Ini Lho Biaya Pembuatan SIM, STNK, dan BPKB Yang Anda Cari !

Inilah Biaya Pembuatan SIM STNK dan BPKB Yang Anda Cari

Biaya Pembuatan SIM, STNK dan BPKB –¬†Bagi anda yang taat akan peraturan pemerintah mengenai pajak kendaraan bermotor. Pasti akan bertanya tentang berapa biaya pembuatan SIM, STNK dan BPKB ini.

Tentu sudah diketahui sejak dulu bahwa pemerintah mewajibkan warganya untuk memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi).

Yang bertujuan sebagai bukti bahwa mereka sudah layak untuk mengendarai kendaraan roda dua ataupun roda empat. Selain itu, pemerintah juga mewajibkan agar setiap kendaraan dilengkapi dengan STNK dan BPKB yang bertujuan sebagai bukti kepemilikan yang sah.

Biaya pembuatan SIM, STNK dan BPKB tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016. Yang mana Peraturan Pemerintah tersebut menggantikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2010 yang berisi mengenai Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

PP ini telah disahkan pada tanggal 6 Desember 2016 lalu dan akan diberlakukan pada tanggal 6 Januari 2017.

Namun sayangnya, pemerintah akan menaikkan biaya pengurusan STNK dan BPKB ini hingga mencapai 300%. Untuk biaya pembuatan SIM justru mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Untuk biaya pembuatan SIM, STNK, dan BPKB ini nantinya di setiap daerah di Indonesia akan sama. Semua ini dilakukan tentunya untuk menjaga transparansi serta mencegah terjadinya pungli (pungutan liar).

Pemerintah Indonesia juga melakukan inovasi baru yakni dengan menghadirkan pembuatan SIM C secara online. Sehingga tindakan pungli dan tembak menembak pembuatan SIM dapat dicegah.

Pemerintah Indonesia yang berada dibawah komando Presiden Joko Widodo telah berusaha melakukan berbagai perubahan birokasi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada warganya dalam mengurus SIM, STNK, dan BPKB.

Meskipun biayanya mengalami peningkatan hingga tiga kali lipatnya, namun itu akan sebanding dengan uang yang kita keluarkan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biaya pembuatan SIM, STNK dan BPKB, mari kita simak ulasan sebagai berikut.

1. Biaya Pengujian untuk Penerbitan SIM Baru.

Untuk anda yang ingin membuat SIM wajib melaksanakan pengujian terlebih dahulu. Biayanya pun tidak terlalu mahal. Untuk SIM A, SIM B1, dan SIM B2 dikenai biaya sebesar Rp 120 ribu.

Sedangkan untuk SIM C, SIM C1, dan SIM C2 dikenai biaya sebesar Rp 100 ribu.

Ada 3 kategori yang berbeda dalam pengujian untuk penerbitan SIM baru yakni disesuaikan berdasarkan kapasitas mesin kendaraan. Yang mana untuk SIM C ini digunakan untuk kapasitas mesin 250cc kebawah, dan SIM C1 untuk motor berkapasitas mesin 250cc-500cc.

Sedangkan SIM C2 digunakan untuk motor berkapasitas mesin 500cc keatas atau bisa dibilang sekelas Moge.

2. Biaya Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Seperti yang sudah diketahui bahwa biaya penerbitan SIM di tahun 2017 mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Yang mana untuk biaya penerbitan SIM A, SIM B1, dan SIM B2 mengalami penurunan menjadi Rp 80 ribu yang sebelumnya Rp 120 ribu. Untuk SIM C biayanya turun menjadi Rp 75 ribu yang sebelumnya Rp 100 ribu.

Begitu juga dengan SIM D biayanya turun menjadi Rp 30 ribu yang sebelumnya Rp 50 ribu. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) tersebut.

3. Biaya Penerbitan Surat Keterangan Uji Ketrampilan Pengemudi (SKUKP).

Penerbitan SKUKP ini merupakan tanda bukti bahwa seseorang telah lulus uji reaksi, antisipasi, sikap mengemudi serta konsentrasi dengan mengikuti ujian ketrampilan melalui simulator.

Sedangkan penerbitan SKUKP dikenai biaya sebesar Rp 100 ribu.

4. Biaya Pembuatan STNK dan BPKB Kendaraan Roda Dua.

Untuk biaya pembuatan STNK kendaraan roda dua mengalami kenaikan mencapai 100%, yang sebelumnya Rp 50 ribu sekarang menjadi Rp 100 ribu.

Sedangkan kendaraan roda empat mengalami kenaikan mencapai 300%, yang sebelumnya Rp 50 ribu sekarang menjadi Rp 200 ribu.

Pembuatan STNK baru dan perpanjangan STNK (5 tahunan) akan dikenakan biaya sebesar Rp 100 ribu serta dengan biaya pengesahan pertahun sebesar Rp 25 ribu.

Sedangkan untuk biaya penggantian plat nomor 5 tahun akan dikenakan biaya sebesar Rp 60 ribu dan STCK sebesar Rp 25 ribu.

Untuk biaya pembuatan BPKB baru ataupun penggantian BPKB (balik nama) akan dikenai biaya sebesar Rp 225 ribu dengan biaya mutasi sebesar Rp 175 ribu.

5. Biaya Pembuatan STNK dan BPKB Kendaraan Roda Empat.

Biaya pembuatan STNK dan BPKB kendaraan roda empat ini mengalami kenaikan. Untuk membuat STNK baru ataupun STNK perpanjangan 5 tahun akan dikenakan biaya sebesar Rp 200 ribu serta dengan biaya pengesahan sebesar Rp 50 ribu.

Sedangkan untuk penggantian plat nomor 5 tahun akan dikenakan biaya sebesar Rp 100 ribu dan biaya STCK sebesar Rp 50 ribu.

Untuk biaya pembuatan BPKB baru ataupun BPKB (balik nama) akan dikenakan biaya sebesar Rp 375 ribu dan biaya mutasi sebesari Rp 250 ribu.

Demikian penjelasan mengenai biaya pembuatan SIM, STNK, dan BPKB sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang baru dan mulai akan berlaku pada 6 Januari 2017.

Peraturan Pemerintah ini akan terus berlaku hingga Pemerintah Indonesia menerbitkan PP yang baru. Semoga dengan adanya peraturan ini tidak ada lagi motor yang tidak memiliki STNK ataupun BPKB yang lengkap.

Mari kita patuhi peraturan dan menjalani kewajiban kita sebagai warga negara yang patuh akan hukum. Sekian dan semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*