8 Prioritas Keselamatan di Jalan Yang Harus anda Ketahui Dan Anda pelajari

8 Prioritas Keselamatan di Jalan Raya Wajib di Lakukan

Dalam berkendara tentu saja kalian harus mempunyai skill dan juga pengalaman baik itu mengendarai sebuah Mobil maupun motor. Tentu saja seorang pengendara sudah mempunyai komitmen dalam berkendara yang mana bisa menjaga keselamatannya sendiri dan juga keselamatan orang lain. Menurut informasi dari NTMC Korlantas Polri ada beberapa prioritas keselamatan jalan yang harus anda pahami agar perjalanan anda aman dan nyaman hingga sampai Tujuan, sebagian para pengendara mungkin sudah cukup paham dengan hal ini, namun ada juga pengendara lain yang sama sekali belum paham dengan prioritas keselamatan yang diberikan oleh korlantas Polri. Berikut beberapa prioritas keselamatan yang harus dipegang saat dalam berkendara.

1. Gunakan sabuk pengaman

Hal pertama yang menjadi tips untuk keselamatan anda dalam berkendara yang menggunakan Mobil anda harus menggunakan sabuk pengaman. Sabuk pengaman ini bertujuan untuk menstabilkan duduk anda sehingga tidak kekanan dan kekiri, bukan hanya itu saja fungsi utama dari sabuk pengaman ini yaitu mencegah terjadinya benturan yang terjadi sewaktu-waktu jika anda mengalami kecelakaan atau goncangan karena jalan yang rusak ataupun pada saat anda melakukan pengereman secara mendadak. Setiap pengemudi diwajibkan untuk menggunakan sabuk pengaman baik itu pengemudi dan juga orang yang dibawanya.

2. Menggunakan kaca spion

Kemudian prioritas kedua yang harus kalian jalani dan patuhi yaitu pasanglah kendaraan kalian dengan menggunakan kaca spion yang lengkap tanpa menggunakan kaca spion modifikasi atau yang nyeleneh-nyeleneh, Gunakan yang standar dari bawaan kendaraan. Perhatikan juga bahwa tanpa menggunakan kaca spion anda sangat kesulitan untuk melihat ke belakang, karena fungsi kaca spion ini sendiri memberitahukan keadaan jalan dibelakang anda apakah sudah aman untuk berbelok atau belu, sehingga anda akan terhindar dari hal-hal yang berbahaya yang sama sekali tidak anda inginkan. Untuk itu gunakan kaca spion lengkap baik pada mobil anda dan juga pada Motor anda. Jangan memodifikasi motor kalau hanya akan merugikan anda kedepannya.

3. Lampu kendaraan harus lengkap

Kemudian yang ketiga yaitu mengenai lampu kendaraan, beberapa lampu kendaraan yang penting yaitu pada bagian lampu LED berguna untuk melihat jalanan dan kendaraan lain yang ada didepannya, dan juga memberikan pertanda ke pengendara lain bahwa anda kendaraan didepannya. Bukan hanya itu saja Fungsi lampu LED ini juga berperan penting pada saat cuaca yang berkabut sehingga terhindar dari yang namanya kecelakaan, kemudian fungsi lampu Sein pada bagian belakang berfungsi memberitahukan kepada pengendara depan belakang bahwa anda akan berbelok baik ke kanan dan ke kiri. Dan juga lampu bagian belakang yaitu lampu rem berfungsi memberitahukan kepada pengendara belakang bahwa anda melakukan pengereman atau memberi tahukan bahwa ada motor didepan anda.

4. Nyalakan lampu di siang hari ( sepeda motor)

Yang keempat khusus untuk sepeda motor wajib menyalakan lampu pada siang hari yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pengendara lain dari jauh bahwa ada kendaraan yang sedang melintas, hal ini dilakukan untuk mengindari angka kecelakaan dijalan raya bahwa biasanya sinar matahari juga terlalu silau sehingga membuat pandangan mata tidak terlalu Fokus ke depan dan menyebabkan tabrakan. Bisa juga karena alasan lain yang belum bisa saya sebutkan.

5. Patuhi batas kecepatan

Aturan Mengenai Batas Kecepatan Berkendara di JalanKemudian yang kelima anda juga harus bisa mematuhi batas kecepataan kendaraan anda pada saat berkendara dijalan raya, terutama kendaraan yang banyak sekali hambatannya, untuk kendaraan dalam kota 50 km/jam, kemudian untuk luar kota 80 km/jam, bebas hambatan 100 km/jam dan untuk di pemukiman sekitar 25 km/ jam. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kecelakaan dan hal-hal lain yang tidak diinginkan. Sama –sama menguntungkan untuk para pengendara lainnya. Anda akan dikenakan sanksi jika anda melaju dengan kecepatan yang tidak di anjurkan untuk para pengendara. Alangkah lebih baiknya sesuaikan kecepatan anda dengan peraturan korlantas yang sudah disepakati.

6. Kurangi kecepatan

Kemudian yang keenam untuk keselamatan anda dan keselamatan orang lain alangkah Lebih baiknya untuk mengurangi kecepataan pada saat anda sudah sampai di persimpangan, mungkin ada kesempatan untuk melewati persimpangan yang sepi namun jangan salah, keberuntungan mungkin belum sepenuhnya anda dapatkan, bisa jadi ada kendaraan lain yang juga sama cepatnya sehingga tidak terdengar atau kelihatan dari jarak pandang anda, terlebih persimpangan yang ditutupi oleh pagar, perumahaan ataupun pepohonan yang menyebabkan jarak pandang anda menjadi terbatas sehingga motor dari kanan kiri tidak bisa terlihat dengan baik. Usahakan anda mengontrol emosi anda untuk mengendarai motor dengan kecepatan penuh. Pikirkan keselamatan anda karena keluarga anda menanti anda dirumah.

7. Gunakan lajur kiri

Kemudian yang ketujuh yaitu anda bisa menggunakan lajur kiri sesuai dengan yang di anjurkan oleh korlantas, baik itu sepeda motor, kemudian kendaraan berat, dan kendaraan lambat. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang jalan untuk kenegaraan yang sangat buru-buru atau mempunyai kepentingan. Sehingga tidak terjadi yang namanya kemancetan, untuk itu gunakan lajur kiri kalau anda ingin santai dalam berkendara dan jika ingin menyalip atau mendahului gunakan lajur kanan, biasakan untuk menekan klakson pada kendaraan anda ketika anda hendak mendahului kendaraan lain, ini menandakan bahwa ada kendaraan lain dibelakang mereka yang ingin mendahului, sehingga pada saat itu juga tidak terjadi yang namanya senggolan dengan kendaraan lain didepan.

8. Patuhi rambu-rambu

Kemudian yang kedelapan yaitu dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang sudah ada dan sudah ditetapkan sejak lama, apa sih gunanya rambu lalu lintas ? Berguna untuk keselamatan anda dan memberikan keadilan bagi kendara lain, misalnya saja yaitu lampu lalu lintas yang berguna untuk mengatur jalan agar kendaraan di lain persimpangan juga bisa lewat dengan lancar, sehingga di sini keadilan antar pengendara bisa terjadi dengan aman dan baik, kemudian juga berfungsi untuk memberikan keselamatan kepada anda. Setelah itu rambu-rambu dijalanan juga berfungsi untuk memberitahukan kepada anda mengenai keadaan jalan didepan anda, untuk itu anda diharapkan untuk mematuhinya.

9. Patuhi cara berkendara

Yang terakhir yaitu anda harus bisa mematuhi cara berkendara anda, baik pada saat anda berbelok, kemudian pada saat anda mendahului kendaraan lain, kemudian pada saat anda berhenti dan juga pada saat anda memberikan tanda sein dan klakson. Dengan begitu keamanan akan menjadi milik anda anda dan juga orang lain, saling menghormati dijalan raya itu juga sangat perlu sehingga anda juga di hormati oleh para pengguna jalan.

Nah itulah beberapa prioritas keselamantan yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum anda mencoba untuk berkendara dijalan raya, semoga bisa memberikan manfaat dan informasi yang berguna untuk anda semuanya. Terimakasih sudah berkunjung ke situs kami semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*