6 Cara Merawat Ban Mobil dengan Baik

6 Cara merawat ban mobil dengan baik

6 Cara merawat ban mobil dengan baik

6 Cara Merawat Ban Mobil Dengan Baik – Ban mobil merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil. Sehingga menjadi salah satu faktor keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

6 Cara merawat ban mobil dengan baik
6 Cara merawat ban mobil dengan baik

Menurut data yang terdapat pada Departemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS, sebanyak 660 kasus kecelakaan lalu lintas diakibatkan oleh kurangnya tekanan angin dalam ban dan memakan korban luka berat sebanyak 33 ribu per tahun. Sebuah penelitian yang disponsori oleh Rubber Manufacturers Association (RMA) baru-baru ini, yang dilakukan terhadap 1000 orang pengemudi di seluruh negara bagian, menemukan fakta-fakta bahwa :

  • 63% pengendara mobil menyebutkan bahwa tekanan ban sangat mempengaruhi jarak tempuh dari kendaraan.
  • Hanya 19% dari para pengemudi yang memeriksa kondisi tekanan ban mobil mereka.
  • Tiap bulan, tiga dari empat pengendara mobil mencuci kendaraan mereka, sementara hanya satu dari lima pengendara yang memeriksa tekanan ban mobil mereka.

BACA JUGA: Cara Membeli Shockbreaker Motor Berkualitas Baik

Anda dapat menempuh jarak hingga mencapai 3,3% lebih jauh dan menghemat ongkos BBM, jika Anda selalu rajin memeriksa keadaan tekanan ban mobil Anda dan menjaga agar selalu dalam tekanan yang seharusnya.

Akan tetapi, ban tetap memerlukan perawatan ban yang tepat untuk menghindari terjadinya masalah yang tidak diinginkan saat berkendara. Perawatan ban sesungguhnya tidak begitu sulit dan dapat dilakukan sendiri oleh anda.

6 Cara merawat ban mobil dengan baik
Perawatan Ban Mobil

Berikut ini merupakan 6 Cara Merawat Ban Mobil Dengan Baik:

  1. Perhatikan jenis dan ukuran ban. Jika Anda tidak terlalu paham dengan dunia otomotif dan kendaraan. Jangan malu untuk meminta saran mengenai jenis-jenis ban yang sesuai dengan gaya mengemudi Anda.
    Pastikan juga ban yang anda gunakan sesuai dengan ukuran dan indeks ban yang dianjurkan untuk kendaraan Anda.
  2. Perhatikan tekanan angin pada ban mobil anda minimal satu bulan sekali. Tekanan angin yang kurang tentunya sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kerusakan fatal pada ban. Sebaliknya, jika tekanan angin yang berlebihan akan menyebabkan keausan yang tidak merata dan akan berpengaruh pada saat pengendalian dan pengereman.
  3. Jangan pernah lupa untuk merotasi ban mobil anda. Ban sebenarnya perlu dirotasi untuk mencegah keausan yang tidak merata sekaligus berfungsi untuk memperpanjang umur pemakaian ban. Lakukan rotasi ban setiap 7.500-10.000 Km.
  4. Perhatikan juga keseeimbangan ban. Ban perlu diseimbangkan untuk mencegah guncangan dan getaran pada saat mengemudi, serta keausan yang tidak merata. Balancing dilakukan setiap pergantian ban baru, rotasi ban atau jika ban bergetar pada saat mencapai kecepatan tertentu.
  5. Kendaraan anda harus di-spooring secara berkala untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Spooring  dilakukan setiap melakukan rotasi ban, atau jika terjadi gejala seperti kemudi mobil menarik ke arah kanan atau kiri pada saat berkendara dan ban aus sebelah atau tidak merata.
  6. Gunakan angin nitrogen untuk membuat umur ban lebih awet. Karena titik didih nitrogen sangat rendah sehingga ban tidak mudah panas. Sebagai perbandingan, apabila angin biasa dengan nitrogen melewati jalan di daerah yang panas, angin biasa mengalami kenaikan tekanan angin 5 psi, sedangkan angin nitrogen tetap normal.
  7. Hindari mengangkut beban yang melebih batas angkut kendaraan anda, beban yang melebihi kapasitas kendaraan akan memaksa tekanan angin pada ban serta memaksa gesekan putaran ban pada aspal, sehingga ban menjadi lebih cepat panas dan aus.
Sekian ulasan mengenai 6 Cara Merawat Ban Mobil Dengan Baik. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*