Beberapa Perbedaan Penting Dari Pertalite, Premium, Pertamax Dan Pertamax Plus

4 Jenis Bahan Bakar Minyak di Indonesia

Berbicara mengenai bahan bakar tentu saja tak lain kita akan membicarakan mengenai Karakteristiknya sendiri, kemudian dari segi Harganya, segi Kualitasnya dan juga dari segi Ekonominya sendiri. Hingga saat ini bahan bakar menjadi buruan para pengguna kendaraan baik itu Motor dan juga Mobil. Bahan bakar yang masih terdengar Baru yaitu pertalite yang merupakan bahan bakar baru dengan RON 9 Reach Octane yang di resmikan oleh Pihak Pertamina pada Bulan Juli 2015. Yang hingga saat ini masih di banderol dengan Harga sekitar Rp. 7.100/ Liternya. Nah sahabat otosemi pasti belum terlalu paham dengan apa itu RON ataupun artinya itu apa, kata RON atau Reach Octane merupakan bilangan Oktan yang menunjukkan beberapa kekuatan atau Tekanan bahan bakar minyak terhadap mesin kendaraan motor anda. Jadi semakin tinggi Nilai tekanan RON bahan bakar minyak maka semakin irit pula untuk anda gunakan.

Hal menariknya dengan semakin tinggi kadar residu BBM yang anda gunakan maka kotoran dan juga beberapa partikel penyebab mesin kendaraan mengalami kerusakaa bisa di netralisir dengan baik oleh bahan bakar minyak seperti ini. Nah sahabat otosemi untuk kali ini saya akan membicarakan mengenai perbedaan dari 4 jenis bahan bakar minyak mulai dari premium, pertama, pertama plus dan lain sebagainya.

Karakteristik Umum premium

Yang pertama kita akan membicarakan yang paling rendah terlebih dahulu yaitu premium, premium merupakan jenis Bahan bakar minyak paling rendah yang di keluarkan oleh PT. Pertamina Indonesia dengan standar RON Hanya sekitar 88 Saja dengan ciri-ciri warna kekuningan Emas.

1. Dari segi Teknologi

Dari segi tekbologinya sendiri jenis bahan bakar premium ini belum bisa Melakukan dentralisir kotoran pada bagian mesin kendaraan dan bisa menyebabkan snocking pada mesin kendaraan dan juga bisa menyebabkan piston meledak-meledak jika tidak terjadi kecocokan antara mesin pembakaran dan juga bahan bakar yang digunakan.

2. Dari segi Ekonomi

Dari segi ekonominya sendiri untuk BBM jenis premium ini terbilang cukup murah karena hanya di hargai sekitar 7000 sampai 8000/ Liternya saja, cocok untuk konsumen kelas menengah ke bawah. Namun akan lebih murah lagi kalau beli di SPBU nya langsung, biasanya penjual eceran lebih menaikan harga menjadi 8000 atau selisih 1500 saja.

3. Dari Polusinya

Kalau dilihat dari segi polusi yang dihasilkan sistem pembakaran dengan menggunakan jenis BBM premium ini sifatnya lebih buruk, yang mana Nox Dan Cox yang dihasilkan cukup Besar sehingga menyebabkan polusi yang begitu banyak. Karena System pembakaran tidak berjalan dengan baik.

4. Dari segi warna dan pembuatan

Untuk warnanya sendiri Premium berwarna Kuning bening, untuk proses pembuatannya menggunakan campuran sulfur maksimal 0.15 persen, dengan penambahan warna Dye

Karakteristik Pertalite

Kemudian yang kedua kita akan membicarakan mengenai bahan bakar pertalite yang sudah di keluarkan sejak bulan Juli tahun 2015 oleh PT Pertamina Indonesia yang juga sudah memenuhi surat Keputusan Dirjen Migas Kementrian Energi dan sumber daya Mineral Nomor 313 tahun 2013 Tentang spesifikasi BBM nomor RON 90. Nah pada dasarnya semua kendaraan roda 4 bisa menggunakan Pertalite karena beberapa kendaraan support dengan RON 90-92

1. Dari segi Teknologi

Nilai Oktan RON PertaliteUntuk pembakarannya sendiri pertalite lebih sempurna dibandingkan dengan premium ataupun lainnya, yang mana pertalite sendiri memiliki nomor RON 90 yang mana mampu melakukan Desnetralisir secara baik terhadap mesin kendaraan sehingga kondisi mesin kendaraan lebih terawat dan terjaga dengan lebih baik lagi.

2. Dari segi Ekonomi

Untuk segi ekonominya sendiri saya rasa juga hampir sama dengan harga premium, hanya berselisih sekitar 1500 san saja, mungkin bisa disesuaikan dengan di daerah anda. Untuk pertalite ini hanya bisa kamu dapatkan di SPBU saja tidak dijual secara eceran, hanya Premium saja yang dijual secara eceran dan juga pertamax.

3. Dari segi Polusinya

Kalau di lihat dari segi polusinya, Pertalite mampu memproduksi Nox dan juga Cox dengan baik sehingga Polusi yang di timbulkan tidak terlalu berbahaya untuk lingkungan hidup kita, terlebih kalau semua kendaraan mau menggunakan pertalite ini, jauh lebih aman dan juga bumi terasa lebih rendah polusi udaranya

4. Dari segi warna dan juga pembuatan

Mempunyai kandungan sulfur sebesar 0.5 persen atau setara dengan 500 Ppm dan juga untuk warnanya sendiri pertalite mempunyai warna Hijau terang.

Karakteristik Pertamax

Pertamax merupakan jenis BBM yang diluncurkan pada tahun 1999 oleh PT PERTAMINA INDONESIA untuk menggantikan Premix 98 yang unsurnya di ketahui untuk lingkungan sendiri, dan kandungan pertamax juga hampir sama dengan premium namun tidak terlalu menyebabkan polusi berlebih.

1. Dari segi Teknologi

Pertamax mempunyai tekanan dengan kinerja mesin yang lebih tinggi, karena pertama mempuyai RON sekitar 92 jauh lebih besar dari jenis BBM lainya seperti Pertalite dan premium, pertamax ini dapat membuat piston kendaraan berkerja dengan maksimal terutama untuk gerakan piston sendiri.

2. Dari segi Ekonominya

Jenis BBM pertamax ini sama sekali tidak di subsidi Oleh pemerintah sehingga harganya pun NASIONAL menyesuaikan juga dengan segi teknologinya.

3. Dari segi polusi

Untuk segi polusinya sendiri saya rasa pertamaxlah yang paling lebih sedikit dalam produksi Nox dan Cox pada kendaraan baik motor dan mobil, karena kandugan RON yang cukup tinggi sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik dengan sisa bahan bakar yang lebih sedikit dan mudah hilang sehingga tidak terlalu memberikan polusi yang berbahaya untuk lingkungan.

4. Dari segi warna dan pembuatan

Untuk warnanya sendiri biru kehijuan dengan kandungan Ethanol untuk peningkat OKTANNYA sehingga menyebabkan bahan bakar ini mampu menggerakan piston dengan baik .

Karakteristik Pertamax Plus

Pertamax plus ini merupakan jenis bahan bakar yang sudah memenuh syarat standar Performa International World Wide Ful Charter ( IWWFC) yang mana teknologinya sudah tidak di ragukan lagi dan banyak digunakan di berbagai negara belahan dunia. Serta menggunakan rasio hingga 10.0 dan menggunakan teknologi Fuel Injecktion.

1. Dari segi teknologi

Pembakarannya paling sempurna karena mengggunakan RON 95 dengan kompresi yang tinggi akan membuat kendaraan anda lebih memiliki kinerja yang maksimal.

2. Dari segi Ekonominya

BBM jenis ini sama sekali tidak di subsidi oleh pemerintah sehingga harganya mengikuti Harga International, jadi yah lumayan sedikit lebih mahal deh.

3. Dari segi polusi

Untuk jenis Bahan bakar ini lebih memiliki kandungan NOx dan Cox yang sedikit dibandingkan dengan Bahan bakar Minyak Lainnya.

4. Dari segi warna dan segi pebuatan

Untuk warnanya sendiri berwarna Merah kemudian untuk bahan yang digunakan yaitu Toulene sebagai peningkat Oktannya.

Nah itulah beberapa perbedaan penting dari pertalite, pertama, premium dan pertama plus yang harus kalian ketahui sebagai pengguna kendaraan, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share yah sobat otosemi. terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*