutin maka potensi maasalah sudah bisa dideteksi secara dini oleh para mekanik. Tapi Anda jangan “bandel” jika memang sudah disarankan ganti busi atau aki maka sebaiknya ikuti saja untuk mencegah mobil mogok pada saat yang tidak diinginkan :-) Itulah sedikit tips dan trik yang dapat kami rangkum dan bagikan kali ini. (/dp)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*