Apa Manfaat Memanaskan Mesin? Ini Jawabannya

Apa Manfaat Memanaskan Mesin Ini Jawabannya

Jika Anda ditanya perihal fungsi memanaskan mesin kendaraan, sudahkah Anda tahu jawabannya? Memang tak semua orang yang memiliki kendaraan, baik roda dua maupun empat mengetahui alasan mengapa sebaiknya harus memanaskan mesin kendaraan sebelum digunakan seharian. Padahal, kebiasaan sederhana ini sangat berpengaruh pada”kesehatan” kendaraan Anda.

Apa saja manfaat memanaskan mesin kendaraan? Langsung simak di sini!

  • Membantu menyempurnakan proses pembakaran bahan bakar

Pembakaran yang terjadi pada mobil atau motor menghasilkan energi listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan kendaraan Anda. Jika pembakaran yang terjadi tidak maksimal, tentu saja akan menyebabkan tenaga mesin kurang optimal karena kurangnya pasokan listrik. Selain itu, hal tersebut juga menyebabkan mesin lebih boros bahan bakar karena keadaan mesin yang masih dingin sehingga bahan bakar yang ada harus lebih banyak supaya terjadi pembakaran ketika digunakan.

  • Mencegah ausnya mesin mobil Anda

Jika Anda mempunyai kendaraan yang terparkir rapi di garasi rumah Anda dan tentu saja jarang digunakan, maka memanaskan mesin mobil atau motor wajib  hukumnya. Eits, jangan salah. Jika mesin tidak dioperasikan dalam jangka waktu yang lumayan lama (katakana saja sependek-pendeknya tiga hingga empat hari), oli biasanya akan berada di panci oli. Dengan memanaskan mesin paling tidak dua hari sekali, akan membuat oli yang berada di panci oli kembali masuk melumasi bagian mesin yang perlu dilumasi sehingga bisa mencegah terjadinya keausan mesin.

  • Mengurangi risiko kebocoran kompresi

Pada mesin kendaraan, di desain menjadi dua bagian, yakni komponen mesin yang memang khusus untuk temperatur tinggi dan ada juga bagian-bagian mesin yang dibuat presisi. Nah, antara keduanya diciptakan celah yang celah tersebut secara otomatis akan menjadi presisi dan berkurang saat komponennya terkena suhu tinggi dan memuai.

Pemuaian inilah yang dapat mengurangi risiko terjadinya kebocoran kompresi yang menyebabkan tekanan pada mesin menurun. Hal ini berdampak langsung pada ketidak mampuan temperatur mesin untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Ini akan menyebabkan tenaga yang dihasilkan kurang maksimal.

Setelah mengetahui pentingnya atau manfaat memanaskan mesin kendaraan seperti yang tertera di atas, Sobat Oto juga perlu tahu nih kapan sih waktu yang tepat untuk memanaskan mesin kendaraan Anda. Waktu yang pertama jelas yakni sebelum menggunakan kendaraan, biasanya sih dilakukan saat pagi hari sebelum berangkat sekolah, kuliah, atau ke kantor. Tak lebih dari lima menit (dua hingga tiga menit saja untuk non injeksi sedangkan cukup satu menit untuk injeksi) untuk memanaskan mesin kendaraan agar tak boros bahan bakar.

Jika putaran mesin pada kendaraan Anda masih tinggi setelah digunakan, maka sebaiknya Anda tidak langsung mematikan kendaraan. Yang harus dilakukan pada saat itu ialah melakukan pelumasan oli pada mesin atau memanaskan mesin kendaraan. Biarkan mesin tetap hidup dalam kondisi idle alias gas tidak nol atau tidak dipacu namun mesin tetap hidup. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko kerusakan akibat penggunaan pada putaran tinggi yang sering kali menyebabkan meningkatnya risiko pelumasan yang tak sempurna. Baca juga penyebab utama ac mobil anda menjadi bau tak sedap.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*