Ayo Ikuti Langkah Cara Menghemat Penggunaan BBM..!!!

Teknik Berkendara Yang Baik Guna Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Minyak atau BBM- Saat ini, harga BBM terutama di wilayah Indonesia memang cukup memusingkan kepala saja, sebab harga bahan bakar premium yang kini semakin tidak stabil saja mulai Rp 6.500,-/liter naik menjadi Rp 8.300,-/liter beberapa saat lalu dan lucunya hanya bertahan setidaknya seminggu saja harga bbm turun jauh mentok di nominal Rp 6.800,-/liter. Bahkan kabarnya kira-kira dua mingguan ini harga bbm mulai naik lagi menjadi Rp 7.400,-/liter. Dengan begitu orang kini semakin di bingungkan dengan adanya penetapan harga naik turun yang secara tiba-tiba oleh pemerintah dan pertamina.

Namun sebagaimana kondisi harga bbm yang tidak menetu ini di Negara kita, pastinya masih tetap di gunakan serta menuruti nominal harga yang telah di tetapkan. Dikarenakan kendaraan pribadi anda kebanyakan mengkonsumsi bahan bakar jenis premium lebih besar kemungkinan jika di bandingkan dengan bahan bakar jenis pertamax. Hal ini bisa menjadi tantangan baru buat anda para bikers untuk usaha dalam tata cara pengiritan BBM.

Jika anda merupakan sosok yang aktif berkendara serta tak bisa di hindari, maka irit bbm adalah cara praktis untuk menyiasati harga bbm yang naik turun secara mengejutkan. Memang kondisi seperti ini ternyata melibatkan perilaku berkendara di jalanan yang mana jika sesuai aturan dan benar tentu bisa menghemat penggunaan bbm. Teknik-teknik berkendara yang benar memang perlu di terapkan sebagaimana semestinya, untuk membatu mengirit penggunaan bbm, berikut ini cara sederhana yang bisa anda lakukan?

Poin pertama ialah pada perilaku pengendara yang tergesa-gesa saat melaju di jalanan, seperti menginjak pedal gas (bagi mobil) atau menarik gas (bagi motor) serta mengerem secara mendadak. Maka solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini ialah dengan cara melakukannya secara perlahan-lahan saat ingin berakselerasi di tingkatan tertentu hingga mampu mencapai kecepatan sesuai keinginan.

Dan pada saat ingin menghentikan laju roda kendaraan atau yang di sebut dengan teknik pengereman, perlu anda lakukan hanyalah lakukan pengereman dengan jarak yang cukup, hindari pengereman mendadak atau pada jarak yang dekat dengan pengendara di depan anda. Teknik pengereman yang benar ini selain bisa membuat kinerja mesin kendaraan lebih ringan serta mampu mengefisiensikan konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Poin kedua saatnya anda menggunakan teknik yang cukup mengasikkan yakni mode pengereman dengan cara teknik engine break.  Teknik engine break ini merupakan suatu teknik dimana proses menurunkan laju putaran roda kendaraan dengan bantuan mesin, praktiknya cukup mudah saat anda melaju pada kecepatan tertentu dan ingin melakukan pengereman cukup kurangi satu gigi percepatan saja kemudian kendaraan anda akan sontak berhenti secara mendadak namun seiring putaran mesin yang berangsur turun secara signifikan.

Sebab penggunaan rem secara terus-terusan bisa menimbulkan keausan lebih pada komponen kampas rem karena suhu panas yang berlebih pada saat gesekan antara piringan rem roda dengan kampas rem, yang bisa berujung pada rem blong. Rem blong atau kinerja rem tidak optimal bisa mengakibatkan kecelakaan yang bisa mengancam jiwa anda. Maka memakai teknik engine break cukup di anjurkan sekali.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*