Biar Makin Nyaman, Mobil Wajib Pasang Ini!

Air suspension, komponen pelangkap yang bisa tingkatkan kenyamanan Anda

Air suspension

Siapa sih yang tak ingin berkendara dengan nyaman saat pergi ke kantor atau sekadar JJS alias jalan-jalan santai? Pastilah itu merupakan impian semua orang yang punya kendaraan, baik itu motor maupun mobil. Kali ini, kita akan membahas salah satu komponen mobil yang bisa membuat pengemudi dan para “penumpang” nya merasa nyaman saat bepergian, yaitu air suspension.

Sebelum membahas lebih dalam tentang air suspension, tak ada salahnya untuk mengetahui deskripsi singkat alat tersebut?Well, air suspension (disingkat airsus) atau suspensi udara merupakan pelengkap mobil yang fungsinya memiliki kesamaan dengan per konvensional biasa yakni untuk menahan guncangan kendaraan (mobil) saat dilajukan. Entah guncangan tersebut karena jalan yang rusak atau polisi tidur.

Sebenarnya, air suspension telah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 90-an. Pada era tersebut, air suspension yang berbentuk balon udara tersebut hanya digunakan di kalangan elite (untuk premium car saja) dan kalangan modifikator saja daripada di kalangan masyarakat umum. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini air suspension banyak ditemukan pada mobil tak kurang dari 40 persen total produksi.

Lantas, apa sih sebenarnya keunggulan yang dimiliki oleh air suspension sehingga wajib ada pada mobil kesayangan Anda? Yang pasti, fungsi utama air suspension adalah untuk menjaga kenyamanan pengendara saat melewai jalanan yang bergelombang atau tidak rata. Coba bandingkan, ada jenis mobil yang mulus-mulus saja berjalan di tempat bergelombang (dilengkapi dengan airsus), ada pula mobil yang membuat tubuh kita bergoyang dengan sendirinya saat melewati jalan yang bergelombang (tidak dilengkapi airsus).

Tak ada patokan pasti berapa harga yang harus diayar bagi para (katakan saja) pe-modif otomotif untuk mendapatkan barang satu ini. Pasalnya, harga air suspension bergulir mengikuti perubahan pergerakan kurs mata uang Amerika Serikat (USD). Jika dihitung-hitung dan disesuaikan dengan harga kurs sekarang yang hampir mencapai angka IDR 15 ribu, harganya bisa mencapai 29-36 juta untuk tipe standar.

Salah satu agen penjual barang kelengkapan mobil juga menjelaskan jika garansi untuk produk Universal Air cukup lama, yakni mencapai 2 tahun untuk bagian balon, sedangkan untuk bagian kompresor dan tabungnya setahun. Untuk air suspension dengan merk K-Sport dan Air Custom hanya akan diberi garansi selama satu tahun saja.

Berbicara soal perawatan, air suspension sebenarnya tak membutukan perawatan khusus atau yang super ribet, kata orang sekarang, dia mah simple aja. Hanya saja, yang perlu dirawat adalah tabung penampung air yang terdapat di bagian kompresor yakni dengan dibuang airnya paling tidak rutin seminggu sekali. Untuk karet balon dari air suspensionnya, baiknya diganti setelah 3 tahun pemasangan.

Bagi Anda yang tertarik untuk melengkapi mobil kesayangan dengan air suspension, segera rogoh kocek dan pergi ke distributor kepercayaan. Tapi, jangan lupa juga ya Sobat Oto untuk melakukan pengecekan secara rutin pada suspensi udara Anda! Salam Oto untuk para pecinta otomotif. Jangan lupa untuk baca ulasan lainnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*