Cara Alternatif Lumasi Rantai Motor Dengan Minyak Goreng

minyak goreng jadi alternatif pelumas rantai motor

Penggunaan Minyak Goreng Sebagai Pelumas Rantai Motor- Perawatan kendaraan bermotor roda dua memang perlu sekali di lakukan oleh pemilik sepeda motor itu sendiri, sebab dengan cara merawat motor dengan baik pastinya kondisi motor akan selalu tampil prima saat di pergunakan sebagai kendaraan pribadi. Bahkan bisa mengakibatkan sepeda motor anda tidak mudah rusak dan lain sebagainya. Komponen yang berada pada satu unit sepeda motor itu memang banyak sekali baik itu di bagian luar hingga menuju ke dalam mesin atau secara keseluruhan. Sementara itu komponen sekecil apapun itu juga perlu perawatan khusus, sebut saja rantai sepeda motor.

Cara merawat rantai motor cukup mudah sekali, fungsinya pun juga penting bagi kendaraan yakni sebagai penyalur tenaga penggerak dari mesin ke roda belakang, dengan begitu sepeda motor bisa melaju dengan baik. Sedangkan untuk metode perawatannya hanya memerlukan pelumas, pelumas rantai bisa membuat rantai terhindar dari karatan serta tidak mudah kering, akan tetapi harus secara berkala melumasinya.

Apabila rantai sepeda motor tidak di rawat dengan baik bisa berakibat rantai menjadi kering dan akan timbul suara bising, kebanyakan problem ini terjadi pada kendaraan roda dua selain motor non skutik di antaranya motor sport dan motor bebek. Lebih parahnya lagi akan membuat daya tahan rantai menjadi rendah serta bisa berujung pada putusnya rantai motor biasanya ini di dukung oleh karatan dan rantai kering yang berlebihan.

Selain itu juga akan berdampak pada komponen sepeda motor lainnya termasuk gear yang bisa cepat aus karena efek perawatan rantai tidak benar. Namun kondisi parah ini juga akan memakan biaya lebih yang di keluarkan oleh pengguna motor itu sendiri, yang mana ujung-ujungnya mau tidak mau membeli satu unit set rantai motor beserta gear depan dan belakang agar fungsi penyalur tenaga ini bisa tetap dalam kondisi baik.

Maka sebaiknya melumasi rantai motor secara berkala itu saja kunci untuk menghindari rantai sepeda motor yang kering. Selanjutnya jika anda tidak mau mengeluarkan biaya untuk membeli pelumas rantai khusus, ternyata ada cara alternatif yang bisa anda pakai yakni dengan minyak goreng. Dengan catatan gunakan pelumas minyak goreng yang masih kondisi baru, jadi bukan yang habis digunakan untuk penggorengan yang bisa di kenal dengan minyak jelantah.

Namun pada kenyataan masih banyak sekali pemilik sepeda motor dalam keadaan urgent, lebih memakai oli bekas mesin. Hal ini justru tidak di anjurkan sekali, alasannya tak lain karena oli bekas mesin ini mengandung banyak kotoran. Dan dalam kondisi ini anda malah membuat rantai motor menjadi semakin kotor. Di masyarakat luas pun mengenal minyak goreng dengan nama lain minyak sayur. Baca juga Cara Memilih Velg Bekas Berkualitas Hebat.

Sebagai informasi, ini hanyalah cara alternatif menggunakan minyak goreng sebagai pelumas rantai sepeda motor bukan salah satu jalan utama melumasi rantai kendaraan roda dua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*