BMW Patenkan Sasis Motor Berserat Karbon

BMW Kini Kembangkan Model Sasis Motor Berserat Karbon- Perkembangan inovasi dunia otomotif tidak akan pernah menemuhi titik hentinya, sebab selalu ada saja yang di kembangkan baik itu komponen, mesin, dan lain sebagainya. Salah satunya mengenai desain kerangka sepeda motor yang menggunakan bahan khusus yakni berupa serat karbon, inovasi menarik saat ini sedang dikembangkan oleh pabrikan sepeda motor asal Jerman yakni BMW Motorrad. Dan rumornya mereka bakal segera daftarkan paten produk terbarunya tersebut.

Diketahui inovasi terhadap produk sasis motor yang terbuat dari serat karbon ini bakal digunakan oleh motor dengan produksi masal. Sehingga bukan tidak mungkin motor masa depan bakal memakai sasis serat karbon. Selain itu pula jika hal ini sukses pastinya akan menambah sejarah baru bagi roda dua di dunia yang mana ada motor produksi masal yang berbasis serat karbon. Mengingat bahan serat karbon ini merupakan salah satu material yang kuat, serta ketahanan dari kekuatan tersebut lebih dari baja tapi memiliki bobot yang ringan.

Bahkan desain motor dengan menggunakan kerangka yang terbuat dari serat karbon ini bakal digunakan untuk yang pertama kalinya di usung oleh motor sport BMW S1000 RR pada generasi terbarunya nanti. Selanjutnya pihak BMW Motorrad juga mempunyai rencana untuk menyiapkan desain dengan tipe teralis frame dibuatnya secara umum. Tak heran jika motor keluaran BMW Motorrad mendatang yang memakai sasis berserat karbon akan lebih memiliki bobot yang ringan tanpa harus merevisi bentuk desain yang sebenarnya. Tercatat juga bobot kendaraan dari serat kabon akan lebih ringan sebesar 40% dari yang bermaterial logam.

BMW Motorrad sendiri memang sudah memiliki sejarah yang cukup panjang mengenai perkembangan di dunia otomotif karena telah mampu menjadi pionir akan hal teknologi roda dua, seperti contoh teknologi sistem pengereman yakni ABS yang juga kini telah sekian banyak sekali digunakan pada motor-motor terbaru produksi masal. Ada yang unik dari proses pengenalan teknologi terbaru buatan BMW Motorrad yang selalu memulai awalnya di sematkan pada varian termahalnya.

Tak di segmentasi roda dua saja sosok BMW Motorrad kembangkan sayapnya, kendati mereka juga pernah memiliki sebuah pengalaman khusus dalam membuat kerangka mobil BMW i3 dan BMW i8 yang pada dasarnya telah menggunakan frame berserat karbon. Alhasil kedua mobil buatan BMW tersebut cukup banyak mendapatkan apresiasi terbaik dari konsumen sebab selama ini belum ada ditemukan suatu kendala yang berarti pada mobil itu.

Dengan kesuksesan yang raihnya itu membuat BMW Motorrad juga yakin bahwa produksi motor berbasis serat karbon juga bakal sukses masuk pasar mendatang. Namun ternyata ada satu kendala yang kini dialami oleh BMW Motorrad yang mana harga material serat karbon cukup mahal, tapi mereka berharap bisa segera turun karena skala ekonomi saat ini semakin besar.

Sebagain informasi tambahan, sebenarnya penggunaan motor yang terbuat dari serat karbon sudah di aplikasikan pada motor balap dunia yakni MotoGP, sementara itu nantinya bukan tidak mungkin motor pasaran juga memakai rangka dari serat karbon yang diklaim lebih ringan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*