Buset, Ban Kendaraan Diisi Nitrogen, Apa Sih Untungnya?

Ban Kendaraan Diisi Nitrogen- Siapa sih yang tak kenal salah satu komponen utama kendaraan yang terbuat dari karet bundar yang biasanya selalu di pakai oleh velg, ya benar komponen ini bernama ban. Ban merupakan komponen penting suatu kendaraan bisa melaju di segala medan jalan yang ada. Ketahuilah bahwa ban juga membutuhkan udara agar dapat di gunakan sempurna oleh kendaraan baik itu mobil, motor, dan sepeda kayuh pada umumnya.

Jika anda bertanya udara jenis apa yang baik untuk peforma ban, maka jawaban yang tepat yaitu ban berisi tekanan udara jenis nitrogen. Walau kebanyakan masyarakat luas masih umum sekali pakai udara jenis oksigen atau udara biasa. Sebenarnya sama saja pakai ban nitrogen atau ban udara tingkat kesamaan ini pada ban bisa di gunakan semestinya. Namun jika masalah keuntungan tentunya lebih untung pakai ban berisi nitrogen.

Karena nitrogen (N2) dan oksigen (O2) ini memiliki molekul yang berbeda pula dan udara jenis nitrogenlah yang punya molekul lebih besar di bandingkan udara oksigen. Maka hal ini juga bisa mempengaruhi daya peforma si ban kendaraan. Terutama di bagian ketahanan tekanan ban dan cepat lambatnya suhu panas pada ban.

Perlu anda ketahui di samping pengisian nitrogen pada ban cukup relatif mahal di banding dengan oksigen. Namun itu menjadi bahan pertimbangan untuk anda sebab molekul lebih besar akan memberikan dampak potensi ban bocor lebih rendah di bandingkan dengan pengisian tekanan ban pakai oksigen, selain itu juga tingkat suhu panas pada jenis ban nitrogen ini relatif lama berbeda dengan ban oksigen yang cepat sekali panas.

Temperatur ban serta tekanan ban yang stabil bagi ban nitrogen ini bermanfaat sekali bagi kendaraan di samping bisa jarang mengisi ulang. Selain itu kinerja ban nitrogen lebih optimal atau lebih bagus lagi daripada ban oksigen. Lebih utamanya ialah tak lain untuk mengurangi kecelakaan di jalan akibat dari ban pecah atau di kenal sebagai overpressure.

Pertanyaan yang sering di utarakan dari para penggemar media berita otomotif via otosemi ini ialah : Bagaimana jika tekanan ban ini ada campuran dari oksigen dan nitrogen? Jawabannya singkat saja yaitu tentunya fungsi ban nitrogen akan berkurang sehingga tidak seperti ban nitrogen yang asli full 100% berisi nitrogen.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*