Binter Merzy Jadi Motor Klasik Ala Sepeda Ontel Unik

binter-merzy-sang-motor-klasik-sepeda-onthel

Inilah Binter Merzy Ciri Khas Model Motor Klasik Era Modern- Bagi pecinta modifikasi motor, mesin merupakan jantung kendaraan yang paling utama diperhatikan. Hal ini terkait performa sepeda motor agar lebih memumpuni sesuai harapan. Kebanyakan para modifikator menggunakan mesin Honda Tiger dan Yamaha Scorpio, sebagai basis tenaga untuk sesosok motor kustom. Namun tidak untuk seorang builder asal Bali dari bengkel Kedux Garage bernama Gung Bayu, beliau malah menyematkan mesin lawas dari sang motor Kawasaki KZ200 Binter Merzy.

Alhasil, motor garapan Gung Bayu yang tampil di ajang Kustomfest 2016 beda dari lainnya. Ke unikan tersendiri begitu melekat pada motor kustom tersebut. Proses pengerjaan motor kustom bermesin Binter Merzy keluaran 1986 dari Kawasaki KZ200 ini tak lain hasil handmade. Mulai dari rangka, suspensi, dan kaki-kakinya. Meski begitu tetap ada perombakan yang serius di seluruh sektor motor, agar terlihat lebih klasik bernuansa modern.

Tahap Perancangan Motor Kustom Binter Merzy

Binter Merzy ini dibangun mulai dari nol dimulai pada tahap pertama yaitu merancang sasis. Secara visual model sasis motor kustom buatan Gung Bayu ini mengadopsi konsep motor klasik yang lebih mengedepankan rangka rigid. Selanjutnya untuk suspensi depan mengandalkan konsep springer sebagai salah satu peredam kejut. Peletakan suspensinya juga tepat dibelakang lampu utama. Kemudian pada suspensi belakang dibuat lebih menarik yakni tanpa dudukan sok, ini artinya suspensi dibuat mati. Jika diperhatikan secara detail motor kustom ini terlihat mencolok sekali ciri khas motor klasik bernuansa sepeda onthel masa kini.

Setelah urusan rangka dirasa sudah selesai, maka selanjutnya beralih membenamkan mesin Binter Merzy yang sudah mendapatkan ubahan. Menariknya pada sistem transmisi juga dikustom sedemikian rupa dibagian tuas persneling yang dibuat layaknya mobil yaitu diletakkan disebelah kiri. Sehingga lebih memudahkan pengendara dalam memindahkan gigi transmisi, tidak menekan dengan kaki melainkan hanya cukup menggeser memakai tangan. Lebih uniknya lagi pada sistem transmisi telah dirombak menggunakan rotary gear, agar tak perlu memakai tuas kopling.

Melirik dibagian handlebar nampak terlihat bersih tanpa adanya tuas rem maupun kopling yang menempel. Grip motor dirancang lebih senada dengan material pipa setang. Motor kustom bermesin Binter Merzy ini juga menegaskan kesan klasik jok yakni hanya sadel saja layaknya sepeda onthel.

Tak hanya disitu saja kesan klasik motor kustom buatan Gung Bayu. Pada tangki dirombak lebih ramping serta lengkap dibalut seni pinstrip yang bertuliskan jati diri bengkel Kedux Garage. Kaki-kaki motor mengadopsi pelek TK ukuran 18 inchi dibagian depan, sedangkan 21 inchi pada bagian belakang.

Dengan demikian motor kustom Binter Merzy ala Sepeda Onthel hasil karya handmade bengkel Kedux Garage ini langsung menyabet dua gelar sekaligus, yaitu pilihan terbaik piperburn dan FFA nitrohead. Menarik sekali bukan?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*