AC Mobil Bau? Ini Sebabnya!

Kemungkinan ini menjadi penyebab AC Anda bau

AC Mobil Bau

Hampir setiap mobil keluaran tahun dua ribuan dilengkapi dengan AC atau mesin pendingin, malahan ada juga jenis mobil yang memiliki double blower. Mulai dari situlah AC menjadi salah satu komponen mobil, terutama jenis mobil keluarga. Karena seringnya digunakan, masalah pun tak bisa terhindarkan. Mulai dari masalah AC yang tak dingin hingga soal AC yang tak sedap dan cukup mengganggu. Berikut ini penyebab AC mobil bau tak sedap. Jangan lewatkan ya Sobat Oto!

Sebelum mengetahui penyebab AC mobil yang megeluarkan bau tak sedap, tak ada salahnya mengetahui sejarah munculnya bau tak sedap tersebut. Ini dia!

  • Mulanya, AC mobil tiba-tiba saja tidak dingin, kemudian lama-kelamaan mengeluarkan bau apek.
  • Saat Anda berada di belakang truk atau kendaraan lain yang banyak mengepulkan asap hitam, Anda mencium bau asapnya.
  • Saat Anda baru saja jalan, tiba-tiba saja tercium bau asam. Namun itu tak bertahan lama lalu hilang dengan sendirinya.
  • Saat pagi hari pertama Anda menghidupkan mobil, tercium bau yang tak sedap selama beberapa menit, namun tak lama bau tersebut juga hilang.

Jika Anda menemukan kondisi seperti yang telah disebutkan di atas, jangan ragu untuk pergi ke bengkel dan men-service-nya. Selain itu juga, penyebab terciumnya bau tak sedap pada AC dipengaruhi oleh hal-hal seperti:

  • Pemasangan wewangian yang salah

Pemilihan pengharum mobil yang salah dapat menyebabkan mobil menjadi bau. Wewangian dengan kadar alcohol yang tinggi bisa membuat bau tak enak lama bersarang pada kabin mobil Anda. Alih-alih mendapatkan bau yang sedap karena memasang wewangian, yang ada malah mobil bertambah bau.

  • Evaporator bocor atau kotor

Penyebab AC mobil bau tak sedap bisa juga karena evaporator yang bocor atau kotor. Evaporator merupakan tempat Freon yang bisa mengubah udara di luar mejadi dingin dan masuk ke seluruh kabin mobil. Jika evaporator tersebut berlendir atau kotor, jamur yang timbul bisa mengeluarkan bau yang tak enak. Selain itu, jika freonnya bocor, maka baunya bisa saja menyebar ke seluruh ruangan kabin.

  • Merokok di dalam mobil

Salah satu kebiasaan buruk yang paling banyak dilakukan adalah merokok di dalam mobil. Entah itu saat mobil sedang diparkir  atau sedang melaju. Penyebab bau AC tak sedap ini ditimbulkan karena adanya percampuran antara asap rokok yang tingkat kerapatannya lebih tinggi dari pada udara biasa sehingga menyebabkan freon bekerja keras. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka yang terjadi adalah bau melekat pada dinding kabin dan mengeluarkan bau yang tak sedap.

  • Adanya binatang tak diinginkan di dalam evaporator

Penyebab AC bau tak sedap yang terakhir adalah karena kemungkinan adanya binatang seperti tikus, kecoa, atau cicak yang masuk ke dalam evaporator dan terjebak di sana lalu mati. Tentu saja, ini akan menimbulkan bau yang super tak enak jika sampai masuk ke dalam kabin.

Nah, setelah Anda tahu apa saja penyebab AC mobil bau tak sedap seperti yang sudah dijelaskan di atas, mudah-mudahan AC mobil Sobat Oto tak lagi bau, ya. Selamat mencoba di rumah! Jangan lewatkan Ketahuilah pentingnya memanaskan mesin kendaraan anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*