Ini Lho 3 Panduan Dalam Membuka Bengkel Mobil / Motor Yang Sukses

Inilah Paduan Membuka Bengkel Mobil Resmi

3 Panduan Dalam Membuka Bengkel Mobil/ Motor Yang Sukses-Halo sahabat otosemi kali ini saya ingin membahas mengenai panduan membuka Bengkel Mobil dan juga motor agar sukses, tak banyak bengkel yang ada di Indonesia ini yang sukses dengan cepat, kebanyakan bengkel sudah di dominasi oleh Bengkel resmi yang sudah ada seperti bengkel Resmi Milik Honda sendiri, kemudian bengkel Resmi dari Yamaha dan juga bengkel resmi motor mobil lainnya. Persaingan ini menjadi lebih ketat dengan adanya para pebisnis yang ingin membuka bengkel sendiri . Sehingga kadang membuat para pengguna sepeda motor lebih memilih bengkel resmi karena Fasilitas dan kualitasnya lebih terjamin.

Nah agar bisnis Bengkel anda lebih ramai dan juga banyak yang mempercayainya maka perlu beberapa Strategi khusus untuk membuatnya lebih maju dari biasanya. Tak banyak loh yang tahu cara ini, pastinya cara ini bisa sukses kalau anda juga mampu menjalaninya dengan sepenugh hati. Kita sering sekali melihat para pemuda dan juga para mahasiswa yang sudah lulus dari teknik Mesin membuka bengkel. Namun sayang bengkel mereka jarang ada yang mengunjungi dan malah sepi. Hal ini di karenakan beberapa Faktor pendukung, apa saja sih mas faktor yang menyebabkan Bengkel sepi pengunjung ? Ini dia jawabannya.

Bengkel sepi pengunjung bisa jadi karena Faktor dibawah ini ?

  • Lokasi Kurang mapan

Yang pertama yaitu masalah lokasi, bisa jadi lokasi yang anda gunakan untuk membangun bengkel anda kurang di kenal banyak orang dan juga jauh dari keramaiannya. Mungkin saja bukan karena tempat saja, melainkan fasilitas yang ada di bengkel anda kurang mundukung, Jika anda ingin membangun sebuah bengkel yang berkualitas dan juga membuat para pelanggan menjadi lebih nyaman mungkin anda bisa mencontoh beberapa perusahaan bengkel Resmi seperti Dealer Honda dan yamaha yang memang memberikan pelayanan dan juga kenyamanan yang memuaskan. Memang sangat membutuhkan modal yang besar, tapi kalau anda bayangkan peluangnya juga akan lebih bagus.

  • Peralatan kurang memadai

Kemudian yang membuat bengkel anda terlihat sepi pelanggan yang pasti selain tempat atau lokasinya yang kurang strategis juga karena beberapa hal seperti peralatan bengkel yang kurang memadai, Nah ini juga perlu pertimbangkan khusus bagaimana menyiapkan semua peralatan bengkel yang lengkap dan juga berkualitas, Bukan hanya itu saja melainkan suku cadang resmi mungkin bisa anda siapkan atau anda juga bisa menerima beberapa pesanan untuk suku cadang resmi dimana mereka tidak bisa mendapatkannya dengan mudah di daerah tersebut. Peralatan yang lengkap akan membuat para pelanggan menjadi lebih percaya dengan bengkel yang mereka pilih.

  • Sesuaikan Harga

Kemudian yang ketiga yaitu dengan masalah harga sendiri, beberapa bengkel kadang membuat harga yang kurang sesuai dengan harga pasaran dari bengkel lainnya. Misalnya saja untuk TAMBAL BAN bocor, biasanya harga umum yang di patok oleh setiap bengkel sekitar Rp 10.000,- saja. Tapi anda menaikan harga menjadi Rp 12.000,- ini kan juga akan mengurangi pelanggan anda. Mereka akan mencari yang lebih murah lagi. Jadi pastikan harga dan juga kualitas di sesuaikan dengan harga pasaran yang ada, karena patokan mereka juga tidak selalu menggunakan bengkel anda.

Nah itulah beberapa faktor yang bisa saya sebutkan, sebenarnya masih banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan bengkel anda kurang di kunjungi para pelanggan. Biasanya juga karena pelayanan kurang memuaskan, dan juga kualitas service yang kurang Ok. Menyebabkan pelanggan lainnya kapok untuk memperbaiki motornya di bengkel anda kembali.

Untuk itu anda harus tahu bagaimana tips membuka bengkel yang ramai pengunjung dengan menerapkan 3 strategi Jitu dari saya, ingin tahu seperti apa strategi Jitu dari saya ? simak langsung ulasannya dibawah ini yah.

Panduan membuka bengkel Motor dan Mobil yang sukses :

Pilih lokasi sesuaikan dengan market dan Kompetitor anda

Seperti yang sudah saya katakan lagi bahwa membangun bengkel di tempat yang startegis akan membuahkan hasil yang lebih maksimal dari pada tidak sama sekali, mengembangkan pemasaran yang lebih efiesen dan juga persaingan antara kompetitor lain kadang menjadikan masalah tersendiri untuk para pebisnis bengkel yang sama. Untuk itu anda perlu memperhatikan hal ini.

Ada Market

Untuk menjalankan bisnis ini membangun bengkel motor ada 3 jenis pilihan yang harus anda pilih dan harus konsisten untuk mengurusnya. Yaitu bengkel Resmi, bengkel Umum, dan juga bengkel Tune Up. Kadang banyak orang lebih memilih bengkel Umum karena persaingannya cukup banyak dan juga menarget semua kendaraan yang ada, berbeda dengan bengkel Resmi yang harus menarget kendaraan sesuai dengan kemampuan dan skill dari para karyawan bengkel saja.

Teknisi Dan Manajemen Bangkel anda

Kemudian yang kedua masalah kedua dan perlu anda terapkan di bengkel anda yaitu masalah tekniksi, kalau anda merupakan pemiliki bengkel dan juga merangkap menjadi seorang teknisinya secara langsung sepertinya tidak akan cepat selesai dan kualahan. Alangkah lebih baiknya anda merekrut 2 teknisi terbaik untuk permulaan. Memilih teknisi terbaik harus dengan uji coba dari kualitas mereka bekerja dan juga memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan bengkel.

Bukan hanya skill saja yang harus di utamakan namun manajemen bengkel juga harus ada, seperti halnya garansi ulang kembali jika 1 minggu motor mengalami masalah yang sama. Ini bisa menjadi kepercayaan para pelanggan anda untuk kedepannya.

Perlengkapan peralatan dan perlengkapan kerja anda

Kemudian yang berikutnya mengenai masalah alat dan juga perlengkapan kerja yang anda butuhkan, banyak sekali perlengkapan kerja yang harus ada. Karena sebuah bengkel yang lengkap dan berkualitas tentunya harus ada seperti alat-alat yang lengkap dan juga perlengkapan yang lebih maksimal.

Jika dengan berjalananya waktu bengkel anda mulai berkembang dengan baik dan mulai di kenal banyak orang maka anda bisa mempertimbangkan untuk membeli peralatan yang lebih canggih dan modern untuk membantu anda dalam menservice motor yang masih menggunakan cara manual. Yaitu menggunakan tangan. Nah bagaimana apakah sudah mempunyai gambaran untuk membangun bengkel yang berkualitas ?

Pada dasarnya semuanya ada didalam tangan anda, anda ingin membuat bengkel resmi, Bengkel Umum, bengkel Tune Up semuanya akan berjalan dengan baik kalau anda mempersiapkan dengan baik sesuai dengan 3 tips yang sudah saya paparkan diatas kepada anda. Membuka bengkel yang baik tentunya juga perlu pengetahuan dan pengalaman yang baik juga, jangan asal membuka bengkel saja. Tentukan tujuan dan manajemen yang bagus agar pelanggan anda tidak kecewa nantinya.

Ok sahabat otosemi sampai disini dulu artikel kita kali ini, semoga artikel ini bisa memberikan gambaran kepada anda ketika anda ingin membuka bengkel resmi, umum dan Bengkel yang lebih spesifik. Terimakasih atas kunjungannya semoga bermanfaat yah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*