Berburu Onderdil di pasar klithikan Pakuncen Jogja

ini dia pasar klithikan pakuncen jogja

OTOSEMI.com- Bagi yang pernah tinggal di Yogyakarta tentu tidak asing dengan pasar klithikan yang dahulu berada di area tugu sepanjang jalan Mangkubumi, alun alun kidul dan jalan asem gedhe. Sekarang pasar klithikan sudah direlokasi oleh pemerintah ke pasar Kuncen, Wirobrajan Yogyakarta supaya lebih tertata dan nyaman untuk berbelanja. Seperti pasar klithikan lainnya disini sebagian besar pedagang menjual barang barang bekas mulai dari barang elektronik sampai sparepart sepeda, motor dan mobil.

Namun tidak sedikit pedagang pindahan dari pasar klithikan Mangkubumi yang menjual barang baru. Satu hal yang paling mengasyikan saat mengunjungi pasar klithikan adalah seni tawar menawar, semakin pandai kita menawar kita akan mendapatkan barang yang kita inginkan dengan harga murah. Untuk anda yang ingin membeli onderdil atau suku cadang sepeda motor maupun mobil disinilah pusatnya. Kalau beruntung kita bisa mendapatkan barang berkualitas bagus dengan harga sangat murah.

Bagaimanapun kita harus tetap waspada saat berbelanja jangan sampai menyesal kemudian tiada guna. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berbelanja di pasar klithikan, pertama harga yang ditawarkan di pasar klithikan bukan harga pas jadi kita wajib menawar. Mulailah menawar dari 30 – 40 % dari harga yang ditawarkan. Selain itu kita harus jeli membedakan antara barang baru dan barang bekas.

Sebagai gambaran harga spion motor misalnya, spion standard harganya mulai dari Rp 15 rb – 40 rb, spion retro antara Rp 20 rb – 50 rb, spion jalu kisaran Rp 100 an dan spion lipat antara Rp 50 rb – 300 rb. Untuk harga helm dan asesoris motor atau mobil bisa lebih miring 30 – 40 % dari harga di toko.

klithikan
Saat berbelanja di pasar klithikan jangan malas bertanya dan tidak ada salahnya berinteraksi dengan penjual supaya kita mendapatkan informasi sebanyak banyaknya tentang barang yang kita inginkan. Dengan begitu bisa membandingkan harga dari penjual satu dengan yang lainnya.

Buatlah daftar belanja atau paling tidak kita sudah pikirkan barang apa yang ingin kita beli sebelum ke pasar klithikan. Hal ini untuk mencegah membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, hanya karena tergiur barang bagus harga murah terlanjur kita beli.

Terakhir mintalah tanda terima pembayaran setelah terjadinya jual beli supaya apabila terjadi hal yang tidak kita inginkan seperti barang cacat tanpa sepengetahuan kita bisa kita complain atau dikembalikan. Sering terjadi dengan tidak adanya tanda terima pembeli mengalami kerugian karena kelalaian tersebut.

Pasar klithikan memang banyak diminati oleh kalangan mahasiswa di Yogyakarta, walaupun tidak sedikit yang sengaja datang dari luar kota untuk kulakan onderdil untuk dijual lagi. Bagi yang datang ke Jogja rasanya tidak lengkap kalau belum singgah di pasar Pakuncen. Ikon kota Jogja yang satu ini bisa dijadikan peluang bisnis bagi yang jeli.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*