Inilah 7 Prinsip Keselamatan di Jalan Raya yang Wajib Diketahui

7 Prinsip Keselamatan Berkendara di Jalan Raya

Berkendara dijalan raya tidak bisa anda anggap remeh, semuanya mempunyai aturan baik untuk para pengendara motor, kemudian pengendara mobil bahkan untuk pejalan kaki. Semua prinsip keamanan tentu saja harus diterapkan dengan rapi agar semuanya bisa berjalan dengan tertib dan terhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri dan juga orang lain, nah sahabat otosemi semua orang tentu saja mempunyai prinsip yang sama sewaktu dijalan raya yaitu mendapatkan keamanan pada saat berkendara dan juga mendapatkan kebebasan untuk berkendara. Namun semua itu tidak bisa didapatkan secara penuh untuk setiap pengendara yang mana akan selalu terjadi kejadian yang sama sekali tidak bisa kita sadari dan hindari misalnya saja kecelakaan yang banyak sekali menimpa para pengendara jalan raya.

Untuk karena itu kita perlu mengurangi tingkat kecelakaan yang ada dijalan raya baik untuk para pengguna sepeda motor dan juga para pengendara mobil dengan beberapa prinsip keselamatan yang sudah saya susun untuk anda semuanya. Ingin tahu seperti apa saja sih prinsip keselamatan yang harus anda terapkan sebagai seorang pengendara dijalan raya ? berikut ulasannya.

Beberapa prinsip keselamata berkendara di jalan raya :

1. Slow ( pelan)

Yang pertama tentu saja berkendara dengan pelan, alangkah lebih baik walaupun anda berkendara dengan pelan namun sampai di tujuan dengan selamat dari pada anda harus berkendara kencang malah menyebabkan kejadian yang sangat fatal dan merugikan diri anda dan orang lain. Lebih baik anda bisa mengontrol emosi anda untuk berkendara, biarlah kendaraan lain mencoba untuk menyalip anda dan biarkan saja jika mereka melaju lebih kencang. Pastikan anda tetap terkontrol dan Fokus dengan jalanan yang ada di depan anda. Peluangnya cukup besar menghindari kecelakaan jika anda mengemudi dengan pelan.

2. Sadar

Menjadi pengendara yang sadar tentu sangat bermanfaat bagi diri anda sendiri dalam mengatasi situasi yang genting. Dengan menjadi pengendara yang sadar artinya anda paham dengan apa yang harus Anda lakukan sebagai seorang pengendara, tetap Fokus ke depan dan sadar bahwa anda sedang melaju menggunakan kendaraan dijalan raya. Itu sangat penting bagi keselamatan anda dan keluarga anda. Jika kondisi anda sama sekali tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan alangkah lebih baiknya kalau anda berhenti sejenak untuk beristirahat dan juga merilekskan badan sejenak saja. Itu jauh lebih baik dari pada anda harus meneruskan perjalanan anda.

3. Aman

Keamanan juga perlu anda tingkatkan, tentu saja terutama keamanan dari kendaraan yang anda gunakan, cek semua komponen yang ada sebelum anda menggunakannya untuk perjalanan yang jauh. Jadi pengendara yang mau memperhatikan kondisi kendaraannya adalah pengendara yang ingin hidupnya tetap aman dan selamat di jalan raya. Anda bisa melakukan cek Up di bengkel-bengkel resmi sesuai dengan motor anda atau jika masa garansi masih berlaku anda bisa memanfaatkan garansi tersebut untuk memperbaiki motor atau mobil anda yang perlu anda perbaiki. Pastikan semuanya aman-aman saja untuk anda gunakan sehingga anda tetap selamat di tempat tujuan dan terhindar dari hal –hal yang sama sekali tidak anda harapkan.

4. Senyap

Kemudian yang keempat yaitu pengendara baik itu pengendara mobil atau motor harus memahami apa itu prinsip senyap, “prinsip senyap” yaitu anda dilarang menggunakan Hp, gadget ataupun alat elektronik lainnya yang bisa membuat anda celaka, misalnya saja anda mencoba untuk membalas SMS tentu saja fokus anda terhadap Layar Hp dan tidak fokus pada jalanan didepan anda sehingga terjadilah hal buruk yang siap menimpa anda. Untuk itu saran dari saya jika memang ada panggilan atau SMS penting yang masuk alangkah lebih baiknya kalau anda menepi di pinggir jalan untuk membalas SMS atau melakukan penggilan penting tersebut agar lebih aman dan juga tertib. Namun saran terbaik dari saya agar perjalanan Anda sama sekali tidak terganggu mungkin anda bisa mematikan gadget anda sementara waktu saja pada saat dijalan raya agar terhindari dari hal-hal yang buruk.

5. Waspada

Kemudian yang kelima tetap waspada dengan keadaan di sekeliling anda, kalau Anda berpergian ke tempat-tempat yang sama sekali belum anda kenal dan pahami maka anda harus waspada terdahap orang-orang yang ada di sekeliling anda, mungkin anda perlu membaca postingan saya Minggu lalu yang mana artikelnya membahas mengenai Tips mengindari begal, itu jauh lebih baik sebelum anda berpergian di malam hari. Untuk kewaspadaan ini mungkin terletak di dalam hati anda mana yang lebih baik untuk anda lewati dan mana yang tidak harus anda lewati. Tetap waspada dengan keadaan sekitar anda, jika ada yang mencurigakan mungkin anda bisa berhenti sejenak di tempat yang ramai dan memantau lagi disekeliling anda apakah sudah aman atau belum , jika belum alangkah baiknya kalau anda sama sekali tidak melanjutkan perjalanan karena hanya akan mengantarkan harta dan nyawa anda saja. Tetap berhenti hingga keadaan lebih baik dan anda bisa membarengi orang yang selajur dengan anda agar ada temannya.

6. Ramah lingkungan

Tampilan Modifikasi Knalpot Motor Racing 2016Yang keenam sebagai pengendara yang disiplin akan peraturan mungkin anda bisa menggunakan sepeda motor yang standar saja tanpa modifikasi sama sekali, misalnya saja yang paling marak terjadi anak muda sekarang lebih suka memodifikasi motor dengan knalpot yang lebih garang dengan suara yang nyaring sehingga menggangu kenamaan orang yang mau tidur jadi tidak bisa ditidur, yang sedang sakit tidak bisa istirahat dengan tenang. Terlebih polusinya tentu Juga akan lebih banyak di ketimbang menggunakan knalpot standar. Jadi tetap jadi pengendara yang ramah terhadap lingkungan juga, jika anda melewati orang mungkin bisa menyapanya, agar suatu hari terjadi hal yang tidak sama sekali anda harapkan orang tersebut langsung tanggap dan membantu anda. Sopan santun ternyata juga perlu yah untuk para pengendara.

7. Hargai pengendara lain

Saling menghargai untuk para pengendara sangatlah penting, dan setiap pengendara tentu memiliki emosi untuk mendapatkan kebebasan dijalan raya dengan berkendara. Nah jika anda bisa menghargai orang lain maka anda juga akan dihargai kembali.

Ok sahabat otosemi itulah beberapa Prinsip keselamatan yang harus anda terapkan sewaktu anda berkendara dijalanan, pastikan semua prinsip ini bisa melekat dalam benak anda untuk keselamatan anda pribadi. Jadi pribadi yang mau disiplin, taat dengan aturan dan juga sopan santun dimana pun berada berarti anda sudah menjadi pribadi yang lebih baik dari orang lain yang sama sekali “mengabaikan prinsip berkendara” diatas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua sebagai seorang Bikers yang tangguh dan handal dijalanan. Terimakasih sudah berkunjung jangan lupa untuk share artikel ini yah, dan tetap pantengin terus artikel update di otosemi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*