6 Kesalahan Fatal Pemula Saat Mengendarai Mobil

6 Kesalahan Fatal Pemula Saat Mengendarai Mobil

6 Kesalahan Fatal Pemula Saat Mengendarai Mobil
6 Kesalahan Fatal Pemula Saat Mengendarai Mobil

Otosemi.com – 6 Kesalahan Fatal Pemula Saat Mengendarai Mobil Mengendarai mobil di keramaian akan menjadi sangat berbahaya bagi pemula karena dapat menyebabkan kecelakaan. Untuk kamu memerlukan latihan yang cukup di tempat yang sepi agar terbiasa mengendarai mobil. Tetapi walaupun kamu belajar di tempat yang sepi usahakan ada pendamping yang sudah ahli dalam mengendalikan mobil. Karena biasanya seseorang lebih mudah belajar dengan dibantu oleh yang sudah ahli dibandingkan dengan belajar sendiri.

6 Kesalahan Fatal Pemula Saat Mengendarai Mobil
6 Kesalahan Fatal Pemula Saat Mengendarai Mobil

Dan kemudian barulah saatnya kamu untuk mencobanya ke tempat yang lumayan ramai sehingga kemampuan mengemudi akan terasah sedikit demi sedikit dan kesalahan semakin minim atau bahkan tidak ada. Berikut 6 Kesalahan Fatal Pemula Saat Mengendarai Mobil.

1.Salah Oper

Untuk mobil manual, ganti gigi sudah pasti sering dilakukan terutama jika kondisi jalanan tidak menentu. Biasanya pengemudi pemula akan kebingungan terutama ketika ganti gigi dari 2 ke 3 atau 5 ke 4 , karena posisinya berada di tengah. Biasanya yang terjadi adalah dari 2 salah oper ke 5 atau dari 5 salah oper ke 2. Untuk mengatasinya adalah dengan melepas pressneling sehingga berada di tengah, lalu tinggal mendorongnya ke depan atau ke belakang sesuai kebutuhan. Contohnya jika dari 5 mau pindah ke 4, maka setelah menginjak kopling langsung dorong saja pressneling ke belakang, jika ternyata salah atau sudah terlanjur tergeser ke kiri, lebih baik dilepaskan dulu agar kembali ke tengah lalu baru digeser ke bawah.

2.Mau Injak Rem Malah Injak Gas

Hal ini biasanya terjadi ketika pengemudi panik atau karena belum terbiasa dengan posisi gas dan rem di mobil. Hal ini sangat berbahaya karena ketika ada halangan atau mobil lain dan mobil anda seharusnya bisa berhenti dengan menginjak rem, tapi malah menginjak gas yang dapat menyebabkan dan memperparah kecelakaan.

3.Banting Setir Tanpa Lihat Spion

Banting setir tidak masalah jika memang sudah melihat spion dan tidak ada halangan. Tapi kalau banting setir tanpa melihat spion atau keadaan sekitar, maka dapat beresiko mengenai kendaraan lain ketika berada di jalan raya.

4.Tidak Memperhatikan Kondisi Mobil

Orang yang tidak biasa mengendarai mobil biasanya kurang memperhatikan kondisinya karena memang kurang paham. Contoh sederhananya adalah tidak memperhatikan kondisi bahan bakar yang sudah hampir habis.

Baca Juga: https:http://otosemi.com/apa-sih-kesalahan-pemilik-mobil-ketika-servis/

5. Belok Tanpa lihat Spion

Nah, ini merupakan salah satu contoh yang paling ekstreme. Andaikan kamu sedang berada dijalan raya saat mengendarai mobil, disaat itu pula kamu akan menepi ke pinggir karena akan ke tempat yang kamu tuju. Tetapi kamu belok tanpa memperhatikan Spion.  Maka celaka lah kamu jika sedang ada kendaraan dibelakang kamu. Kamu bisa di tabrak ataupun kamu yang menabrak karena kaget.

6. Tidak Menyalakan Lampu sen saat Belok

Sebenarnya kasus ini hampir sama berbahayanya dengan Belok Tanpa Melihat kaca spion. Tetapi kasus lainnya kamu dapat di tilang polisi jika ada polisi yang melihat kamu belok tanpa menyalakan lampu sen. Tetapi kalo tidak ada yaa kamu selamat.

7. Tidak Memahami Apa itu Titik Buta Saat Mengendarai Mobil

Titik buta merupakan suatu hal yang tidak dapat kamu lihat saat mengendarai mobil. Titik buta terjadi karena pandangan kamu terhalangi oleh suatu objek yang dapat membuat kamu menabrak sesuatu baik itu didepan maupun di belakang. Tanpa kamu sadari titik buta merupakan hal yang harus kamu pelajari dan pahami agar kamu semakin menguasai cara mengendarai mobil.

Sekian ulasan mengenai 6 Kesalahan Fatal Pemula Saat Mengendarai Mobil.

Semoga dapat bermanfaat bagi anda. Dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat mengendarai mobil. Patuhi aturan yang ada di lalu lintas. Dan utamakan Surat-surat kendaraan lengkap dan Sim telah anda Miliki.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*